Cara Menciptakan Barcode Dengan Microsoft Excel

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/02/2018 06:20:00 pm
Memangnya ada cara menciptakan barcode dengan memakai microsoft excel?. Yup, ternyata kita sanggup menciptakan barcode dengan sangat simpel dengan memakai microsoft excel. Tips excel inilah yang akan kita praktekkan dalam kesempatan kali ini.

Barcode yaitu arahan kumpulan data optik yang disajikan dalam bentuk garis tipis dan tebal yang biasanya berisikan gosip mengenai sebuat barang atau produk. Untuk membaca barcode diharapkan alat pembaca khusus yang dinamai barcode scanner. Dengan alat inilah akan diketahui data-data terkait sebuah produk.

Bagaimana cara menciptakan barcode? Barcode sanggup dibentuk dengan banyak sekali software khusus. Mulai dari software gratis semacam Free Barcode generator dan Barillo Barcode Software, sampai yang berbayar seperti Barcode Label Maker dan BarTender Professional. Juga sanggup dengan memakai layanan barcode online.

Selain itu, menciptakan barcode sanggup juga dengan memakai microsoft office, baik excel, word, maupun power point. Yang akan kita pelajari kali ini yaitu tips menciptakan barcode dengan memakai microsoft excel.

cara menciptakan barcode dengan memakai microsoft excel Cara Membuat Barcode dengan Microsoft Excel
Membuat Barcode dengan Microsoft Excel



Cara Membuat Barcode dengan Menggunakan Excel

Untuk sanggup menciptakan barcode dengan memakai microsoft excel, terlebih dahulu harus terinstal font khusus barcode. Ada beberapa jenis font untuk barcode yang salah satunya yaitu font Code 128. Karena itu sebelum kita mulai memprkatekkan tips kali ini, terlebih dahulu download dan instal font tersebut.

Font code 128 sanggup didownload gratis di sini. Setelah didownload, instal font tersebut ke dalam direktori C:\Windows\Fonts. Caranya, bagi yang belum bisa, cukup gampang, yaitu :
  1. Copy font code 128 yang telah diunduh
  2. Buka direktori C:\Windows\Fonts (Computer >> Local Disk (C) >> Windows >> Fonts) lalu pastekan file tadi
Setelah font code 128 terinstal ke dalam direktori C:\Windows\Fonts, kini saatnya menciptakan barcode dengan memakai microsoft excel. Caranya sanggup disimak dalam video tutorial berikut:



Atau simak langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Buka Microsoft Excel
  2. Ketikkan angka atau data yang akan dijadikan barcode di salah satu cell (semisal cell B3)
  3. Tulis di cell lain (semisal C3) formula =B3 (di mana B3 yaitu cell kawasan data yang akan dirubah menjadi barcode)
  4. Ubah jenis aksara pada cell C3 menjadi font code 128
  5. Perbesar ukuran font pada cell C3
  6. Selesai, barcode telah jadi
Ternyata cara menciptakan barcode dengan memakai microsoft excel sangat simpel dan singkat. Tips ini sanggup eksklusif dicoba.

Tampilkan Komentar