Cara Membuat CCTV Dengan Smartphone Android

Istilah CCTV tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda, bahkan salah satu televisi swasta juga telah membuat acara acara dengan judul sama merupakan CCTV.  Kepanjangan dari CCTV sendiri merupakan Closed Circuit Television, jadi CCTV dapat di artikan merupakan suatu sistem yang menggunakan video camera untuk menampilkan dan merekam gambar pada waktu dan tempat tertentu dimana perangkat ini terpasang dengan signyal yang bersifat tertutup.  

Bagi Anda pengguna Smatphone Android kabar gembira untuk Anda karena Android bisa juga di fungsikan sebagai CCTV, dengan CCTV Android Anda dapat merekam aktifitas apa saja tentunya untuk aktifitas baik tidak untuk merugikan orang lain. Oke langsung saja kita mulai saja tutorial cara membuat CCTV dengan Smartphone Android.

Langkah pertama Anda harus memiliki perangkat lunak untuk menjalankan CCTV yang dalam tutorial kali ini kita gunakan perangkat lunak IP Webcam. Aplikasi ini dapat di download di Play Store tentunya gratis dan memiliki ukuran yang tidak terlalu besar merupakan 13.68 MB. Lihat gambar dibawah ini untuk mengetahui perangkat lunak IP Webcam yang di maksud 


Setelah terinstal langkah selanjutnya merupakan setting IP Webcam mulai dari kwalitas gambar, kwaliats bunyi dan lainnya, pilih pada menu yang sudah di sediakan. Setelah semua di setting lihat pada bagian berwarna merah atau yang bertuliskan Start server, Klik pada menu tersebut. Lihat gambar di bawah ini



Selanjutnya tampilan kamera CCTV akan terlihat di layar Android Anda, lihat alamat URL IP yang bertuliskan http://192.168.1.104:8080/ atau yang di beri kotak berwarna merah pada gambar di bawah ini, kode ini lah yang nantinya Anda gunakan untuk melihat tampilan CCTV di Browser PC atau Laptop Anda.


Langkah berukutnya masuk ke browser, silahkan pilih browser Crome, Firefox, atau kesukaan Anda. Ketik alamat URL yang terdapat di Android Anda atau dalam contoh ini merupakan http://192.168.1.104:8080/. Setelah Anda masuk situs ini otomatis menuju ke IP Webcam, pada dikala Anda mengetik kode IP di browser kondisi IP Webcam  harus terkoneksi dengan PC / Laptop melalui Wi-Fi. Untuk tutorial ini kami menggunakan koneksi Wi-Fi Speedy pada PC ke Android Samsung Galaxy Tab 3.8.0. Pastikan juga perangkat lunak IP Webcam juga sudah On agar bisa terkoneksi dengan PC/ Laptop. 


Selanjutnya pada menu Video render klik Browser atau Java, Untuk Java pastikan PC atau Laptop Anda sudah terinstal Java Scrip, jikalau belum terinstal maka video CCTV ini tidak bisa dibuka. Namun jangan binggung karena dengan menu Browser saja sudah bisa dan tentunya lebih simpel. Hasil dari Kamera CCTV dengan browser sebagai berikut : 



Anda juga dapat melihat hasil kamera CCTV dengan menggunakan ponsel Android. Caranya juga sama mirip cara melihat hasil kamera CCTV di PC/ Laptop merupakan denan membuka URL IP adress di browser ponsel Anda. Hasil kamera CCTV dengan Android dapat di lihat di video berikut ini. Simpel dan Mudah, Selamat Mencoba.