Bagian-Bagian Utama Laptop Dan Fungsinya

Laptop merupakan sebuah perangkat elektronik yang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi seseorang untuk mendukung kerjanya. Laptop merupakan bentuk minimalis dari komputer sehingga untuk melaksanakan pekerjaan seperti: mengetik surat, menciptakan tabel, editing foto dan pekerjaan lain yang memakai komputer sanggup digantikan dengan laptop. Laptop lebih mudah dan gampang dibawa kemana-mana sehingga kebanyakan orang pengguna komputer sudah beralih memakai laptop. Selain itu laptop lebih efisien dibandingkan dengan komputer desktop.

Baca juga: komputer" target="_blank">Pengertian dan Fungsi Perangkat Keras Komputer

Apa bab - bab utama dari laptop dan apa fungsinya?

Laptop memiliki perangkat dan komponen yang hampir sama dengan komputer, akan tetapi komponen pada perangkat laptop memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan perangkat yang dimiliki oleh komputer. Berikut merupakan beberapa komponen laptop dan fungsinya:

1. Chasing
Chasing pada laptop berfungsi untuk memasang semua perangkat laptop seperti: motherboard, LCD, dan perangkat lain. Chasing pada laptop juga berfungsi untuk melindungi perangkat keras yang ada didalam laptop.

2. Motherboard
Motherboard atau Mainboard merupakan sebuah komponen elektronik pada laptop yang berfungsi untuk memasang perangkat dan peripheral utama menyerupai prosessor, chipset, soundcard, VGA Card, dan perangkat lain untuk mendukung kinerja laptop.

3. LCD
LCD merupakan perangkat yang berfungsi untuk menampilkan hasil proses dari komputer berupa gambar maupun text. LCD merupakan pengganti dari layar monitor pada komputer.

4. Processor
Processor merupakan perangkat yang berfungsi sebagai otak dari laptop. Semua aktifitas dan proses akan melalui prosessor sebelum ditampilkan atau dikeluarkan pada perangkat output.

Baca juga: komputer" target="_blank">Pengertian dan Fungsi Processor pada Komputer

5. Keyboard
Keyboard merupakan perangkat input yang berfungsi untuk memasukan data berupa angka, aksara dan symbol. Keyboard pada laptop dikemas seminimal mungkin sehingga kelihatan lebih rapi dan efisien.

6. TouchPad
TouchPad merupakan perangkat input pada laptop yang berfungsi untuk menggerakan pointer pada layar LCD/monitor, Touchpad ini menggantikan tugas mouse pada komputer akan tetapi touchpad memakai sentuhan untuk menggerakkanya.

Baca juga: komputer" target="_blank">Macam-macam Mouse komputer

7. RAM (Random Access Memory)
RAM (Random Access Memory) merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data sementara sebelum disimpan secara permanen pada media penyimpanan lainnya. Besarnya RAM akan mempengaruhi kecepatan proses dari laptop tersebut.

8. Harddisk
Harddisk merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen, Data yanga disimpan pada harddisk tidak akan hilang kalau koita tidak menghapusnya. Besarnya kapasitas dari harddisk biasanya memiliki ukuran Giga. Contoh ukuran kapasitas harddisk 160 GB, 250 GB, 320 GB, dan 500 GB

9. DVD
DVD merupakan sebuah perangkat peripheral yang berfungsi untuk membaca data dari CD, selain itu DVD juga sanggup melaksanakan burning pada CD untuk menyimpan data pada kepingan CD.

10. Wireless Card
Wireless Card merupakan sebuah perangkat kyang berfungsi untuk media mediator tanpa memakai kabel. Fungsi utama dari perangkat ini merupakan untuk menangkap sinyal wifi dari Access Point atau perangkat lain tanpa memakai kabel.

11. Kipas
Kipas pada laptop berfungsi untuk mendinginkan perangkat laptop terutama Prosessor

12. Baterai
Baterai pada laptop berfungsi untuk menyimpan daya dan mensuplai daya pada perangkat laptop. Baterai pada laptop umumnya memiliki kemampuan untuk sanggup bertahan hingga 8 jam.