2 Cara Buat Huruf Berukuran Besar Atau Drop Cap Di Ms Word

Jika anda sering membaca berita di majalah atau koran, pastinya tidak asing dengan tulisan yang selalu diawali dengan huruf berukuran besar di awal paragraf pertama saja. Huruf kapital berukuran besar tersebut hanya ditemukan pada paragraf pertama, dalam keseluruhan artikel. Jadi, tidak terdapat pada alinea lainnya.

Jadi, yang kita bicarakan di sini merupakan huruf dengan ukuran paling besar di antara ukuran font lainnya. Huruf seperti ini bias any disebut Drop Cap. Artikel kali ini tidak membahas tentang huruf kapital yang muncul secara otomatis di awal kalimat. Jika anda ingin belajar tentang pokok bahasan tersebut, silahkan baca di postingan lain.

Kembali lagi ke huruf berukuran jumbo yang tertulis di awal paragraf pertama saja. Entah apa alasan sebenarnya penulisan seperti itu. Pastinya dengan membaca tulisan bergaya koran tersebut, akan membuat pembaca lebih fokus pada awal kalimat yang tertulis.

Selain itu, huruf jumbo di awal alinea akan membuat tulisan lebih menarik dan tidak ksaya. Jadi gaya penulisan ini merupakan paduan antara artistik dan teknik menulis untuk menarik perhatian pembaca.


Cara Buat Huruf Berukuran Besar Atau Drop Cap Di Ms Word


Gaya tulisan menggunakan huruf jumbo sebagai pembuka alinea pertama, cocok juga diterapkan pada bulletin, atau artikel bernuansa berita lainnya. Nah, untuk membuat huruf berukuran besar di awal kalimat tidaklah sulit. Tutorial Microsoft word kali ini akan membagikan cara yang mudah tentang teknik penulisan seperti itu.

Ikuti langkah-langkah berikut ini, untuk membuat huruf awal berukuran besar menggunakan Microsoft word:

Drop caps merupakan huruf awal dari sebuah paragraf yang sangat besar dibandingkan dengan huruf lainnya. Fasilitas ini sudah disediakan oleh Microsoft Word, saat anda membuka lembar kerja baru. Nah, ada dua cara untuk membuat drop cap di ms word, seperti berikut ini:


Cara membuat drop caps menggunakan mouse


Pertama, tentu saja anda harus membuat lembar kerja di Microsoft Office Word. Caranya, klik tombol start pada windows - All programs - Microsoft Office Word. Atau klik pada shortcut word yang telah dipasang.

Silahkan mengetikkan tulisan yang akan dibuat drop cap pada awal paragraf. Misalnya, tulisan yang dibuat seperti ini:

"Drop cap merupakan seni menulis yang membuat pembaca lebih fokus pada isi kalimat, tanpa membuat pembaca harus mengernyitkan dahinya untuk memahami isi bacaan"


Jika anda sering membaca berita di majalah atau koran 2 Cara Buat Huruf Berukuran Besar Atau Drop Cap Di Ms Word

Selanjutnya, seleksi huruf awal (Pada contoh di atas merupakan huruf D).
Klik menu insert - pilih drop caps pada grup text.
Silahkan pilih item dropped dan klik di sana (opsi ini akan membuat huruf besar menggeser letak teks).
Anda juga dapat memilih item In Margin, jika anda ingin huruf besar akan diletakkan di luar margin.


Jika anda sering membaca berita di majalah atau koran 2 Cara Buat Huruf Berukuran Besar Atau Drop Cap Di Ms Word


Cara membuat drop caps menggunakan Keyboard


Seperti pada langkah pertama, adalah dengan menyeleksi huruf awal.
Selanjutnya, tekan tombol Alt + N pada keyboard anda. Klik pada tombol bertuliskan huruf RC.


Jika anda sering membaca berita di majalah atau koran 2 Cara Buat Huruf Berukuran Besar Atau Drop Cap Di Ms Word

Terakhir, pilih dropped supaya huruf awal menjadi besar dan menggeser tulisan.
Sedangkan opsi In Margin, akan membuat huruf besar terletak di luar margin. Pada item ini, paragraf tulisan masih sesuai dengan batas margin.

Nah, itulah cara membuat huruf besar di awal paragraf menggunakan ms word. Gaya huruf drop caps cocok juga untuk tulisan bertema puisi atau tulisan apa saja yang sifatnya tidak formal. Kini, anda sudah tahu caranya, bukan? Pelajari juga: Cara Buat Hyperlink Pada Tulisan Di Ms Word