Cara Memindahkan kontak BBM lama ke Kontak BBM Android

Seorang sahabat bertanya kepada saya, bagaimana cara menyimpan kontak BBM agar tidak hilang ketika mengganti dengan Blackberry baru dalam hal ini sahabat saya mengganti BB Lama dengan Blackberry Messenger di Android. Dengan pertanyaan yang hampir sama sahabat yang lain bertanya bagaimana memindahkan kontak BBM lama ke kontak BBM Baru. Kenapa pertanyaan ini bisa muncul tentu saja karena BBM di blackberry tidak terlepas dengan adanya pin BB yang sudah otomatis ada pada ketika membeli sementara pin BBM Android tidak mirip itu.

 Gambar. BBM dahulu menggunakan BB Curve kemudian pindah ke BBM Android

Pertanyaan mirip ini mungkin saja juga muncul di benak Anda atau untuk Anda yang baru akan atau baru pertama kali menggunakan BBM di Android. Pertanyaan ini tentu saja wajar karena memang BBM versi Blackberry dengan BBM Android beda dalam soal Pin BB akan tetapi pada intinya tetap sama ialah mendaftarkan terlebih dahulu sayan email Anda ke blackberryID untuk dapat menggunakan fitur Blackberry Messenger.

Pada ketika Anda pertama kali membeli Blackberry untuk mengaktifkan atau mengunakan BBM terlebih dahulu Anda harus membuat sayan dengan mendaftarkan email Anda ke http://blackberryid.blackberry.com, proses ini wajib di lsayakan baru setelah ID BBM Anda aktif baru Anda login ke BBM dengan ID yang sudah Anda daftarkan sebelumnya. Cara mirip ini juga berlsaya untuk pengguna BBM di Android bedanya merupakan hanya di pin BBM saja ialah PIN BBM di BB Android akan di peroleh setelah Anda login dengan Blackbery ID Anda. 

Proses mendaftarkan ID atau membuat sayan di BBM ini pada intinya juga berlsaya untuk semua software di Android akan tetapi hanya yang berhubungan dengan orang lain atau yang dapat melsayakan transaksi. Sebagai contoh beberapa software mirip Gmail, Play store, Facebook, Twitter dll. Fungsi sayan atau ID yang paling penting di sini merupakan untuk merecover atau menyimpan data. Jadi pertanyaan beberapa kawan saya ini; bagaimana memindahkan kontak BBM lama ke kontak BBM Baru? jawabannya merupakan  masuk atau login dengan menggunakan ID atau sayan yang sama walaupun sudah berganti gadget. Semua data kontak BBM dari BB lama akan tetap ada setelah login dengan BBM Android asalkan kontak BBM belum di hapus. Sebaliknya kalau Anda ingin pindah dari BBM Android ke BBM Blackberry caranya merupakan sama. Proses ini hanya untuk menyimpan kontak BBM saja tidak berlsaya untuk percakapan jadi semua percakapan akan terhapus setelah Anda pindah BBM dari satu Gagdet ke gadget lainnya.