Cara Membulatkan Bilangan Di Excel

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   12/03/2018 08:20:00 am
Untuk membualatkan suatu bilangan di ms excel ada beberapa fungsi yang sanggup dipakai antara lain fungsi round, fungsi roundup, dan fungsi rounddown.

Masing-masing fungsi ini sanggup dipakai untuk membulatkan bilangan baik dikiri atau sebelum koma maupun di kanan koma atau sehabis koma.

1. Fungsi ROUND 


Fungsi ini merupakan fungsi yang dipakai untuk membulatkan angka ke jumlah digit yang ditentukan.

Pembulatan pada fungsi ini menurut angka yang dibulatkan, jikalau angka yang akan dibulatkan angka 0 hingga 4 maka pembulatan akan dilakukan kebawah.

Sedangkan jikalau angka yang akan dibulatkan merupakan angka 5 hingga angka 9 maka pembulatan akan dilakukan keatas.

Sintaks Penggunaan Fungsi Round


ROUND(number, num_digits)
  • Number yaitu angka yang akan dibulatkan.
  • num_digits yaitu jumlah digit pada angka yang akan dibulatkan.

Berikut ini yaitu pola pembulatan dengan fungsi round, contohnya pola data ibarat pada gambar fungsi round dibawah ini.

Data yang akan dibulatkan yaitu data diskon pada kolom B, data ini merupakan hasil nilai penjualan pada kolom A dikalikan dengan jumlah diskon pada sel E1.

Untuk membualatkan suatu bilangan di ms excel ada beberapa fungsi yang sanggup dipakai ant Cara Membulatkan Bilangan di Excel
Fungsi Round

Contoh rumus formula untuk membulatkan bilangan ini pada sel C3 yaitu :

=ROUND(B3,2)

Berikut pembagian terstruktur mengenai pembulatan untuk masing-masing num_digit 2 pada kolom C, num_digit 0 pada kolom D, dan num_digit -2 pada kolom E : 
  1. Pembulatan atau fungsi round dengan num_digit 2 : pembulatan dengan cara ini akan membulatkan dua angka dibelakang koma (dua angka disebelah kanan koma / titik pada region English united states ). Karena data yang akan dibulatkan mempunyai format accounting dengan dua angka dibelakang koma maka pembulatan dengan 2 digit ini akan menghasilkan data yang sama.
  2. Pembulatan atau fungsi round dengan num_digit 0 : pembulatan dengan cara ini akan membulatkan angka menjadi koma nol nol dan nilai disebelah kana akan dibulatkan jikalau lebih kecil dari angka 5 akan dibulatkan kebawah dan jikalau angka 5 keatas maka akan dibulatkan ke atas.
  3. Pembulatan atau fungsi round dengan num_digit -2 : pembulatan dengan cara ini akan dilihat pada angka ke dua dari angka paling belakang sebelum koma dan menciptakan angka disebelah kanan dari angka yang ditetapkan menjadi 0. Sebagai pola hasil pada sel E3 dibulatkan dari 343.75 maka angka yang dijadikan patokan yaitu angka 4 sehingga jadinya menjadi 300 alasannya angka 4 akan dibulatkan ke bawah.

2. Fungsi ROUNDUP 


Fungsi ini merupakan fungsi yang dipakai untuk membulatkan angka keatas.

Sintaks Penggunaan Fungsi Roundup

ROUNDUP(number, num_digits)
  • Number yaitu nilai yang akan dibulatkan.
  • num_digits yaitu jumlah digit yang akan dibulatkan ke atas.

Untuk membualatkan suatu bilangan di ms excel ada beberapa fungsi yang sanggup dipakai ant Cara Membulatkan Bilangan di Excel
Fungsi Roundup

Contoh formula =ROUNDUP(B3,-2) untuk membulatkan keatas pada sel E3, dengan membulatkan keatas memakai fungsi roundup maka semua angka akan dibulatkan dan menaikkan nilai pada angka sebelah kiri num_digit.

3. Fungsi ROUNDDOWN 


Fungsi ini merupakan fungsi yang dipakai untuk membulatkan angka kebawah.

Sintaks Penggunaan Fungsi Rounddown

ROUNDDOWN(number, num_digits)

  • number dan num_digits mempunyai makna yang sama dengan fungsi round diatas

Untuk membualatkan suatu bilangan di ms excel ada beberapa fungsi yang sanggup dipakai ant Cara Membulatkan Bilangan di Excel
Fungsi Rounddown

Contoh formula =ROUNDDOWN(B3,-2) untuk membulatkan kebawah pada sel E3. Dengan klarifikasi yang sama dengan fungsi round dan fungsi roundup diatas hanya pada fungsi rounddown pembulatan yang dilakukan kebawah.

Tampilkan Komentar