Cara Mengatasi Dan Menghilangkan Instruksi Error #Div/0! Di Excel

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/02/2018 05:00:00 pm
Cara Mengatasi dan Menghilangkan Kode Error #DIV/0! di Excel. Bagi pengguna microsoft excel, terutama yang kerap melaksanakan hitungan pembagian atau perbandingan dalam lembar kerja excel niscaya tidak gila dengan arahan error #DIV/0!. Kode ini muncul ketika suatu angka dalam satu cell dibagi dengan nol atau cell kosong. Hal ini terjadi alasannya yakni secara matematis, hasil dari setiap angka yang dibagi dengan 0 (nol) yakni tidak terdefinisi.

Kemunculan arahan error #DIV/0! sanggup membantu pengguna excel untuk mengetahui bahwa dalam operasi pembagian yang dilakukan terdapat angka nol atau kosong. Namun bagi sebagian lain menganggapnya sebagai sebuah gangguan. Sehingga bagi pengguna excel ini, kemunculan arahan error #DIV/0! dalam lembar kerja excelnya tidak diharapkan. Bahkan ingin dihilangkan saja.

Tapi bisakah arahan error tersebut dihilangkan? Bisa! Kode error #DIV/0! sanggup diatasi dan sanggup dihilangkan. Dengan memakai sedikit fungsi excel, arahan tersebut sanggup dihilangkan sehingga cell yang tadinya muncul goresan pena #DIV/0! akan menjadi cell kosong. Atau kalau tidak ingin kosong, sanggup diganti dengan nilai atau text tertentu. Tips wacana bagaimana cara mengatasi dan menghilangkan arahan error #DIV/0! inilah yang akan dibahas Blog Belajar Word dan Excel kali ini.



Gabungkan Fungsi Logika (Fungsi IF) dan Fungsi Informasi (Fungsi Iserror)

Untuk mengatasi atau bahkan menghilangkan arahan error #DIV/0! ini sanggup kita manfaatkan adonan dari Fungsi Logika (yaitu Fungsi IF) dan Fungsi Informasi (yaitu Fungsi Iserror). Dengan kedua fungsi tersebut, ketika suatu perbandingan yang salah satunya mempunyai nilai 0 atau kosong maka hasil perbandingan tersebut akan menjadi kosong atau memunculkan nilai sesuai yang telah disetting.

Simak video ini terlebih dahulu :

)

Seumpama kita melaksanakan perbandingan antara cell B4 dan C4 di mana pada cell C4 nilainya nol (0). Hasil perbandingan tersebut dimunculkan di cell D5 dengan memakai rumus pembagian =B4/C4. Secara otomatis microsoft excel akan memunculkan arahan #DIV/0! di cell D4. Agar dalam cell D4 tidak muncul arahan error tersebut, maka kita harus memodofikasi rumus pembagian dalam cell D4 tersebut dengan menggabungkan Fungsi Logika (Fungsi IF) dan Fungsi Informasi (Fungsi Iserror).

Rumus yang tadinya hanya =B4/C4 diubah menjadi 

=IF(ISERROR(B4/C4);"0";B4/C4)

yang artinya jika perbandingan di Cell B4 dengan Cell C4 terdapat kesalahan dalam hal ini muncul #DIV/0! maka angka yang muncul nantinya yakni 0 (nol), kalau tidak terjadi kesalahan tetap memakai hasil perbandingan antara Cell B4 dengan Cell C4.

Keterangan :
  • Kode "0" akan memunculkan angka 0 (nol) kalau ingin muncul nilai atau text lainnya sanggup diganti dengan lainnya, semisal "-" (strip) "ERROR"; "KOSONG", dan lain-lain.
  • Jika ingin cell hasil menjadi kosong (tidak ada isinya) cukup ganti "0" dengan " " (spasi)

Tampilkan Komentar