Cara Mengatur Posisi Catatan Kaki Yang Tepat di Ms Word

Catatan Kaki atau footnote memiliki arti penting pada sebuah karya tulis ilmiah, juga pada sebuah artikel yang harus menyertakannya sebagai bukti otentitas dan rujukan ke sumber lain. Jika anda merupakan salah seorang mahasiswa akhir, pastinya sangat memahami pentingnya footnote pada sebuah skripsi.

 memiliki arti penting pada sebuah karya tulis ilmiah Cara Mengatur Posisi Catatan Kaki Yang Tepat di Ms Word
Format catatan kaki biasanya tertera secara urut, mulai nama penulis, buku, penerbit, dan tahun. Nama pengarang tidak harus ditulis secara terbalik, seperti pada daftar pustaka. daqungnya, banyak mahasiswa yang bingung untuk mengubah letak catatan kaki, dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

Sebelumnya perlu anda tahu tentang catatan kaki. Garis footnote berfungsi sebagai batas antara teks dengan catatan kaki. Garis ini secara default akan mengikuti aturan bahasa yang digunakan pada ms word. Jika anda membuat tulisan dalam bahasa Indonesia atau Inggris, seharusnya posisi footnote terletak di sebelah kiri

daqungnya, pada sebagian kasus footnote tidak berada pada posisi yang sejajar dengan tulisan di atasnya. Ketika anda menulis dalam bahasa Inggris, maka footnote harusnya berada di sisi kiri.

Tapi terkadang catatan kaki ini muncul secara otomatis di sisi kanan. Efeknya, tentu saja makalah atau karya tulis menjadi tidak rapi. Masalah ini sebenarnya disebabkan oleh aktivitas kita yang tidak sengaja meng-klik fitur-fitur pada Microsoft word itu sendiri.


Cara Mengatur Posisi Catatan Kaki Yang Tepat di Ms Word


Untuk mengubah posisi garis footnote tidak dapat dilanekan dengan menggesernya saja. Jadi, bagaimana cara mengatur catatan kaki supaya terlihat rapi dan bagus? Nah, kali ini kita akan belajar membuat catatan kaki yang bagus dengan warna footnote sesuai selera kita.

Untuk karya tulis yang sifatnya ilmiah, sebenarnya ada cara lain untuk menyisipkan sumber kutipan atau referensi. Selain footnote, ada juga endnote dan innote yang fungsinya tidak jauh berbeda dari catatan kaki.

Untuk mengatur posisi garis footnote pada Microsoft Word supaya rapi, ikuti langkah-langkah berikut ini:


Cara membuat catatan kaki rata kiri



  1. Taruh kursor setelah kata yang akan dibubuhi dengan footnote.
  2. Selanjutnya klik ribbon references, pilih insert footnote.
  3. Secara otomatis, kursor akan loncat ke baris paling bawah. Akan muncul juga angka kecil yang tertulis di sebelah kata tersebut.
  4. Pada lembar kerja anda akan muncul garis footnote yang rata kiri. Catatan kaki ini dapat diisi dengan keterangan yang diperlukan.
  5. Ketika pointer menunjuk pada angka kecil ini, maka keterangan tentang kata bertanda tersebut akan muncul.

 memiliki arti penting pada sebuah karya tulis ilmiah Cara Mengatur Posisi Catatan Kaki Yang Tepat di Ms Word

Cara membuat catatan kaki rata tengah



  1. Pilih menu view, kemudian blok pada angka kecil yang terletak di akhir kata.
  2. Selanjutnya klik draft, kembali ke tab References dan insert footnote.
  3. Silahkan anda memilih footnote separator untuk mengatur garis. Cara lainnya dengan menekan Ctrl+Alt+F.
  4. Untuk mengubah posisi footnote supaya rata tengah, silahkan klik tab home kemudian klik rata tengah (center).
  5. Anda juga dapat memilih rata kanan, ataupun mengubah warna catatan kaki ini.

 memiliki arti penting pada sebuah karya tulis ilmiah Cara Mengatur Posisi Catatan Kaki Yang Tepat di Ms Word



Setelah pengaturan catatan kaki telah selesai, saatnya bagi anda untuk pergi ke menu print layout. Silahkan menuju menu view, kemudian pilih print layout. Anda dapat menghapus catatan kaki yang tidak dibutuhkan.

Nah, itulah cara mengatur posisi catatan kaki yang benar di Microsoft word. Jika anda menyimak dengan seksama tutorial di atas, seharusnya anda sudah mampu dalam meletakkan posisi footnote yang tepat. Anda juga dengan mudah dapat mengatur warna garis footnote di lembar kerja Microsoft word. Pelajari juga: Cara Membuat Cover Makalah Yang Bagus