4 software desain arsitektur gratis terbaik untuk windows

Software Untuk Menghapus Objek Pada Foto Atau Gambar 4 software desain arsitektur gratis terbaik untuk windows

Dibawah ini merupakan daftar 4 software desain arsitektur gratis terbaik untuk Windows. Software ini membantu arsitek untuk mendesain arsitektur berbagai proyek seperti bangunan, rumah, stadion, dll. yang memungkinkan untuk membuat desain arsitektur tipe 2D dan 3D. Di beberapa software, kamu dapat langsung membuat desain 3D, sementara di software lain, kamu dapat membuat desain 2D dan kemudian mengubahnya menjadi desain 3D. Untuk merancang arsitektur, software ini menyediakan semua alat struktural penting seperti kolom, dinding, balok, objek lantai, objek jendela, dll. Dalam model 3D, kamu mendapatkan beberapa alat tambahan seperti tampilan depan, tampilan belakang, tampilan kiri, dll. unutk memudahkan menganalisis dengan benar model 3D yang dirancang.

Baca juga: Software Untuk Menghapus Objek Pada Foto Atau Gambar

Dalam freeware ini, kamu juga dapat menentukan pengukuran akurat berbagai elemen arsitektur seperti tinggi, lebar, sudut, dll. Pengukuran tambahan membantu kamu membuat model 3D proporsi yang tepat. Setelah menyelesaikan desain, kamu dapat menyimpan atau mengekspornya dalam format PDF, DDP, DWG, DXF, dll. Berikut 4 software desain arsitektur gratis terbaik untuk windows.

Catatan: Dalam versi gratis, banyak fitur dari software dibawah ini terkunci. Oleh karena itu, Jika kamu ingin menikmati semua fitur-fiturnya, kamu bisa upgrade ke versi berbayarnya.

4 software desain arsitektur gratis terbaik untuk windows


FreeCAD
Software Untuk Menghapus Objek Pada Foto Atau Gambar 4 software desain arsitektur gratis terbaik untuk windows

FreeCAD merupakan software desain arsitektur open source gratis untuk Windows. Dengan menggunakan software ini, kamu dapat merancang berbagai jenis objek kehidupan nyata termasuk arsitektur bangunan, rumah, stadion, dll. Untuk membantu kamu membuat desain atau arsitektur yang rumit, software ini menggabungkan teknik model 3D parametrik. Teknik ini memungkinkan kamu memodifikasi desain dengan mudah dengan kembali ke histori model dan mengubah parameternya.

Dalam software ini, kamu mendapatkan berbagai template proyek stkamur yang dioptimalkan untuk mendesain jenis desain tertentu seperti Desain Bagian, Desain Arsitektur, Desain Kapal, Pekerjaan, dan Mesh, dll. Dengan memilih proyek Desain Arsitektur, kamu dapat mulai membangun arsitektur dari Rumah, Bangunan, Stadion, dll. Untuk membangun arsitektur dari awal, juga disediakan berbagai tool penting seperti Wall object, Structure object, Reinforcement bar, Floor object, Window object, Axis tools, Space objects, dan banyak lagi. Pengukuran setiap elemen arsitektur yang dibuat (dinding, atap, lantai, dll.) Juga dapat ditentukan secara akurat. Ini juga menyediakan berbagai fitur orientasi, di mana kamu dapat dengan cepat melihat model arsitektur 3D dari tampilan depan, atas, kanan, kiri, dan bawah. Setelah membuat model arsitektur 3D, kamu juga dapat melihatnya dalam 2D ​​menggunakan tampilan bentuk 2D. Setelah selesai mendesain, kamu dapat menyimpannya sebagai format PDF, OCA, STL, POLY, JSON, DWG, DXF, dll.

Terlepas dari fitur yang kami jelaskan diatas, kamu dapat menemukan banyak fitur yang lebih berguna di dalamnya seperti Macro Recording, Macro Editing, Scene Inspector, Dependency Graphs, dan banyak lagi. Secara keseluruhan, ini merupakan software desain arsitektur yang lengkap di mana kamu dapat mendesain setiap jenis arsitektur dalam mode 3D dan 2D.

Download freeCAD langsung dari situs resminya.

TAD Designer
Software Untuk Menghapus Objek Pada Foto Atau Gambar 4 software desain arsitektur gratis terbaik untuk windows

TAD Designer merupakan software desain arsitektur gratis berikutnya untuk Windows. software ini dibangun untuk arsitek untuk membantu mereka membuat desain arsitektur. Dengan menggunakannya, kamu dapat mulai merancang arsitektur bangunan, rumah, pabrik, dll pada plane 2D yang disediakan. Pada plane 2D, kamu juga mendapatkan classes dan Objek di bagian kiri antarmuka. Classes mewakili sebagian besar arsitektur seperti Lantai, sedangkan Objek mewakili semua elemen arsitektur kecil yang terkandung dalam classes. Jika Lantai merupakan classes, maka Pintu, Jendela, Ruangan, dll merupakan objek dari classes. kamu dapat menambahkan beberapa classes dengan mudah sesuai dengan kebutuhan arsitektur. Namun, untuk menentukan atribut classes atau objek seperti pintu, jendela, dll dan dimensinya, kamu perlu mengkodekan objek secara manual dalam editor kode objeknya.

Setelah semua atribut arsitektur penting ditambahkan ke classes dan objek, kamu dapat menempatkan atribut ini pada kanvas 2D. Pada suatu waktu, kamu dapat mendesain arsitektur satu lantai di atas kanvasnya menggunakan alat seperti Add Corner, Shift Corner, Move Object, Rotate Object, Create Outline, dll. Plus, dimensi setiap elemen juga dapat ditentukan di dalamnya seperti ketinggian, lebar, kedalaman, dll. Setelah menyelesaikan arsitektur 2D, kamu dapat melihat arsitektur dalam 3D dengan masuk ke Display > View in 3D option. Setelah menyelesaikan desain arsitektur, kamu dapat mengekspor desain arsitektur dalam 2D ​​DXF, 2D CAD, dan dalam berbagai format 3D (VRML 2, DXF, Virtualight, Renderman, dll.).

Hal hebat tentang software ini merupakan semua file yang dibuat berukuran sangat kecil. Secara keseluruhan, ini merupakan software desain arsitektur yang baik yang juga mampu meningkatkan kemampuannya dengan menambahkan plugin.

Download TAD Designer langsung dari situs resminya.

SeismoBuild
Software Untuk Menghapus Objek Pada Foto Atau Gambar 4 software desain arsitektur gratis terbaik untuk windows

SeismoBuild merupakan satu lagi software desain arsitektur gratis untuk Windows. software ini terutama dipakai untuk merancang arsitektur bangunan yang dapat menahan gempa bumi.

Untuk mendesain struktur bangunan, kamu perlu menggunakan bagian Pemodelan Bangunan. Di bagian ini, kamu mendapatkan berbagai jenis kolom, dinding, balok, parameter, dll. Untuk membangun struktur barebone bangunan. Plus, berbagai alat bantu yaitu, Pilih elemen, Pindahkan elemen, Rotate elemen, Zoom in / out, Hapus Elemen, dll juga hadir di toolbar. Dengan bantuan mouse dan alat bantu kamu, pilih elemen struktural (balok, kolom, dll.) Dan letakkan di atas kanvas untuk mendesain struktur bangunan. Setelah mendesain bangunan selesai, kamu dapat langsung melihatnya dalam 3D dengan masuk ke View> view 3D model. Setelah melihat pratinjau model 3D, buka menu File dan pilih Keluar dan buat opsi model 3D. Opsi ini akan membuat model 3D dan mengembalikan kamu ke antarmuka utama software ini.

Pada antarmuka utama, kamu mendapatkan fitur yang lebih berguna seperti Persyaratan Kode (untuk mengubah struktur sesuai dengan kode perancangan bangunan yang berbeda seperti Eurocode 8, NTC-08, dll.), Analisis Eigenvalue dan Analisis Pushover (untuk menganalisis kekuatan struktural dari desain), dan Laporan (untuk melihat laporan terperinci tentang setiap elemen struktur bangunan), dll. Setelah seluruh analisis, kamu dapat menyimpan desain bangunan akhir sebagai Gambar CAD, dan sebagai model SeismoBuild. Namun, SeismoBuild versi gratis ini hanya memungkinkan kamu menyimpan laporan dan model 3D dari lantai pertama bangunan. Untuk menghapus pembatasan ini, kamu perlu membeli software ini.

Download SeismoBuild langsung dari situs resminya.

DreamPlan
Software Untuk Menghapus Objek Pada Foto Atau Gambar 4 software desain arsitektur gratis terbaik untuk windows

DreamPlan merupakan software desain arsitektur gratis untuk Windows. Dengan menggunakan software ini, kamu dapat dengan mudah mendesain arsitektur rumah. Bukan hanya arsitektur rumah saja, tetapi kamu juga bisa mendesain interior rumah kamu, sekitar rumah, dll untuk membangun model 3D lengkap rumah idaman kamu. kamu juga dapat membangun dan melihat arsitektur rumah dalam mode 2D juga. Dari menu Tampilan, kamu dapat langsung beralih antara tampilan 3D, 2D blueprint, and 2D render views. software ini menyediakan berbagai bagian khusus untuk merancang arsitektur berbagai aspek rumah yaitu, Building, Exterior, Interior, Decks, and Landscaping.

Mari kita lihat masing-masing bagian ini.

Building: Menggunakannya, kamu dapat menentukan lokasi dinding, jendela, pintu, langit-langit lantai, tangga, atap, dll. Plus, kamu juga dapat menentukan dimensi (ketebalan, lebar, tinggi, dll.) Dari dinding, pintu, jendela, dll.
Interior: Dari sini, kamu dapat dengan mudah menambahkan berbagai jenis Lemari, Furnitur, Peralatan, Elektronik, Pencahayaan, dll. Ke interior rumah.
Exterior: Dengan menggunakan opsi ini, kamu dapat merancang dan mendesain lingkungan rumah dengan menambahkan Tanaman, Pencahayaan, Jalur, Kolam, Pagar, dll. Ke arsitektur rumah. Plus, dimensi yang tepat dari setiap elemen eksterior juga dapat ditentukan.
Decks: Gunakan ini untuk menempatkan decking, pagar dek, pijakan deck, dll. Plus, dimensi setiap elemen dek juga dapat ditentukan seperti Tinggi, Pasca Jarak, Ukuran Kaki, dll.
Landscaping: Ini menyediakan alat untuk meningkatkan medan, medan bawah, pemasangan furnitur luar ruang, dll. Namun, banyak alatnya terkunci dalam versi gratis ini.

Baca juga: Aplikasi desain rumah interior eksterior di windows 10

Seiring dengan semua alat perancang arsitektur yang penting ini, kamu juga mendapatkan fitur Kontrol Kamera, sehingga kamu dapat dengan mudah melihat arsitektur rumah dari setiap sudut. Plus, beberapa alat tambahan seperti zoom in, zoom out, level up, level down, untuk membantu dalam melihat arsitektur dengan benar. Setelah selesai, kamu dapat menyimpan desain sebagai screenshot, PDF, dan sebagai format proyek DDP.

Download DreamPlan langsung dari situs resminya.