Cara Menciptakan Goresan Pena Tebal, Miring, Atau Bergaris Bawah

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/02/2018 12:40:00 pm
Cara menciptakan goresan pena tebal, miring, atau bergaris bawah merupakan salah satu fungsi dasar dalam editing di microsoft word. Huruf tebal (bold), miring (italic), atau bergaris bawah (underline) kerap kali diperlukan untuk menegaskan maksud tertentu dalam sebuah tulisan. Dan kali ini blog Belajar Word dan Excel akan membeberkan caranya.

Untuk menciptakan aksara menjadi tebal (bold), miring (italic), atau bergaris bawah (underline) dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:
  1. Menggunakan tombol navigasi Font ribbon pada toolbar dalam sajian Home
  2. Menggunakan kombinasi tombol keyboard

Membuat Tulisan Tebal, Miring, atau Bergaris Bawah dengan Font Ribbon

Untuk membuat goresan pena tebal, miring, atau bergaris bawah dengan memanfaatkan tombol navigasi Font ribbon pada toolbar dalam menu Home, caranya cukup mudah. Blok huruf, kata, atau kalimat yang akan ditebalkan (bold), miring (italic) atau diberikan garis bawah (underline) lalu klik tombol navigasi. Logo aksara "B" untuk bold, logo aksara "I" untuk italic, dan logo aksara "U" untuk memberi garis bawah (underline).


Untuk memperlihatkan garis bawah, dapat menentukan tanda panah (segitiga) di samping aksara "U". Pilihan itu memiliki beberapa jenis garis mulai dari garis tunggal, garis ganda, garis tebal, garis putus-putus, dan lainnya. Juga dapat menentukan warna dari garis tersebut.

Membuat Tulisan Tebal, Miring, atau Bergaris Bawah dengan Kombinasi Keyboard

Selain memakai tombol navigasi pada Font ribbon, dapat juga menciptakan ulisan tebal, miring, atau bergaris bawah dengan memanfaatkan kombinasi tombol pada keyboard. Kombinasi tombol tersebuta adalah:

  • Ctrl + B untuk menciptakan  bold (tebal).
  • Ctrl + I untuk membuat  italic (miring).
  • Ctrl + U untuk membuat underline (garis bawah).
Itulah beberapa tips microsoft word untuk menciptakan goresan pena menjadi tebal, miring, atau bergaris bawah. Semoga bermanfaat.

Tampilkan Komentar