Cara Menciptakan Mail Merge Untuk Surat, Label, Sertifikat

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/02/2018 03:00:00 pm
Cara menciptakan mail merge di microsoft office akan sangat berkhasiat ketika menciptakan surat, label undangan, ataupun akta atau piagam. Dengan fitur mail merge yang dipunyainya, kita sanggup menciptakan sebuah dokumen yang isinya sama tetapi ditujukan untuk akseptor yang berbeda. Dengan memakai salah satu kemudahan yang dimiliki microsoft office, seumpama kita harus mengirimkan sebuah surat dengan isi yang sama tetapi tertuju kepada ratusan orang yang berbeda (dengan alamat yang berbeda pula) dengan sangat gampang dan cepat.

Pun ketika ingin menciptakan dokumen semisal sertifikat, piagam, dan sejenisnya. Denga mail merge piagam atau akta untuk ratusan orang sekalipun sanggup dibentuk dengan cepat. Fitur ini juga kerap dimanfaatkan dalam pembuatan lebel atau alamat surat undangan. Karena dengan menggunakannya, kita tidak perlu menuliskan nama dan alamat dalam label atau amplop tersebut secara manual satu persatu. Sehingga akan sangat menghemat waktu.

Bagaimana cara memanfaatkan mail merge. Untuk membuat mail merge diharapkan dua dokumen yaitu Data Source dan dokumen master. Data Source ialah dokumen yang isinya khusus untuk masing-masing penerima, contohnya nama dan alamat penerima. Data source sanggup berupa data di Excel, Access, Contact pada Outlook dan sebagainya. Sedangkan dokumen master merupakan dokumen yang isinya sama ibarat suara surat, sertifikat, dan lain-lain.

Langkah-langkah dalam menciptakan mail merge terdiri atas tiga langkah yaitu menciptakan data source, menciptakan dokumen master, dan menggabungkan antara data source dengan dokumen master.

Tahap I Membuat Data Source

Buatlah data source dengan memakai excel. Isikan pada file tersebut data-data yang diharapkan semisal nama, alamat, tanggal, dan lain-lain. Simpan file tersebut dengan nama khusus semisal "database nama" dalam sebuah folder yang khusus pula semisal "0011".

Jika sebelumnya telah mempunyai dokumen yang mirip, sanggup dilakukan copy paste. Ini untuk mempercepat pekerjaan dari pada harus menulisnya satu persatu secara manual.

Cara menciptakan mail merge di microsoft office Cara Membuat Mail Merge untuk Surat, Label, Sertifikat
Data source dalam format excel
Setelah data source simpulan dibuat, tutup dokumen.

Tahap II Membuat Dokumen Master

Buat dokumen master dengan memakai microsoft word. Bagian-bagian yang berisikan nama, alamat (atau data lain yang nantinya memanfaatkan data source) sanggup dikosongi atau diisi dengan titik-titik.


Dari teladan di atas, bab yang akan "di-mail merge-kan" ditandai dengan titik-titik. yaitu titik-titik setelah Yth. Bapak yang akan diisi dengan nama, dalam kurung yang akan diisi dengan jabatan dan titik-titik di bawah "Di" yang akan diisi dengan alamat.

Setelah selesai, simpan dokumen microsoft word tersebut dalam folder yang sama dengan dokumen data source (dalam teladan ini : folder 0011). Sehingga di folder ini akan terdapat dua file yang satu berformat excel (data source) dan satunya lagi microsoft word (dokumen master).

Tahap III Menggabungkan Data Sorce dengan Dokumen Master

Langkah ketiga dalam mail merge ini ialah menggabungkan antara data source dan dokumen master. Pada dokumen master (file microsoft word) yang telah kita buat dan simpan tadi lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pada tab "Mailing", pilih "Start Mail Merge" kemudian klik "Step by Step Mail Merge Wizard..."
  2. Muncul "Task Panel Option Mail Merge" di bab kanan dokumen.
  3. Pada "Task Panel Option Mail Merge" tersebut lakukan langkah-langkah berikut:
    1. Klik "Letter" (di bab atas) kemudian klik "Next : Starting document" (di bab bawah)
    2. Klik "Use the current document" (di bab atas) kemudian klik "Next : Select recipients"
    3. Klik "Browse"
    4. Terbukalah jendela "Select data source". Cari dokumen data source yang telah dibentuk tadi (dalam folder 0011). Lalu klik dan "Open"
    5. Terbuka jendela "select table". Pilih sheet yang berisikan data source yang telah dibentuk tadi kemudian klik "OK"
    6. Muncul jendela "Mail merge recipients". Pastikan nama-nama yang hendak dipakai telah tercentang.
    7. Kembali ke "Task Panel Option Mail Merge", klik "Next write your letter"
    8. Letakkan kursor pada bab di mana "data mail merger" hendak dimunculkan. Sebagai teladan di belakang 'Yth. Bapak' (karena tadi kita tandai dengan titik-titik, blok titik-titik tersebut atau hapus terlebih dulu. Kemudian klik "More items..." di "Task Panel Option Mail Merge".
    9. Muncul jendela "Insert Merge Field", pilih kolom yang bersisikan data yang hendak ditampilkan (dalam ini kolom berisikan nama), kemudian klik "Insert" dan "Close"
    10. Ulangi langkah 3.8 sampai 3.9 ini sampai semua bab yang diinginkan terisi.



    11. Jika telah terisi semua, klik "Next : Preview your letter"
    12. Data telah muncul. Gunakan tombol "<<" dan ">>" untuk melihat preview sebelum dan sesudahnya.

    13. Klik "Next : Complete the merge". Proses menggabungkan antara data source dan dokumen master telah selesai.
  4. Untuk mencetak dokumen, klik "Finish & Merge" (pada tab Mailing) kemudian pilih "Print documents..."
Untuk lebih memudahkan dalam memahami tips microsoft word dalam menciptakan mail merge ini, simak video tutorial yang sebelumnya telah kami persiapkan sebagai berikut;


Semoga tutorial dan tips microsoft word ini bermanfaat buat kita semua.

Tampilkan Komentar