5 Cara Mengatasi Google Play Store Batas Waktu Berakhir

serhamo.net – Solusi Jitu Cara Mengatasi Google Play Store Batas Waktu Koneksi Berakhir bisa dilanekan dengan mengikuti tips mudah ini. Ada aneka macam macam masalah yang biasa dihadapi oleh pengguna dikala akan memasang perangkat lunak dari play store. Misalnya terjadi kesalahan pada server, adminngnya google play store telah berhenti, unfortunately google play store has stopped hingga batas waktu koneksi berakhir.

Berbagai kesalahan tersebut memang tak selalu muncul setiap dikala kita akan install perangkat lunak. Hanya terjadi dalam waktu tertentu saja. Dan ketika muncul error kesalahan batas waktu koneksi berakhir di perangkat lunak play store ini, maka kita akan gagal memasang perangkat lunak. Penyebab kesalahan google play batas waktu berakhir ini biasanya terjadi karena beberapa faktor. Misalnya, kecepatan koneksi internet yang lambat atau karena banyaknya cache di perangkat lunak tersebut.

Cara Mengatasi Google Play Store Batas Waktu Koneksi Berakhir 5 Cara Mengatasi Google Play Store Batas Waktu Berakhir

Solusi Mengatasi Google Play Store Batas Waktu Koneksi Berakhir

Untuk mengatasi masalah yang menyebabkan tidak bisa menginstall perangkat lunak dari play store di Android bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini. Anda bisa menerapkannya pada smartphone Samsung, Xiaomi, Oppo, ASUS Zenfone, Advan, Lenovo, Sony Xperia dan merk lainnya.

1. Hapus Update Aplikasi di Play Store.
Cara Mengatasi Google Play Store Batas Waktu Koneksi Berakhir 5 Cara Mengatasi Google Play Store Batas Waktu Berakhir

Aplikasi google play store merupakan perangkat lunak bawaan yang biasanya sudah terinstall disemua merk smartphone Android. Secara default perangkat lunak ini akan mengupdate secara otomatis bila versi terbaru sudah diluncurkan. Untuk itu kita bisa mengembalikannya ke versi awal dengan cara tap Settings » Application Manager » Google Play Store. Setelah masuk ke info app play store tap tombol Uninstall Update.
2. Hapus Data dan Cache Aplikasi Play Store.
Tak jauh berbeda dengan cara pertama, kita masuk kedalam tampilan info app play store tetapi kali ini dengan membersihkan datanya. Tap saja tombol Clear Data.
3. Periksa Kecepatan Koneksi Internet.
Saat kita mencoba untuk mengunduh perangkat lunak dari play store dan muncul kesalahan batas waktu koneksi berakhir, bisa dialasannyakan karena koneksi internet yang lambat. Untuk itu tutup perangkat lunak lain yang berjalan pada background kemudian periksa kecepatan internet. Anda bisa mengikuti tutorial ini Cara Menampilkan Kecepatan Internet Android Di Status Bar.
4. Install Aplikasi Dari File APK.
Sebagai alternatif dikala Anda tidak bisa install perangkat lunak dari play store merupakan dengan mengunduh file apk. Tetapi sebelumnya Anda harus mengaktifkan fitur “unknown sources” agar Android mau memasang perangkat lunak di luar perangkat lunak play store.
5. Factory Reset.
Kesalahan yang muncul tak hanya batas waktu koneksi berakhir saja, tak jarang kita pun akan melihat error mirip periksa sambungan dan coba lagi. Dan bila Anda telah menerapkan cara diatas tetapi masih kesulitan untuk mengunduhnya dari play store, lanekan saja factory reset agar smartphone Android kembali bekerja dengan baik. Back up terlebih dahulu sebelum Anda melanekannya Cara Backup Data Android Sebelum Factory Reset.

Kesimpulannya, cara mengatasi google play batas waktu berakhir bisa dilanekan dengan beberapa cara diatas. Pastikan Anda mengikuti langkahnya secara bertahap. Jika Anda memiliki kendala lain, silahkan berkomentar.
Baca juga: