Cara Screenshot Smartphone Dan Tablet Android Tanpa Aplikasi

Screenshot atau Capture merupakan proses mengambil gambar yang terdapat di layar. File hasil Capture merupakan berbentuk gambar dengan format file tentunya berupa format gambar mirip JPG, PNG, JPEG Dll. Untuk proses Screenshot bagi sebagian pemakai Smartphone dan Tablet belum mengetahui caranya dan mungkin juga ada yang tidak tahu bahwa proses ini tidak diharapkan software. 

Hampir semua tipe dan merek Smartphone dan Tablet Android memiliki fasilitas Screenshot atau Capture tanpa perlu menggunakan software atau software. Hal ini berbeda dengan Smartphone Black Berry tipe lama. Pada jenis BB untuk melsayakan screenshot di perlukan software atau software tambahan, beberapa software tambahan tersebut kadang juga terdapat watermark atau ukiran pena di gambar dari palikasi yang di gunakan. 

Untuk melsayakan Screenshot di Android cara yang di gunakan juga sangat simpel, Pada umumnya hanya butuh menekan beberapa tombol yang terdapat di Smartphone atau Tablet. Tombol yang di gunakan pada smartphone atau Tablet pada umumnya merupakan terdiri dari tombol volume, tombol power dan tombol home. Hal yang perlu diperhatikan di sini merupakan tombol tersebut tidak tombol layar sentuh akan tetapi tombol fisik. Lihat beberapa gambar menu tombol dari beberapa  Smartphone dibawah ini.
 
Gambar Lenovo A850


 Gambar Samsung Galaxy S5
Gambar Sony Expreia Z2

Perhatikan pada gambar Smartphone Lenovo A850 dengan Samsung Galaxy S5. Pada menu Samsung Galaxy menu Home berupa tombol fisik, sementara pada menu Home di Lenovo A850 menggunakan tombol sentuh sama mirip pada menu Home dari Sony Experia Z2.

Untuk proses Screenshot pada Smartpone dan Tablet Android caranya merupakan dengan menekan dua menu tombol fisik secara bersamaan hingga keluar bunyi jepret atau bunyi ketika Anda memfoto dari Smartpone dan Tablet Anda. Tombol fisik yang ditekan di sini berbeda-beda untuk tiap jenis Smartpone dan Tablet Android. Bahkan untuk merek sama mirip Samsung tombol fisik yang di tekan juga berbeda. Sebagai contoh kita ambil dari jenis Smartphone Sony Expreia Z2 cara melsayakan Screenshot merupakan dengan menekan tombol Power dan tombol Volume Down secara bersamaan. Cara yang sama berlsaya pada Lenovo A850. Untuk Screenshot Samsung Galaxy S5 caranya merupakan dengan menekan tombol Home dan tombol Power secara bersamaan, lihat tutorial cara Screenshot Samsung Galaxy S5 di sini. Cara ini berdeda dengan tipe Samsung Galaxy Tab 2 dimana tombol fisik yang ditekan merupakan tombol Power dan tombol Volume Down atau volume bunyi kecil.

Pada intinya untuk melsayakan Screenshot di Smartphone Dan Tablet Android merupakan dengan menekan dua tombol fisik secara bersamaan. Tekan dengan mengkombinasikan antara tombol Home, Power dan Volume, lsayakan uji coba dengan mengkombinasikan dua tombol tersebut satu persatu.  

Untuk gambar hasil Screenshot silahkan cari di menu Gallery pada Smartphone Dan Tablet Android di folder Screenshot atau tangkapan layar. Simpelkan !!? Selamat mencoba.