Cara Buat Hyperlink Pada Tulisan Di Ms Word

Hyperlink banyak ditemukan pada dokumen yang berformat doc, pdf, dan lainnya. Apakah fungsi hyperlink dan bagaimana cara membuatnya? Tenang, tidak sulit kok untuk membuat hyperlink pada sebuah tulisan menggunakan ms word. Sebelum membahas lebih jauh, kita harus mengetahui pengertiannya supaya lebih jelas.


Hyperlink banyak ditemukan pada dokumen yang berformat doc Cara Buat Hyperlink Pada Tulisan Di Ms Word
Hyperlink dalam bahasa Indonesia disebut pranala, yang artinya merupakan acuan pada hiperteks dokumen ke sumber lain. Dalam pengertian yang lebih mudah dipahami, hyperlink merupakan tulisan atau gambar yang memiliki pengalihan ke halaman referensi, saat diklik. Mungkin banyak orang lebih mengenalnya dengan link saja.

Jadi, apa fungsi hyperlink pada dokumen word?

Seperti pengertian link yang anda baca barusan, dapat disimpulkan bahwa hyperlink pada sebuah dokumen akan mengarah ke halaman tertentu saat kita klik tulisan atau gambar yang memuatnya. Mungkin saja halaman tersebut berupa situs, website, atau artikel di internet.

Jika anda sering membaca sebuah E-book, tentunya akan menjumpai hyperlink di dalamnya. Nah, link tersebut kadang mengarah ke sumber penulis berupa halaman facebook atau twitter milik pembuat Ebook itu sendiri. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pembaca untuk menghubungi penulis.

Hyperlink juga berguna untuk menunjukkan hak cipta pada sebuah artikel. Bedanya dengan watermark, tulisan yang diklik pada hyperlink langsung menuju ke sumber aslinya.

Kegunaan hyperlink lainnya termasuk untuk membuat artikel lebih ringkas. Terkadang untuk menjabarkan beberapa opsi atau poin penting, cukup dengan menuliskan kata yang mengandung link. Ketika pembaca ingin tahu keterangan lebih detail dari poin tersebut, cukup dengan klik pada hyperlink tadi.

Masih banyak lagi kegunaan hyperlink yang tidak saya bahas di sini, karena pembahasan kita lebih berorientasi pada dokumen di word.


Cara Buat Hyperlink Pada Tulisan Di Ms Word


Di awal dijelaskan tentang pengertian dan kegunaan dari hyperlink pada sebuah dokumen. Jika anda belum mengerti, silahkan baca kembali keterangan di atas secara perlahan. Jika anda sudah memahaminya dengan baik, kita lanjutkan untuk belajar membuat hyperlink pada sebuah tulisan.

Nah, untuk membuat hyperlink pada tulisan di ms word, ikuti langkah-langkah secara urut berikut ini:

  • Pertama, buatlah lembar kerja atau dokumen baru di Microsoft word. Atau buka file dokumen yang tersimpan di komputer anda.
  • Pada lembar kerja yang baru dibuat, silahkan ketik satu atau beberapa paragraf. Untuk memudahkan anda, buat sebuah paragraf saja.
  • Seleksi pada kata atau kalimat yang akan memuat hyperlink. Caranya, blok tulisan tersebut. Lihat contohnya seperti pada gambar di bawah ini:

Hyperlink banyak ditemukan pada dokumen yang berformat doc Cara Buat Hyperlink Pada Tulisan Di Ms Word

  • Selanjutnya, klik menu insert kemudian pilih hiperlink pada grup link
  • Secara otomatis akan muncul jendela baru berisi menu hyperlink. Silahkan pilih file tujuan dari link pada tulisan yang disorot.
  • Terakhir, klik Ok.
  • Sampai di sini anda telah berhasil membuat hyperlink pada tulisan pada lembar kerja.

Ketika pembaca menekan tombol Ctrl+ klik pada tulisan berwarna biru, maka secara otomatis akan menuju ke dokumen lain atau alamat email.


Beberapa opsi pada jendela insert hyperlink


Ada 4 pilihan dalam menu insert link di Microsoft word, seperti berikut ini:

  1. Existing File or web page, berguna untuk mengarahkan link ke file lain atau halaman pada website.
  2. Place in this documents, berguna untuk mengalihkan tulisan ke dokumen lain dalam file yang sama. Jika link terdapat pada powerpoint, tulisan dapat diarahkan dari slide satu ke slide lainnya.
  3. Create New Document, digunakan untuk membuat dokumen baru sebagai pengarahan link dari tulisan berwarna biru.
  4. Email Address, digunakan untuk mengarahkan link ke alamat email tertentu.

Nah, itulah cara membuat hyperlink pada dokumen di ms word. Silahkan mencoba praktek tutorial yang saya jelaskan. Selamat belajar Microsoft office hingga mahir. Pelajari juga: Tips Tulisan Di Word Tidak Hilang Saat Komputer Mati