Software Untuk Menghapus Objek Pada Foto Atau Gambar

Ini merupakan kejadian yang sangat umum saat kita menangkap benda / objek yang tidak diinginkan di dalam foto. Benda atau objek yang tidak diinginkan ini terkadang bisa merusak foto yang indah. Dan terkadang, kita mungkin hanya ingin menghapus objek tersebut agar foto kita terlihat lebih cantik dan menarik. Tapi pertanyaannya merupakan, bagaimana cara menghapus benda dari foto? Ada banyak pilihan di internet yang akan kita temukan, tapi kebanyakan dari software yang ada di internet merupakan software berbayar, atau hasilnya tidak sebagus apa yang kita perkirakan. Jadi, berikut beberapa perangkat lunak / software untuk menghapus benda yang tidak diinginkan dari foto, dan tentunya gratis brother.

Perangkat lunak ini membiarkan kita untuk memilih area foto yang mana yang akan kita hapus objeknya. Setelah kita melakukan seleksi, alat ini dengan cerdas mendeteksi area sekitar objek yang dipilih untuk mengisi area dengan warna yang benar. Ini akan membuat foto kita terlihat seperti tidak ada benda yang tidak diinginkan yang kita hapus.

Mungkin ini yang kamu cari :


Untuk itu, kami akan memperkenalkan kamu ke dua perangkat lunak untuk menghapus objek dari foto secara gratis. Yang pertama merupakan GIMP dan yang lainnya merupakan PhotoWipe. Pada artikel ini, kamu akan tahu, bagaimana cara menghapus benda dari foto di GIMP, begitu juga dengan PhotoWipe.

Berikut Software Terbaik Untuk Menghapus Benda / Objek Di Foto & Gambar:

GIMP

GIMP merupakan editor foto opensource yang bagus, dan alternatif gratis untuk Photoshop. Sayangnya, GIMP tidak mempunyai alat Content Aware seperti Photoshop untuk menghapus objek dari foto. Tapi, kamu bisa menghapus objek di GIMP menggunakan plugin GIMP gratis ini, yang bernama Resynthesizer.

Pada artikel ini, kami akan fokus bagaimana cara mendapatkan, menginstal, dan menggunakan Resynthesizer di GIMP untuk menghapus objek yang tidak diinginkan dari gambar. Langkah pertama merupakan mendownload GIMP dan kemudian mendownload plugin Resynthesizer dari sini. Setelah itu, kamu harus menginstal plugin ke GIMP. Plugin ini dikemas dalam format ZIP. Unzip dulu file tsb dari folder Unzipped, kemudian kamu harus menyalin file berikut ini:

- plugin-heal-selection.py
- plugin-heal-transparency.py
- plugin-map-style.py
- plugin-render-texture.py
- plugin-resynth-enlarge.py
- plugin-resynth-fill-pattern.py
- plugin-resynth-sharpen.py
- plugin-uncrop.py
- resynthesizer-gui.exe
- resynthesizer.exe

Setelah menyalinnya file-file diatas, paste di folder plugin GIMP. Folder plugin berada di: "C: \ Program Files \ GIMP 2 \ lib \ gimp \ 2.0 \ plug-ins"

Jika sudah silahkan buka GIMP atau jika sedang berjalan silahkan restart. Sekarang, untuk langkah selanjutnya, upload foto ke GIMP di mana kamu ingin menghapus objek yang tidak diinginkan.


Sekarang, gunakan alat Lasso (alat ketiga dari atas di kotak alat) untuk memilih objek yang ingin kamu hapus / sembunyikan. Alat ini memungkinkan kamu memilih area pada foto dengan freehand. Setelah dipilih, pergi ke Filter> Enhance> Heal Selection. Alat Seleksi Sembuh hampir berfungsi sebagai alat bantu Konten Photoshop.


Atur Content Sampling menjadi 50. Di kotak Sample from box, pilih opsi Sides, dan pilih Filling Order as Random. Setelah selesai, klik Ok.


Objek akan dihapus. Begitulah proses pengolahan gambar yang dipakai pada screenshot di atas. Sekarang, jika kamu mau, kamu bisa melakukan editing foto lagi di GIMP.

Download GIMP di sini.

PhotoWipe

PhotoWipe merupakan alat khusus untuk menghapus objek yang tidak diinginkan dari gambar. Untuk menghapus objek, yang harus kamu lakukan di sini merupakan memilih objek dan mengolahnya. Ada beberapa alat seleksi yang bisa kamu gunakan, seperti brush, rectangle, dan polygon. kamu bahkan bisa memilih ukuran brush sesuai objek yang ingin kamu pilih.


Pada screenshot di atas, kamu bisa melihat gambar yang telah kami muat untuk diperbaiki. Di sini, kami akan mencoba mengehapus gambar burungnya. Setelah memilih objek, klik tombol Preview.


Sekarang, kamu harus mengklik tombol Preview atau Full Quality untuk memproses gambar. Setelah diproses, kamu akan mendapatkan pilihan untuk menyimpan foto di PC kamu.

Download PhotoWipe disini

Kesimpulan
Jadi, ini merupakan dua software yang bisa menghapus objek pada foto secara gratis di Windows. Meski ada alat lain yang memungkinkan kamu menghapus benda, seperti alat Clone Stamp, namun kamu perlu mengedit foto nerd agar bisa menggunakannya dengan sempurna. Alat ini akan sangat membantu kamu untuk segera membuang benda yang tidak diinginkan tanpa perlu banyak usaha.