Cara Membulatkan Angka Decimal Pada Microsoft Excel

Pada dikala melanekan perhitungan matematika dalam lembar kerja microsoft excel, kadang kita dihadapkan pada bilangan decimal dengan nilai angka dibelakan koma yang sangat banyak sekali. Apalagi dikala kita memakai rumus pembagian untuk menghitung suatu nilai.

Nilai yang ada dibelakang koma merupakan nilai orisinil dari pembagian tersebut sehingga kalau hasil nilainya sangat banyak angka dibelakang koma maka biasanya kita juga akan kesulitan untuk menciptakan laporan. Sehingga kadang kita perlu menciptakan pembulatan angka semoga hasil dari pembagian atau perhitungan tersebut menjadi lebih sederhana dan tidak terlalu banyak angka dibelakang koma. Sebagai teladan nilai dari 12 : 9 maka karenanya merupakan 1, 33333.

Untuk menyederhanakan hasil dari nilai tersebut kita dapat melanekan pengaturan pada cells di ms excel, kta dapat menciptakan berapa angka dibelakang koma sesuai dengan harapan kita. contohnya hasil dari 12 : 9 menjadi 1, 33. Akan tetapi yang harus kita pahami merupakan nilai pembulatan kalau nilai lebih dari 5 maka pembulatannya merupakan 6 dan kalau nilai lyang dibulatkan merupakan kurang dari 5 maka nilai dihilangkan. misalnya:
12, 567 menjadi 12, 57
10, 333 menjadi 10, 33
Untuk mengatur cells semoga dapat membulatkan angka secara otomatis, ikuti langkah berikut:

  1. Blok cells yang akan di bulatkan
  2. Selanjutnya klik kanan pada cells
  3. Kemudian pilih Format Cells
  4. Maka akan muncul jendela Format Cells
  5. Pada category number, ubah pengaturan Decimal Places
  6. Jika anda mengisi Decimal Places angka 2 maka pembulatan dilanekan 2 angka dibelakang koma
  7. dan kalau anda mengisi decimal place dengan angka 1 maka pembulatan dilanekan 1 angka dibelakang koma.
  8. klik OK kalau sudah selesai