BAB IF, Pembahasan Rumus Excel IF

Oleh:   Serhamo Tech Serhamo Tech   |   11/18/2018 10:57:00 pm
rumus IF pada Excel
Serhamo.net - halo gaes, sebelumnya kita sudah membahas rumus yang sering dipakai dan cara mudah untuk menghafal fungsi rumus excel. kali ini kita akan membahas tuntas semua fungsi rumus IF, mulai dari rumus if dengan syarat data tipe numerik, dengan syarat tipe data teks , multi IF, iferror, if gabungan dengan or, and dan not.

balik lagi ke pembahasan yaitu fungsi IF adalah untuk membuat perbandingan logika diantara niai dengan mengguji dengan suatu kondisi dan mengembalikan jika hasilnya true dan false, dimana fungsi if sendiri =IF(Sesuatu adalah Benar, lakukanlah sesuatu, jika tidak lakukanlah hal lain), Oleh karena itu, pernyataan IF dapat memiliki dua hasil. Hasil pertama jika perbandingan Anda Benar dan hasil kedua jika perbandingan Salah.(sumber : Microsoft)


  • IF
IF(kondisi, nilai benar, nilai salah)
yang dimaksud dengan kondisi adalah syarat dimana kondisi tersebut , misalkan kita dapat masalah dengan rumus seperti ini, " JIKA NILAI KURANG DARI SAMA DENGAN 60 MAKA NILAINYA C" maka rumusnya yaitu IF(C5<= 60, "C","A"),  kita perhatikan rumus tersebut IF(C5<= 60, "Benar","Salah"), nah Isi nilai Benar Atau Salah dengan kondisi masing masing pertanyaan yang ada.

Perlu kita ketahui bahwa Excel memiliki tipe dua tipe data yaitu Karakter dan Numerik, dimana tipe data Karakter setiap kali memulai rumus harus menggunakan Kutip Dua atas ", sedangkan untuk tipe data numerik tanpa kutip dua atas.

Jika kalian ingin mendapatkan ful materi tentang IF, kami akan memberikan file berupa pembahasan IF lengkap. Kalian Bisa Download Disini.

Didalam pembahasan file tersebut, menurut kami disitu dibahas rumus excel IF lengkap, karna dipembahasan tersebut ada pembahasan :

● Fungsi IF dengan syarat data tipe numerik
● Fungsi IF dengan syarat data tipe teks
● Fungsi IF - Multi IF
● Fungsi IFERROR
● Fungsi OR
● Fungsi AND
● Fungsi NOT



Cukup sekian pembahasan rumus IF pada Excel yang kami sajikan kali ini, semoga dapat memahaminya dengan baik ya gaes.





Tampilkan Komentar