Kelebihan Dan Kekurangan Dari BBM Android

Sejak di luncurkan hingga sekarang Blackbery Messenger (BBM) Android ini sudah di download lebih dari 50 juta pengguna. Namun hingga hari ini BBM versi Android ini untuk beberapa Tablet Android secara resmi belum bisa di download dari Play store. Walaupun masih dalam tahap penyempurnaan secara terpola versi BBM Android ini memiliki kelebihan dengan beberapa fitur baru yang tidak terdapat di BBM versi Blackberry dibawah OS 10 (selanjutnya kita baca Blackberry).
 

Meskipun hampir sebagian fitur BBM Blackberry sudah mulai di munculkan di BBM versi Android akan tetapi masih belum selengkap BBM Blackberry. Tentunya kekurangan dari BBM Android ini tetap tidak menyurutkan minat para pengguna Android untuk menggunakan BBM. Lalu pertanyaannya apakah Blackberry akan mulai di tinggalkan oleh para pengguna Smartphone? Jawabannya tentunya akan sanggat tergantung dari taktik marketing dari Blackberry. Artikel ini tidak akan membahas masa depan dari smartphone Blackberry akan tetapi akan lebih membahas fitur keunggulan dan kekurangan dari BBM Android yang bisa menjadi referensi Anda. Sebagai catatan ketika artikel ini di tulis BBM Android menggunakan versi 2.5.0.32.

Untuk membahas kelebihan dan kekurangan dari BBM Android ada baiknya kita mengenal beberapa menu BBM Blackberry untuk lebih memudahkan kita mengenali fitur-fitur terbaru yang di tawarkan oleh BBM Android. Beberapa menu yang akan kita bahas di bawah ini sekaligus untuk membandingkan kelebihan serta kekurangannya.

 
A. PIN BLACKBERRY 
Beda Blackberry beda pula Android, untuk PIN BBM dari kedua nya di bedakan dari Angka yang di gunakan serta cara memperolehnya. 
  • Cara Memperoleh PIN BBM Android
Berbeda dengan PIN BB versi Blackberry yang sudah di sertakan pada ketika membeli Blackberry untuk pin BB Android di dapatkan dengan mendaftar terlebih dahulu ke situs resmi merupakan www.blackberryid.blackberry.com. Setelah Anda mendaftar dengan email dan sudah terverifikasi, setelah login Anda akan mengetahui nomer pin BB BBM Android Anda. Jika Anda tidak puas dengan nomor Pin BB Android ini Anda dapat merubah nomor pin BB untuk mendapatkan nomor pin BBM cantik dengan cara restart ulang kamin BBM Anda masuk ke menu Setting, Accounts, Sync settings klik pada software BBM Groups setelah muncul menu Sync now dan Remove account pilih menu Remove account. Lkamikan secara terus menerus sehingga Anda memperoleh PIN BB Android sesuai yang Anda inginkan.
  • Invites Pin BB 
Cara invites Pin BB Blackberry dengan Android ini hampir sama perbedaannya merupakan untuk Blackberry pada ketika Anda menginvite kemudian di tolak oleh si penerima invite terdapat pemgosiphuan. Berbeda pada ketika Anda menginvite sahabat dengan BBM Android dimana proses reject tidak di gosiphukan ke BBM Anda.

Sama mirip Blackberry, BBM Android juga di lengkapi dengan fitur Groups chats, akan tetapi kamingnya pada ketika mendapatkan invite pin BB kontak BBM tidak dapat langsung di masukkan ke groups chat yang sudah kita buat sebelumnya. Sampai hari ini fitur ini baru di miliki oleh BBM Blackberry.


B. CHATS
BBM Android secara keseluruhan untuk fitur chats sama dengan BBM Blackberry, akan tetapi demikian fitur khususu sudah di tambahkan ke BBM Android yang merupakan jawaban atas banyak sekali keluhan oleh para pelanggan setia BBM. BBM Android yang di keluhkan di karenakan selalu gagal mengirim gambar dengan ukuran yang besar di jawah oleh Blackberry sehingga BBM Android bisa mendapatkan gambar dengan format HD.
  • Timed Messages dan Messages Retratcion
Timed Messages merupakan Fitur terbaru dari BBM Android ini berfungsi untuk mengatur durasi pesan BBM untuk di baca oleh penerima pesan, setelah BBM di terima secara otomatis pesan tersebut akan terhapus. Sementara Messages retraction berfungsi untuk membatalkan pesan yang sudah terlanjur di kirim ke sahabat di kontak BBM Anda. definisi lengkap dari fitur ini bisa di lihat di sini
  • BBM Meeting
Fitur untuk BBM Android ketika ini lebih variatif dengan di munculkannya fitur BBM Meeting, mirip namanya fitur ini berguna untuk Anda yang ingin rapat dengan sahabat kerja Anda.
  • Multyperson chat
Fitur lain yang juga Ada di Blackbeery dan Android merupakan menu Multyperson chat, untuk fitur ini BBM Android masih memiliki kendala dalam keluar dari multyperson chat, proses pada ketika keluar dari multyperson chat terutama untuk BBM Android resmi dari playstore mengalamai kendali dan ini masih menjadi nilai minus karena sering di keluhkan oleh pengguna BBM Android. definisi wacana multyperson chat BBM Android serta cara mengatasinya dapat di lihat di sini.
  • Broadcast Message
Menu yang sama- sama di miliki oleh BBM Android dan blackbeery dalam hal chat merupakan Broadcast Message, fitur ini di Indonesia menjadi cukup fenomenal di karenakan perilkami pengguna yang sering membroadcast apa saja mulai dari gosip gangguan terkait dengan BBM, Broadcast pin BB dan tentunya ini lebih banyak mengganggu para pengguna BBM lainnya. Kita berharap menu broadcast BBM ini bisa di lengkapi dengan fitur block broadcast message oleh Blackberry.


C. Channels
Bagi Anda yang butuh gosip menu ini cocok untuk Anda gunakan tentunya dalam fitur channels ini beragam gosip mulai dari gosip bola, gosip dunia, resep masakan hingga jual beli dapat di lkamikan dengan fitur channels. Fitur ini bisa di gunakan oleh Anda para peurusan ekonomi untuk mempromosikan jasa atau produck yang Anda miliki. Interaksi aktif dalam fitur ini di mana para pembaca dapat mengomentari, menglike, serta mengshare sebuah gosip menjsaudara termudaan fitur ini lebih hidup.

D. Fitur Block
BBM Android tidak lepas dari banyak sekali iklan yang muncul mulai di status maupun di invite, meskipun BBM sudah menyediakan fitur Channels, hal ini tentunya mengganggu kenyamanan pengguna BBM Android. Ketidaknyamanan pengguna BBM Android di jawab oleh Blackberry dengan meluncurkan fitur baru merupakan fitur Block. Untuk definisi lengkap dari fitur ini dapat di lihat di sini.


Selain dari beberapa fitur di atas hal lain yang tidak kalah penting untuk di bahas merupakan BBM Android ini masih tetap di gunakan meskipun tidak menggunakan provider kartu baik GSM atau CDMA, artinya anda hanya butuh sinyal Wifi untuk menjalankan BBM, jadi BBM akan tetap bisa di gunakan tanpa terpengaruh paket provider kartu masih aktif atau tidak, kuota habis atau tidak asalkan terhubung dengan koneksi internet mirip Wifi. Hal ini tentunya berbeda dengan BBM Blackberry dimana fungsi BBM akan berjalan sesuai dengan masa aktif dan paket kartu yang Anda gunakan.