3 Langkah Mudah Mengatasi Tidak Bisa Instal Aplikasi di Android Yang Bukan dari Playstore

Pernahkah sobat menginstal aplikasi pada Smartphone android sobat tapi bukan dari playstore ? atau dengan kata lain mentahan dari aplikasi tersebut (.apk) ? jika pernah, mungkin sobat pernah mengalami kejadian yang sama dengan apa yang saya alami. Saat ingin instal aplikasi yang bukan dari playstore, akan ada notifikasi yang intinya merupakan “untuk keamanan smartphone kita, jadi aplikasi itu di blokir.


            Apakah pada aplikasi tersebut terdapat virus hingga muncul notifikasi seperti itu ? saya tidak bisa menjawab dengan sepenuhnya 100% yakin menjawab “tidak” atau “ya”, karna saat aplikasi tersebut sobat unduh/download dari website, sobat sendiri yang tau, aplikasi tersebut di unduh/didownload dari website yang dipercaya atau tidak.

ebenarnya pula, notifikasi seperti itu hanya untuk keamanan Smartphone kita saja kok, dan bisa kita atur agar setiap kita ingin instal aplikasi dari luar playstore tidak muncul notifikasi tersebut. Disini saya memakai smartphone Samsung Galaxy GT-S6310. Oke simak caranya ya :

1. Sobat sediakan aplikasi yang ingin sobat instal dari luar, pastinya ekstensi nya harus (.apk). Nanti akan keluarkan tuh notifikasinya – touch/tap “settings

2. Nanti sobat akan masuk kedalam tampilan yang bernama “Security”. Centang pada “Unknown Sources” (jika tidak terlihat, scroll saja kebawah). Seperti gambar dibawah.



3. Nanti aka nada peringatan yang intinya itu “meminta kembali persetujuan sobat, bahwa fitur tersebut telah diaktifkan”. Touch saja “Ok”. Kembali lagi ke aplikasi yang sobat ingin instal. Selamat sekarang aplikasinya sudah dapat terinstal

Lalu bagaimana caranya untuk masuk ke tampilan yang bernama “Security” ?

            Sobat hanya tinggal masuk ke Settings/Pengaturan – pilih deh Security – langkah berikutnya sama seperti langkah 2 sampai 3.