Cara Memprotect Cell Tertentu Biar Tidak Dapat Diedit

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/02/2018 04:40:00 am
Cara memprotect cell-cell tertentu dalam excel semoga tidak sanggup diedit. Dengan kata lain, tutorial excel ini mencoba mengatur supaya hanya cell atau range tertentu saja yang sanggup dubah, diedit, atau ditulisi. Sedangkan cell-cell lainnya tidak sanggup diedit, dirubah, maupun dihapus. Ini akan berkhasiat pada form questioner atau biodata yang harus diisi oleh banyak orang.

Bagaimana cara menciptakan semoga cell-cell tertentu tidak sanggup diedit, sedangkan sebagian yang lain tetap sanggup diedit?. Jika memakai tutorial sebelumnya, Cara Membuat Proteksi Pada Excel, seluruh file tidak sanggup dibuka dan diedit. So, kita akan memakai cara dan tips yang lain.

Tips excel dalam menciptakan cell atau range tertentu tidak sanggup dirubah dan diedit ini sanggup diterapkan pada banyak sekali versi microsoft office excel, baik excel 2003, excel 2007, excel 2010, maupun excel 2013.

cell tertentu dalam excel semoga tidak sanggup diedit Cara Memprotect Cell Tertentu Agar Tidak Bisa Diedit
Proteksi cell tertentu

Tips Proteksi Cell Tertentu dalam Excel

Secara garis besar untuk menciptakan cell-cell tertentu tidak sanggup diedit (diprotect) sedangkan lainnya sanggup yaitu sebagai berikut:
  1. Buat form isian, questioner atau biodata sesuai yang dibutuhkan.
  2. Blok cell-cell atau range yang nantinya sanggup tetap diedit, klik kanan, kemudian pilih "Format Cells".
  3. Muncul jendela Format Cells. Pilih tab Protection kemudian uncheck (hilangkan contreng) pada pilihah "Locked". Kemudian klik "OK".
  4. Blok seluruh cell (pilih salah satu cell kemudian tekan kombinasi tombol "CTRL" + "A")
  5. Klik tab "Review" kemudian ikon "Protect Sheet"
  6. Muncul jendela Password Sheet. Isikan password yang dikehendaki, kemudian klik "OK".
  7. Keluar jendela konfirmasi, tulis password sekali lagi kemudian klik "OK"
  8. Selesai. 
Sekarang sheet excel Anda telah berisikan cell-cell yang tidak sanggup diedit dan cell-cell yang sanggup diedit. Untuk lebih jelasnya, simak video tutorial berikut ini.


Semoga tips dan tutorial sederhana perihal bagaimana caranya memproteksi cell sehingga ada yang sanggup diedit namun ada yang tidak sanggup diedit ini bermanfaat.

Tampilkan Komentar