Cara Setting Kunci Keamanan di Android

Jika Anda berfikir pola kunci di Smartphone Android itu tidak begitu penting itu salah besar. Ya, mungkin fungsi pengunci di gadget Android Anda hanya sekedar untuk menjaga privasi Android Anda untuk tidak bisa di akses oleh orang lain selain Anda, mungkin saja pacar yang prosesif dan pingin tahu atau sahabat yang kadang iseng membuka Smartphone Anda. Lebih dari itu fungsi pengunci di Android merupakan untuk berjaga-jaga apabila Android Anda hilang entah itu di curi atau hilang tidak sengaja terjatuh di suatu tempat.

Seperti di terperincikan di artikel sebelumnya fungsi pengunci otomatis di Android ini akan sangat berguna pada dikala Anda ingin mengetahi keberadaan Android bila suatu dikala hilang. definisi dari artikel ini dapat di lihat di sini.


Untuk artikel kali ini merupakan bagaimana cara setting atau mengatur kunci keamanan di Android. Tentu saja tutorial ini hanya berlkami untuk Anda yang baru saja memiliki smartphone Android. Untuk Anda yang sudah lama memiliki Android tutorial ini bisa menjadi referensi pentingnya mengatur keamanan untuk Android Anda. Bagaiaman cara mengatur pola kunci di Android, berikut tutorial lengkapnya.

Sebelum membuat kunci pengaman di Android ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu jenis kunci keamanan Android apa yang paling bagus. Dari definisi di Android itu sendiri ternyata kunci password atau kata sandi memliki tingkat keamanan paling bagus bila di bandingkan dengan tingkat keamanan yang lain. Untuk lebih terperincinya bisa dilihat di gambar berikut ini.


Untuk membuat kunci pengaman di Android Anda langkah pertama masuk ke menu Setting atau pengaturan, kemudian pilih Kunci layar. Jika perangkat Anda sebelumnya belum disetting maka klik saja menu Kunci layar selanjutnya akan muncul beberapa opsi mirip Usap, Face unlock, Wajah dan Suara, Pola, PIN dan kata sandi. Karena kata sandi atau password memiliki tingkat keamanan yang tinggi pilih opsi sebagai kunci keamanan Android Anda. Pada menu pembuatan mirip gambar diatas juga terdapat menu PIN, lalu apa bedanya dengan Kata sandi, perbedaan merupakan untuk PIN hanya dapat memasukkan angka saja sementara untuk kata sandi Anda dapat memasukkan angka dan huruf.

Proses pembuatan kunci caranya pilih atau klik pada opsi Kata Sandi, lihat pada gambar di bawah ini. 
 

Selanjutnya masukkan kata sandi yang Anda inginkan, untuk kata sandi ini gunakan kombinasi huruf dan angka. Untuk lebih memperkuat sandi gunakan kombinasi huruf kecil dan huruf besar. masukkan kata sandi sekali selanjutkanya klik pada menu Lanjutkan, kembali masukkan kata sandi untuk kedua kalinya setelah itu klik menu Simpan.


Proses pembuatan kunci di Smartphone Android Anda selesai. Untuk lebih meningkatkan keamanan pada Smartphone Anda tambahkan lagi menu kepemilikan di Android yang akan di munculkan layar standby Android Anda bila suatu dikala Android Anda hilang. Fungsi ini tentu saja untuk mengklim kepemilikan dari Android Anda, pastikan nama ini sesuai dengan nama di KTP Anda. Caranya sebagai berikut. 

Masih pada menu Kunci Layar, aktifkan menu Kunci layar bila tidak maka menu untuk membuat nama kepemilikan tidak akan di proses. Selanjutnya pilih menu Widget layar kunci


Langkah selanjutnya geser kursos ke bawah dan temukan menu Informasi pemilik.


Isikan data kepemilikan sesuai dengan nama lengkap Anda, lihat pada gambar di bawah ini. Setelah kolom di isi pilih centang pada menu Tampilkan info pemilik pada kunci layar. Selanjutnya klik OK.


Tampilan layar di Android Anda akan menampilkan nama Anda sebagai pemilik dari Smartphone Android tersebut. Fungsi dari nama tersebut untuk mengklaim kepemilikan tentunya dengan menunjukkan KTP atau kartu tanda pengenal yang lain. Cara ini menggunakan smartphone merek Samsung, untuk merek lain caranya hampir sama, hanya berbeda di letak pengaturannya.