Cara Buat Kwitansi Pakai MS Word

Ketika anda belanja di toko pastinya mendapatkan kwitansi sebagai bukti pembelian barang. Dengan nota pembelian tadi, misalkan anda kurang puas dengan barang yang sudah dibeli maka barang dapat ditukar atau dikembalikan sesuai dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Nah, gimana kalau anda yang punya toko? Tentu saja anda harus menyiapkan kwitansi untuk diberikan kepada pembeli sebagai bukti transaksi. Anda dapar memperoleh kwitansi dengan memesan di percetakan atau dengan membelinya di toko buku. Tapi nota seperti itu tidak mencantumkan nama dan alamat toko.

Nah, kali ini kita akan bikin kwitansi sendiri menggunakan Microsoft word. Kwitansi ini mencantumkan nama toko, alamat, atau contact person. Tertarik untuk membuatnya? Simak caranya baik-baik ya. Mudah saja kok.


Cara Buat Kwitansi Pakai Microsoft Word


Tidak perlu keahlian khusus dalam membuat kwitansi ini. Anda hanya membutuhkan software bernama ms word. Nah, berikut urutan langkahnya:

Pertama, buka ms word lalu atur ukuran kertas menjadi A6. Ukuran yang biasa digunakan pada kebanyakan kwitansi. Pergi ke "page layout" pilih size kemudian pilih more paper size, isi dengan ukuran 4.13 × 5.83 inch.



Selanjutnya, kita akan buat table. Caranya, klik pada menu insert > kemudian table > buatlah 4 kolom dan 14 baris. Pilih dulu 4 x 7, kemudian gandakan barisnya dengan blok baris dan kolom lalu menekan tombol "insert below".



Blok pada kolom 1 dan 2 kemudian pilih menu "layout" > klik "merge cells". Demikian pula pada kolom 3 dan 4. Langkah ini bertujuan untuk menggabungkan 2 kolom menjadi satu kolom.




Isi kolom dengan nama toko, alamat, kontak yang dapat dihubungi, dan sebagainya. Atur lebar baris dan kolom sesuai keperluan anda.




Jika anda ingin menghapus garis pada kolom tertentu, blok kolom yang dimaksud. Pergi ke menu home kemudian klik "no border". Hilangkan border yang dirasa tidak diperlukan.



Pada baris paling bawah, anda bisa menambahkan keterangan yang diperlukan.

Pada umumnya barang yang telah dibeli oleh pembeli tidak dapat ditukar atau dikembalikan lagi, kecuali dengan kesepakatan sebelumnya. Nah, anda dapat menuliskan kata-kata tersebut di kertas kwitansi.



Caranya, pilih menu insert > shape > text box. Isi dengan tulisan yang berisi kesepakatan pembelian barang.



Nota pembelian atau kwitansi toko telah berhasil dibuat. Untuk mencetaknya anda harus melkamikan sedikit pengaturan sebelum dicetak.


Cara print kwitansi A6 dengan kertas A4


Kwintansi yang anda buat dengan Microsoft word dapat dicetak dengan kertas berukuran A4.

Tekan Ctrl+P untuk membuka perintah print. Pilih printer properties > layout > ukuran kertas A4. Sesuaikan dengan printer yang anda gunakan.

Isi kolom page dengan angka 1 sebanyak 4 kali pisahkan dengan koma (1,1,1,1). Ubah 1 page per sheet sehingga menjadi 4 page per sheet. Selanjutnya klik icon print.

Anda akan melihat hasil cetakan berupa 4 buah kwitansi yang masing-masing berukuran A6 dalam lembaran kertas berukuran A4. Anda dapat menggandakan kwitansi buatan sendiri menggunakan ms word ini sebanyak yang dibutuhkan. Simak juga: Cara Cepat Merubah Banyak Kata Salah Pada Ms Word

referensi: tutorial89.com