Cara Menciptakan Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer yaitu korelasi antara 2 komputer atau lebih yang saling bertukar informasi dan data. Dengan adanya jaringan komputer akan memudahkan perpindahan data dan informasi dari satu komputer ke komputer lain sehingga eksekutif dan user tidak perlu lagi berpindah dari satu komputer ke komputer lain untuk memindahkan data atau mengcopy data.

Dalam arti yang lebih luas jaringan komputer yaitu kumpulan dari sejumlah terminal komunikasi baik itu host, server, client, switch, hub, modem, repeater, access point dan lain-lain yang saling terhubung satu sama lain sehingga antar host sanggup saling bertukar informasi dan data. Pada istilah ini jaringan sudah sangat luas alasannya yaitu sanggup meliputi banyak komputer/host di banyak sekali negara.

Baca Juga: komputer">Tutorial Jaringan Komputer | Pengertian dan Fungsi Jaringan Komputer Beserta Macamnya

Fungsi dan Manfaat Jaringan Komputer

Fungsi utama dari jaringan komputer yaitu memudahkan pertukaran data dan informasi sehingga informasi sanggup dengan cepat dikirim dan diterima oleh banyak orang diseluruh dunia. Berikut yaitu manfaat dibangunya jaringan komputer:

  1. Jaringan komputer akan memudahkan pertukaran file dan informasi diseluruh dunia, mengirim pesan, informasi dan informasi
  2. Jaringan komputer sanggup melaksanakan pengiriman pesan dan informasi dengan sangat cepat dan efisien
  3. Jaringan komputer memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang diseluruh dunia meskipun letaknya sangat jauh
  4. Jaringan komputer memudahkan kita untuk mencari informasi dari insiden diseluruh dunia melalui internet
  5. Jaringan komputer akan memudahkan kita untuk sanggup memakai perangkat secara bersama-sama, baik itu perangkat utama (hardisk, dll) dan perangkat peripheral (printer dan scan)

Cara Membangun Jaringan Komputer

Untuk menciptakan jaringan komputer, terlebih dahulu kita harus mengidentifikasi kebutuhan yang akan kita gunakan, apakah kita hanya menciptakan jaringan lokal atau terkoneksi dengan internet alasannya yaitu tentunya akan membutuhkan alat dan materi yang berbeda. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas menciptakan jaringan komputer paling sederhana dimana minimal ada 2 komputer atau lebih yang sanggup terhubung ke jaringan komputer. berikut yaitu langkah-langkah untuk menciptakan jaringan komputer:

Baca Juga: komputer">Tutorial Jaringan Komputer | Pengertian dan Fungsi Router Pada Jaringan Komputer

1. Menentukan Topologi Jaringan Komputer
Topologi jaringan sanggup diartikan juga sebagai rancangan dari desain jaringan. Dengan memilih topologi jaringan terlebih dahulu akan memudahkan kita untuk menganalisis kebutuhan alat dan materi yang akan diharapkan untuk membangun jaringan komputer. Pada topologi ini yang akan kita bangkit yaitu 3 komputer yang saling terhubung dengan switch. sehingga secara teori topologi jaringan yang kita gunakan yaitu topologi star.

komputer.png" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;">komputer
.png" />
Baca Juga: komputer">Tutorial Jaringan Komputer | Pengertian dan Fungsi Topologi Jaringan Komputer Beserta Macam-macamnya

2. Menentukan alat dan materi menciptakan jaringan Komputer
Berikut yaitu alat dan materi yang diharapkan untuk menciptakan jaringan komputer sesuai dengan topologi jaringan yang ada diatas.

  • Komputer merupakan host yang dipakai sebagai alat komunikasi dan pengolah data dimana pengguna akan sanggup bertukan informasi melalui komputer tersebut
  • Switch yaitu pembagi jaringan yang akan terhubung ke komputer host sehingga switch ini memiliki tugas sangat penting dalam jaringan komputer.
  • Baca Juga: komputer">Tutorial Jaringan Komputer | Pengertian dan Fungsi Switch Pada Jaringan Komputer



  • Kabel jaringan berfungsi untuk menghubungkan antara switch dengan komputer host. Kabel yang dipakai pada jaringan ini yaitu kabel UTP dengan model straight
  • Konektor RJ 45 dipakai untuk menghubungkan kabel dengan port RJ 45 yang ada pada komputer
  • Tang Krimping berfungsi untuk krimping kabel dengan konektor RJ 45
  • LAN Tester berfungsi untuk melaksanakan pengecekan terhadap koneksi kabel

  • Baca Juga: komputer">Tutorial Jaringan Komputer | Pengertian dan Fungsi HUB Pada Jaringan komputer

    3. Prosedur Kerja

    1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu memilih letak dari switch dan komputer alasannya yaitu nanti akan besar lengan berkuasa pada panjang pendeknya kabel yang akan digunakan.
    2. Selanjutnya yaitu potong kabel sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Karena nanti semua komputer akan terhubung ke switch maka pastikan letak switch sanggup dijangkau oleh semua komputer.
    3. Langkah ketiga yaitu kriping kabel dan konektor meggunakan tang krimping. Pastikan urutan kabel sudah benar yaitu straight yang artinya antara ujung kabel 1 dan ujung kabel satunya memiliki urutan yang sama.
    4. Cek koneksi kabel dengan LAN Tester
    5. Selanjutnya hubungkan kabel ke komputer dan switch sehingga komputer sanggup saling terhubung
    6. Beri Ip Address pada komputer dengan network yang sama. Misalnya: komputer 1: IP - 192.168.1.2 netmask - 255.255.255.0, Komputer 2: IP - 192.168.1.3 netmask - 255.255.255.0
    7. Kemudian cek koneksi jaringan dengan melaksanakan ping ke alamat host yang dituju.

    Catatan: Pada cara ini hanya membahas menciptakan jaringan komputer tanpa terhubung ke internet sehingga hanya sanggup diterapkan pada jaringan lokal. Jika ingin menghubungkan dengan internet tinggal menambahkan modem yang terhubung ke switch dan setting ulang ip address sesuai dengan jaringan yang diberikan oleh ISP