Cara Menghilangkan Sisa Kolom Dan Baris Yang Tak Terpakai Di Excel

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/02/2018 08:20:00 am
Cara menghilangkan sisa kolom dan baris yang tidak terpakai di excel ini merupakan salah satu tips microsoft excel untuk menghilangkan atau menghapus kumpulan baris dan kolom di sisi kanan dan bawah lembar kerja yang kita buat. Saat final dengan lembar kerja excel, pastinya kita menyisakan sekumpulan kolom dan baris. Wajar mengingat microsoft excel sendiri menyediakan sampai 1.048.576 baris dan 16.384 (excel 2007) dan bahkan 1.048.576 baris dan 1.048.576 kolom pada excel 2010.

Agar lembar kerja menjadi lebih rapi, simple, dan menarik, kolom-kolom dan baris-baris yang tidak terpakai di sisi kanan dan bawah dapat dihapus sehingga menyisakan tempat berwarna biru. hal ini berbeda dengan tips excel yang pernah dibahas di Blog Belajar Word dan Excel ini sebelumnya perihal cara menghapus baris kosong excel.

Pada tips sebelumnya, yang dihapus ialah cell-cell kosong yang berada di banyak sekali tempat di lembar kerja yang umumnya diakibatkan oleh proses copy paste. Tetapi dalam tips kali ini kita akan menghapus sisa kolom dan baris di bab kanan dan bawah. Sehingga tampilan lembar kerja microsoft excel akan menjadi menyerupai berikut ini.


Bagaimana cara untuk menghilangkan atau menghapus kolom dan baris di sebelah kanan dan kiri yang tidak terpakai tersebut? Caranya ternyata amat praktis dan gampang. Blog Belajar Word dan Excel telah menyiapkan sebuah video tutorial untuk menjalankan tips excel kali ini. Simak videonya berikut ini.


Untuk mempermudah, sedikit klarifikasi langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

  1. Select / pilih kolom awal dari kolom tidak terpakai yang akan kita hilangkan.
  2. Tekan kombinasi tombol "Ctrl" + "Shift" + "panah ke kanan" pada keyboard, sehingga semua kolom yang tidak terpakai akan terblok
  3. Klik kanan pada tempat yang terseleksi tadi lalu pilih dan klik "Hide"


Nah perhatikan, kolom yang tidak terpakai akan dihapus semuanya. Sekarang kita lakukan hal yang sama pada garis-garis yang tidak terpakai di bab bawah.

  1. Select / pilih baris awal dari kolom tidak terpakai yang akan kita hilangkan.
  2. Tekan kombinasi tombol "Ctrl" + "Shift" + "panah ke bawah" pada keyboard, sehingga semua baris yang tidak terpakai akan terblok
  3. Klik kanan pada tempat yang terseleksi tadi lalu pilih dan klik "Hide"


Selesai. Lembar kerja excel akan hanya menyisakan cel yang kita pakai saja. Sedangkan cel pada kolom dan baris yang tidak terpakai akan hilang dan berubah berwarna biru.

Sedangkan untuk menampilkan kembali caranya pun cukup gampang. Caranya adalah:

  1. Klik "Ctrl" + "A" 
  2. Kemudian klik kanan dan pilih "Unhide"


Itulah cara sederhana, singkat, praktis untuk menghilangkan atau menghapus kolom dan baris yang tidak terpakai. Semoga bermanfaat.

Tampilkan Komentar