Cara Bikin Daftar Isi Otomatis Yang Rapi di Ms Word

Bagi para pelajar dan mahasiswa, tentunya tidak asing lagi dengan tugas membuat makalah, karya tulis, maupun skripsi. Berkaitan dengan tugas tersebut, pastinya tidak bisa dipisahkan dengan daftar isi halaman. Tidak mungkin makalah yang berisi puluhan halaman, tapi tidak memiliki daftar isi di lembar-lembar awal.

 tentunya tidak asing lagi dengan tugas membuat makalah Cara Bikin Daftar Isi Otomatis Yang Rapi di Ms Word
kami yakin bahwa anda dapat membuat daftar isi menggunakan Microsoft word. Tapi, apakah anda mampu membuatnya dengan rapi? Bagi pemula, daftar isi biasanya dibuat dengan cara manual.

Mungkin anda membuat daftar isi dengan mengetik tanda titik secara berulang, hingga terbentuk sederet titik yang jumlahnya tidak karuan? Sebuah usaha yang cukup bagus dan dilkamikan oleh hampir semua pengguna Microsoft word. Tapi, tahukah anda bahwa ada cara mudah yang dapat anda lkamikan untuk membuat daftar isi secara otomatis menggunakan ms word.


Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Yang Rapi di Ms Word


Daftar isi yang bagus pada sebuah makalah, akan memberikan kesan professional dari pembuat makalah. Ketika seseorang membaca daftar isi yang dibuat dengan tidak rapi, pastinya ia akan malas untuk membuka lembar per lembar dari keseluruhan halaman.

Nah, tutorial kali ini akan membagikan cara membuat daftar isi secara otomatis. Cukup dengan menekan tab pada keyboard, untuk membuat daftar isi yang rapi dan bagus. Tutotial Microsoft word ini disertai dengan gambar, untuk memperjelas langkah-langkah yang dimaksud. Jadi, anda tidak akan bingung untuk mempraktekkannya. Berikut ini langkah-langkah yang dapat anda ikuti:

Klik ganda (double klik) pada tanda ruler maka muncul tabs baru, tentukan tab stop position. Pada ruler juga akan muncul tanda berbentuk siku-siku atau huruf L.
Pada dialog tab yang muncul, pilih left dan pola berupa titik-titik pada opsi leader. Lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini:


 tentunya tidak asing lagi dengan tugas membuat makalah Cara Bikin Daftar Isi Otomatis Yang Rapi di Ms Word

Selanjutnya, klik ganda lagi pada ruler. Sehingga muncul tanda mirip huruf L baru. Lkamikan seperti langkah pertama, bedanya setting pada kotak dialog. Jika yang pertama anda pilih left, kali ini pilih right dan none pada leader.
Jika anda melkamikan langkahnya dengan benar, maka huruf L akan berubah arah. Atur posisi kedua tanda ini, sehingga saling berhadapan. Lihat gambar di bawah ini, untuk lebih jelasnya.


 tentunya tidak asing lagi dengan tugas membuat makalah Cara Bikin Daftar Isi Otomatis Yang Rapi di Ms Word

Langkah terakhir. Silahkan tekan tab pada keyboard di komputer atau laptop anda. Maka, secara otomatis akan muncul titik-titik lurus yang rapi.
Sampai di sini, anda sudah berhasil membuat daftar isi halaman secara otomatis. Perhatikan gambar di bawah ini, supaya lebih jelas.

Catatan:

Untuk tanda L pertama dan kedua tidak harus dibuat secara urut. Artinya, anda dapat memulai dari batas kanan ataupun kiri terlebih dulu. Pastikan kedua tanda L saling berhadapan.
Anda juga dapat membuat satu tanda L saja. Tapi, pastikan mengatur tab stop position pada jarak yang tepat.

Nah, itulah cara membuat daftar isi yang rapi di ms word. Daftar isi halaman sangatlah penting artinya bagi sebuah makalah atau karya ilmiah yang akan anda buat. Keberadaannya tidak kalah penting dibandingkan catatan kaki (footnote). Pastinya, jika kedua elemen ini dibuat dengan bagus dan rapi, maka akan memengaruhi bagus tidaknya seluruh halaman yang anda buat.

Semoga berguna bagi anda yang ingin membuat makalah yang bagus dan lebih professional. Silahkan bagikan artikel ini, supaya orang lain yang sedang belajar Microsoft word dapat mengetahui cara membuatnya. Mungkin berguna bagi anda: Cara Membuat Cover Makalah Yang Bagus Dengan Ms Word