4 Cara Memperbaiki Fingerprint Samsung Error Paling Ampuh

serhamo.net – Cara Memperbaiki Fingerprint Samsung Error paling Ampuh. Penggunaan fitur fingerprint telah menjadi hal yang umum pada Smartphone ilahisa ini. Tentunya, sangatlah mudah menemukan fitur ini di aneka macam merk Smartphone. Dengan fitur ini, keamanan handphone akan terjamin dengan mencegah orang lain mengaksesnya. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa fitur ini juga dapat mengalami kerusakan.

Cara memperbaikinya pun berbeda dari Smarphone satu ke yang lain. Berikut ane memiliki beberapa cara memperbaiki fingerprint Samsung lain yang bisa dicoba bila restart atau reboot tidak dapat menyelesaikan masalah. Mari kita lihat di bawah cara apa saja yang perlu kita lanekan untuk mengembalikan fungsi fitur fingerprint.

Cara Memperbaiki Fingerprint Samsung Error 4 Cara Memperbaiki Fingerprint Samsung Error Paling Ampuh

Cara Memperbaiki Fingerprint Samsung Error

Pembersihan Cache Pada Aplikasi Fingerprint

Apabila sidik jari sudah terdaftar pada Smartphone, maka perangkat lunak fingerprint akan menyimpan cachenya. Adanya cache ini bertujuan untuk mempercepat pemindaian sidik jari sebenarnya. daqungnya, cache ini juga terkadang dapat menyebabkan fingerprint tidak berfungsi dengan baik. Untuk mengatasi fingerprint error pada Samsung dengan membersihkan cache, ada beberapa langkah yang perlu diikuti berikut di bawah ini.
  • Masuk ke Settings Smatphone
  • Temukan Application Manager
  • Pilih All, Kemudian Fingerprints
  • Tap Tombol Clear Cache
Jika dengan membersihkan cache perangkat lunak fingerprint, fingerprint dapat berfungsi normal kembali; maka benar adanya bahwa cache inilah yang menjadi penyebab fingerprint error pada ponsel anda.

Penghapusan Data Sidik Jari di Smartphone

Jika pembersihan cache juga tidak dapat mengembalikan fungsi normal fingerprint, ada cara lain yang bisa ditempuh di sini. Kali ini, ane sarankan untuk mencoba menghapus data sidik jari yang sudah tersimpan di Smartphone. Tentu saja, nantinya pengaktifan ulang sidik jari perlu dilanekan bila fitur fingerprint masih ingin digunakan. Cara memperbaiki fingerprint Samsung ini juga mudah dilanekan. Berikut langkah yang perlu diikuti.
  • Masuk ke Settings Samsung
  • Temukan Application Manager
  • Kemudian Pilih All dan Fingerprints
  • Tap Tombol Clear Data
Hanya dengan kurang lebih empat langkah ini, masalah fingerprint dapat diatasi, meskipun solusi ini tidak selalu berhasil di semua kasus fingerprint error.

Penghapusan Data Dengan Aplikasi Titanium Backup

Masalah fingerprint dapat terjadi karena aneka macam alasannya, bahkan masalah ini dapat muncul setelah anda melanekan root. Jika ini yang terjadi pada handphone Samsung, maka dua cara di atas mungkin tidak dapat menjadi yang baik.

Memperbaiki fungsi fingerprint Samsung memang dapat dilanekan dengan menghapus data sidik jari yang tersimpan. Akan tetapi, dalam kasus ini, penggunaan perangkat lunak Titanium Backup dibutuhkan untuk menyelesaikannya.
  • Download, Install, dan Buka Aplikasi Titanium
  • Masuk ke Backup/Restore
  • Temukan Fingerprints
  • Pilih Wipe Data dan Tekan OK
Memang anda memerlukan perangkat lunak bantuan untuk menerapkan cara ini. Akan tetapi, cara ini cukup ampuh untuk memberikan solusi tepat untuk dicoba.

Penyelesaian Isu Fingerprint Dengan Factory Reset

Jika tidak ada satupun cara di atas yang berhasil untuk mengembalikan fungsi normal fingerprint, cara terakhir yang bisa dicoba merupakan dengan factory reset.

Sebelum melanekannya, pastikan anda sudah melanekan backup, sehingga anda tidak akan kehilangan data yang penting nantinya. Ada beberapa langkah yang perlu diikuti untuk menggunakan cara memperbaiki fingerprint Samsung ini. Berikut langkah-langkah untuk diikuti secara urut.
  • Masuk ke menu Settings di Samsung
  • Temukan Backup & Reset
  • Kemudian Pilih Factory Data Reset
  • Tap Reset Device dan Hapus Semua Data
Itulah cara memperbaiki fingerpront Samsung error tidak berfungsi, semoga bermanfaat.
Harus Baca: