Cara Buat Jadwal Piket Kelas Menarik Di Ms Word

Kegiatan apa yang biasa dilanekan oleh siswa saat libur panjang? Berlibur, pergi ke rumah nenek, atau mengisi waktu luang di rumah dengan berbagai aktivitas. Mungkin itu yang kau kerjakan di rumah. Lantas, adakah tugas dari sekolahan yang harus kau kerjakan? Selain pekerjaan rumah, pastinya kau harus mengikuti piket kelas. Tidak mungkin kan, kelas kosong selama liburan. Jadi, harus ada orang yang membersihkannya.

Kegiatan apa yang biasa dilanekan oleh siswa saat libur panjang Cara Buat Jadwal Piket Kelas Menarik Di Ms Word
Jadwal piket pada umumnya ditulis dengan tinta pada selembar kertas. Untuk hasilnya, terkesan kurang profesional dan asal-asalan. Jadwal piket seperti itu kurang menarik. kau bisa membuatnya lebih baik dengan bantuan Microsoft word.

Dengan Microsoft word, kau dapat membuat jadwal piket yang rapi dan lebih artistik. Selain itu, tidak ada lagi coretan-coretan yang disebabkan oleh kesalahan penulisan. Hmm, ingin mencoba untuk membuatnya?


Cara Buat Jadwal Piket Kelas Menarik Di Ms Word


Jadwal piket yang kita buat dengan ms word pastinya lebih rapi, dan diberi sedikit sentuhan seni untuk menghilangkan kesan kane dan membosankan. Jadi, nantinya akan ada gulungan di pinggir kertas. Mirip dengan efek 3D begitu kira-kira.

Nah, daripada kau penasaran seperti apa jadwal piket berbentuk gulungan kertas. Ikuti saja langkah-langkah berikut ini secara urut:

Pertama, pastinya kau harus buka program office word terlebih dulu. Penulis sendiri menggunakan Microsoft office 2007. Tidak masalah bagi kau yang menggunakan office 2010 atau 2013, tinggal menyesuaikan saja.

Sebaiknya buat rancangan desain lebih dulu, sebelum kau membuat jadwal acara. Hal ini akan memudahkan langkah berikutnya.

Langkah ketiga ini sebenarnya tidaklah mutlak. Jadi, sifatnya merupakan pilihan. Opsi pertama. Untuk jadwal berbentuk memanjang ke bawah, kau tidak perlu melanekan apa-apa.


Kegiatan apa yang biasa dilanekan oleh siswa saat libur panjang Cara Buat Jadwal Piket Kelas Menarik Di Ms Word

Opsi kedua, bagi kau yang ingin membuat jadwal berbentuk landscape. Jika kau memilih opsi kedua, maka kau harus mengubah tulisan ke mode landscape. Caranya, klik pada tab Page Layout kemudian klik menu Orientation dan pilih Lanscape. Sesuaikan juga ukuran kertas yang nantinya digunakan untuk mencetak hasil akhir.

Setelah mode tulisan dan ukuran kertas sudah dibuat, silahkan klik pada tab insert dan pilih shapes. Ada banyak pilihan yang disediakan di gallery, seperti lines, basic shapes, block arrows, flowchart, callouts, stars and banners, dan lainnya. Pilih salah satu di antara motif yang tersedia. Untuk model kertas gulungan, silahkan kau memilih vertical scroll yang ada di grup stars and banners.



Untuk memunculkan shapes yang kita pilih, klik mouse pada dokumen yang kau buat.

Ubah ukuran shape, dengan klik dan geser ke kanan, kiri, atas, dan bawah. Sesuaikan dengan ukuran kertas yang akan digunakan untuk mencetak jadwal piket kelas ini.



Sampai di sini, jadwal piket sebenarnya sudah siap. Jika kau ingin mempercantik tampilannya, silahkan beri warna pada shape. Caranya, klik kanan pada shape dan pilih Format Autoshape.



Akan muncul dialog format autoshape. Atur warna yang akan diterapkan pada shape, warna garis, dsb. Setelah selesai, klik Ok.



kau juga dapat membuka menu fill effect, untuk memberikan efek warna ataupun style. Pastikan klik Ok, setelah selesai mengaturnya.

Teks yang tertera pada jadwal piket, dapat ditambahkan pada shape. Caranya, klik kanan pada shape dan pilihlah Add text.



Nah, itulah cara membuat jadwal piket kelas menggunakan ms word. Silahkan berkreasi dengan mengembangkan cara di atas. Pastinya kau lebih kreatif dong. Semoga berguna bagi kau yang sedang belajar Microsoft office. Pelajari juga: Cara Lengkap Membuat Rumus Akar Kuadrat