Cara Menciptakan Footnote Dan Endnote Pada Microsoft Word

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/02/2018 06:20:00 am
Cara menciptakan footnote dan endnote di microsoft word sering menjadi sangat krusial. Apalagi bagi yang bekecimpung di dunia pendidikan dan tulis menulis. Dalam penulisan paper, makalah, maupun karya tulis lainnya, sering kali goresan pena tersebut diharuskan mencantumkan catatan kaki (footnote) dan catatan belakang (endnote).

Footnote dan endnote berfungsi untuk memberi kredit kepada sumber bahan yang dikutip. Footnote dan endnote juga dipakai untuk memberikan keterangan komplemen yang diharapkan atau untuk merujuk kepingan lain dari karya ilmiah. Tata cara pembuatan footnote maupun endnote sama, hanya peletakkannya saja yang berbeda. Footnote diletakkan di kepingan bawah setiap halaman, sedang endnote pada final goresan pena atau bab.



Untuk menciptakan atau memunculkan footnote ataupun endnote dalam dokumen microsoft word sangat mudah. Blog Belajar Word dan Excel kali ini akan membagi caranya. Tips word ini beserta langkah-langkahnya dapat disimak dalam video tutorial berikut ini.


Atau ikuti langkah-langkah tips microsoft word dalam menciptakan footnote dan endnote berikut:
  1. Letakkan kursor pada final kata atau kalimat yang akan disisipi footnote atau endnote.
  2. Pilih dan klik tab sajian "References"
  3. Klik tanda panah di pojok kanan bawah pada ribbon .
  4. Muncul obrolan box (jendela) Footnote and endnote.
    • Pada kepingan "Location", pilih dan klik:
      • Footnote, jikalau ingin menciptakan catatan kaki (pilih "Bottom of page")
      • Endnote, jikalau ingin menciptakan catatan belakang (pilih "End document")
    • Pada kepingan Format:
      • Number format: format penomoran yang diinginkan (tersedia angka, huruf, dll)
      • Custom mark: memakai simbol
      • Start at: angka awal dimulainya footnot dan endnote
      • Numbering: dengan pilihan "Continuous" (penomoran di halaman berikutnya melanjutkan dari halaman pertama); "Restart each section"; dan "Restart each page" (penomoran di setiap halaman dimulai dari awal)
    • Apply Changes to (biarkan saja)
  5. Jika sudah klik "Insert".
  6. Nomor footnote atau endnote muncul di final kata atau kalimat yang dipilih. Dan kursor muncul di daerah penulisan footnote atau endnote.
  7. Tuliskan footnote atau endnote yang diinginkan.
  8. Untuk menambahkan footnote atau endnote yang lainnya ulangi langkah di atas (langkah nomor 4 tidak perlu diulang lagi).
Oke, itulah bagaimana cara menuliskan dan menciptakan footnote dan endnote pada dokumen microsoft word dengan cara yang sangat gampang dan cepat. Semoga tips word ini bermanfaat.




Tampilkan Komentar