Cara Menghitung Pangkat Dengan Memakai Excel

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/02/2018 08:00:00 pm
Cara menghitung pangkat dengan memakai excel merupakan salah satu fungsi yang dimiliki microsoft excel. Dengan memakai agenda microsoft ini kita sanggup melaksanakan penghitungan atau memilih nilai sebuah perpangkatan atau bilangan pangkat dengan sangat mudah. Bahkan excel menyediakan beberapa cara untuk melakukannya.

Sedikitnya ada tiga cara yang sanggup dipakai untuk memilih nilai perpangkatan dengan memakai microsoft excel. Cara tersebut yaitu dengan memakai operator "^", dengan memakai fungsi POWER, dan dengan mennggunakan rumus Natural Logarithm (Logaritma Alami). Mana cara yang paling mudah? Tergantung kebiasaan pengguna. Namun dalam kesempatan ini Blog Belajar Word dan Excel akan mencoba menguraikan ketiga-tiganya dalam tips excel kali ini.


Menentukan Perpangkatan dengan Menggunakan Operator "^"

Cara yang pertama, dengan memakai operator "^" mungkin dianggap sebagai cara yang paling dasar. Caranya cukup dengan menuliskan eksklusif tanda sama dengan diikuti angka, tanda "^", dan nilai pangkat. Sebagai teladan yaitu :
  • Tulis : =4^2 untuk memilih hasil dari 4 pangkat dua
  • Tulis : =5^3 untuk memilih hasil dari 5 pangkat 3
  • Tulis : =12^5 untuk memilih hasil dari 12 pangkat 5
Lebih jelasnya perhatikan tutorial dalam video berikut ini :


Menentukan Perpangkatan dengan Fungsi Power

Cara kedua dalam menghitung nilai pangkat yaitu dengan memakai fungsi POWER. Fungsi power ini dituliskan sebagai berikut : =POWER (bilangan pokok, bilangan pangkat). Contoh penggunaannya dalam microsoft excel yaitu sebagai berikut :
  • Tulis : =POWER(4,2) untuk menentukan hasil dari 4 pangkat 2
  • Tulis : =POWER(5,3) untuk memilih hasil dari 5 pangkat 3
  • Tulis : =POWER(12,5) untuk menentukan hasil dari 12 pangkat 5
Pada komputer dengan pengaturan regional setting bahasa memakai bahasa Indonesia, tanda koma (,) tidak berlaku dan harus diganti dengan tanda titik koma (;).

Menentukan Perpangkatan dengan Natural Logarithm

Cara ketiga dalam memilih nilai perpangkatan yaitu dengan memakai Natural Logarithm atau Logaritma Alami. Bagi sebagian orang, terutama pengguna pemula excel, cara ini dianggap agak ribet. Caranya yaitu dengan melakukan perpaduan antara  rumus EXP dengan rumus LN (Natural Logarithm) pada angka yang dipangkatkan. Format penulisannya yaitu : =EXP(angka pangkat * LN(angka pokok). Sedangkan teladan penggunaannya dalam microsoft excel yaitu sebagai berikut :

  • Tulis : =EXP(4*LN(2)) untuk menentukan hasil dari 4 pangkat 2
  • Tulis : =EXP(5*LN(3)) untuk memilih hasil dari 5 pangkat 3
  • Tulis : =EXP(12*LN(5)) untuk menentukan hasil dari 12 pangkat 5
nah kini tergantung masing-masing pengguna, mau memakai cara yang mana dalam menghitung nilai perpangkatan.

Tampilkan Komentar