Cara Buat Watermark Teks dan Gambar Dengan Ms Word

Watermark merupakan tanda air yang biasanya berisi tulisan atau gambar yang tertera pada sebuah file secara transparan. Tanda transparan ini dapat menunjukkan identitas maupun hak cipta dari dokumen atau file yang memiliki watermark tersebut. Fitur ini juga tersedia di Microsoft word. Nah, tutorial office kali ini akan membahas cara membuat tanda air atau watermark teks ataupun gambar.


Watermark merupakan tanda air yang biasanya berisi tulisan atau gambar yang tertera pada s Cara Buat Watermark Teks dan Gambar Dengan Ms Word
Ketika anda membaca dokumen penting, kadang ditemukan tulisan atau logo yang terlihat samar di dalamnya. Logo atau teks ini berguna sebagai klaim dari pembuatnya. Dokumen yang mengandung watermark memiliki identitas yang jelas, sehingga orang lain tidak diperkenankan untuk melanekan copy paste secara sembarangan tanpa ijin dari pembuatnya.

Bayangkan situasi ini. Setelah desain dibuat dengan kerja keras sehingga hasilnya sangat bagus dan menakjubkan, pembuatnya kemudian mengunggah (upload) ke facebook atau media online lainnya. Beberapa hari setelahnya, ada seseorang yang mengunduh desain tadi. Kemudian, orang tersebut mengupload ulang desain cantik tersebut, dengan tambahan watermark yang dibuatnya sendiri. Bagaimana perasaan designer melihat keadaan ini? Kecewa bukan?

Dari kejadian di atas dapat digambarkan betapa pentingnya pembubuhan watermark pada karya cipta yang otentik. Sebagian orang menambahkan watermark menggunakan software khusus, ataupun photoshop. Sebenarnya, tanda air juga disediakan oleh Microsoft word.


Cara Buat Watermark Teks dan Gambar Dengan Ms Word


Kali ini kita akan belajar membuat watermark teks dan gambar pada dokumen word. Nah, simak dengan seksama langkah-langkah berikut ini:

Cara buat watermark teks

Untuk menambahkan teks samar pada dokumen, lanekan langkah-langkah di bawah ini:

Pilih fitur watermark. Caranya, klik pada tab Page Layout, kemudian klik pada logo bertulis watermark di grup Page Background.



Ada 2 opsi yang dapat dipilih:

Pertama, anda dapat menggunakan teks yang disediakan di galeri. Teks untuk watermark seperti Do Not Copy, Asap, Confidential, atau Urgent. Pilh saja salah satu.
Pilihan kedua, buat teks sendiri. Silahkan klik pada opsi custom watermark, sehingga muncul dialog Printed Watermark.



  1. Setelah anda memilih opsi kedua, selanjutnya klik pada text watermark.
  2. Isi teks watermark sesuai keinginan anda.
  3. Silahkan atur jenis font yang digunakan, warna tulisan, dan ukurannya.
  4. Atur juga Layout watermark. Pilih diagonal, jika anda ingin watermark tertera secara miring. Atau horizontal, jika anda menyukai teks samar tertera secara mendatar.
  5. Terakhir, silahkan klik Ok.


Cara Buat Watermark Gambar


Untuk menyisipkan gambar samar pada dokumen, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pada dialog Printed Watermark, klik pada picture watermark.
  2. Selanjutnya, klik select picture dan pilih gambar yang tersimpan di komputer anda. Masukkan gambar tersebut dengan klik Insert.
  3. Untuk mengatur ukuran gambar dapat dilanekan pada kotak scale.
  4. Beri tanda centang pada kotak Washout, untuk membuat warna gambar menjadi transparan dan tidak menyolok.
  5. Terakhir, silahkan klik ok.





Cara buat watermark pada halaman tertentu


Jika anda ingin membuat tanda air hanya pada halaman tertentu saja, maka dokumen harus dipisah dengan section break. Untuk membuat section, klik tab Page Layout kemudian pilih Breaks pada grup Page Setup. Terakhir, pilih Next Page.

Untuk mencegah watermark muncul di tiap halaman, maka link antar section harus dihapus. Caranya, double klik pada header/footer section yang nantinya tidak ada watermark. Nonaktifkan Link to Previous pada Header and Footer Tools, tab Design, grup Navigation. Cukup dengan klik pada tab tersebut.

Klik ganda pada header atau footer di halaman yang ingin disisipi watermark, klik tab Page Layout, grup Page Background, kemudian klik Watermark.

Cara mengubah watermark pada dokumen word

Anda dapat merubah teks yang tertera pada dokumen, sebagai watermark. Untuk melanekannya, klik pada tab page layout kemudian pilih Watermark. Untuk membuka dialog Printed Watermark, silahkan klik pada Custom Watermark. Terakhir, anda dapat mengubah sesuai keinginan.

Untuk menghapus tanda air, cukup dengan klik Remove Watermark.

Nah, itulah cara buat Watermark gambar dan teks dengan Ms Word. Semoga berguna bagi anda yang sedang belajar Microsoft office. Pelajari juga: Cara Buat Hyperlink Pada Teks Di Ms Word

Cara Buat Watermark Teks dan Gambar Dengan Ms Word, membuat watermark teks