Xiaomi redmi note 4 chipset Helio mediatek vs qualcomm snap dragon mana yang lebih baik?

Saat ini xiaomi sudah mengeluarkan variant terbaru yaitu xiaomi redmi note 4, ada 2 macam kategori xiaomi redmi note 4, yaitu yang memakai Chipset Mediatek Helio X20 dan yang satu lagi menggunakan chipset qualcomm Snapdragon 625.


Hadirnya dua jenis chipset pada peragkat degan versi sejenis akan menciptakan pengguna resah untuk menentukan, setidaknya akan mempertimbangkan mana yang lebih baik diantara kedua chipset tersebut. apakah xiaomi dengan chipset helio mediatek atau xiaomi cualcomm snap dragon.

Jika dilihat dari history, jelas chipset qualcomm snap dragon, mempunyai pengalaman yang jauh sehingga tidak heran dari sisi fitur dan teknolgi chipset cualcomm snap deragon jauh lebih mumpuni bila dibandingkan dengan chipset helio mediatek yang terbilang sebagai sebuah chipset yang masih sangat baru di dunia perangkat mobile.

Xiaomi redmi note 4 chipset Helio mediatek vs qualcomm snap dragon mana yang lebih baik?


Dulu saya sebelum menetapkan untuk membeli xiaomi redmi note 4, memang dibingungkan ketika dihadapkan untuk memilih 2 kategori chipset ini, namun kesannya aku memutuskan memilih redmi note 4 dengan chipset mediatek dengan alasan keterbatasan dana pada waktu itu, tanpa memikirkan kelebihan dan kekurangannya,  karena xiaomi redmi note 4 dengan chipset mediatek sedikit lebih murah kalau dibandingkan dengan xiaomi redmi note 4 yang memakai chipset cualcomm snap dragon.

Walupun dari awal aku sudah diwanti-wanti oleh teman yang memahami masalah perangkat smartphone, bahwa mediatek rumornya cepat panas, aku memberanikan diri untuk membelinya dan mengunakannya hingga sekarang dengan rasa puas lantaran ternyata tidak seburuk apa yang rumorkan.

Tapi jikalau dilihat mana yang lebih bagus antara xiaomi redmi note 4 yang memakai chipset mediatek atau qualcomm snap dragon. untuk itu saya akan coba menguraikan perbandingan kedua chipset tersebut terutama untuk xaiaomi redmi note 4.

Xiaomi redmi note 4 chipset Helio mediatek vs qualcomm snap dragon mana yang lebih baik?

Untuk membandingkan kedua perangkat berbeda chipset tersebut aku akan memakai ukuran  skor antutu banchmark dengan hasil sebagai berikut:

Namun perlu  diingat, bahwa benchmark skor tidak mampu benar-benar 100 persen mencerminkan kinerja chipset bekerjsama, benchmark skor memang dipercaya dan sering dijadikan alat ukur mana lebih unggul diantara kedua chipset yang berbeda.

Sisi kinerja kecepatan processor

Untuk kinerja kecepatan processor berdasarkan hasil yang diinformasikan oleh antutu benchmark, yang menjadi pemenangnya adalah xiaomi redmi note 4 dengan chipset mediatek, dengan hasil seolah-olah gambar di bawah ini:


Jelas kelihatan jauh berbeda chipset helio x20 seakan-akannya jauh lebih unggul dibandingkan dengan snapdragon 625, ini menandakan helio lebih cepat secara kinerja apalagi didukung dengan memory 3GB, membuat perangkat semakin handal saja.

Selain itu, untuk analisa ukuran efesiensi  kerja Xiaomi redmi note 4 dengan chipset Snapdragon 625 yang didukung 8 CPU-Core bersamaan dengan proses manufaktur 14nm, menciptakan baterai 4100mAh jika diamati secara kasat mata, seakan-akannya akan lebih kekal  Snapdragon. Namun sesuai perhitungan, MediaTek Helio X20 yang dilengkapi dengan tri-cluster architecture dan 20nm proses manufaktur, membuat kedua perangkat beda chipset tersebut sama-sama efisien.

Perbandingan Harga Xiaomi redmi note 4 chipset helio mediatek vs qualcomm snapdragon

Mengenai perbandingan harga, ternyata dipasaran chipset qualcomm snap dragon lebih mahal jika dibandingkan dengan xiaomi redmi note 4 dengan chipset helio mediatek. walaupun kalau dilihat dari kinerja processor lebih unggun xiaomi redmi note 4 dengan chipset helio mediatek.

Yang menciptakan mahal kemungkinan besar dari qualitas kedua chipset tersebut, memang banyak yang beranggapan bahwa qualcomm senap dragon lebih baik memiliki daya tahan apalagi chipset yang satu ini merupakan chipset yang sudah berpengalaman yang banyak digunakan oleh merk-merk hp populer yang merajai pasar penjualan dunia. sdangkan mediatek masih dianggap sebagai chipset gres yang sedang mengembangkan sayapnya untuk membuktikan dan berperan sebagai chipset terbaik.

Untuk harga xiaomi redmi note 4 sebagai berikut:
Xiaomi redmi note 4 yang menggunakan chipset qualcomm snapdragon dibandrol dengan harga kisaran 2,5 juta, sedangkan yang memakai chipset helio mediatek diandrol dengan harga 2,2 juta, perbedaannya kurang leih hanya 2 ratusan lebih atau kurang.

Temparatur

Dari awal ketika aku memutuskan ingin membeli hp xiaomi redmi note 4, aku sempat menerima rumor bahwa smartphone dengan chipset mediatek memang dikabarkan cepat panas jika dibandingkan dengan xiaomi yang memakai chipset qualcomm snap dragon, bahkan jauh ketika abad chipset mata-mata pun qualcomm paling banyak direkomendasikan karena perangkat dengan chipset qualcomm dikenal tidak menciptakan perangkat cepat panas.

Itu memang benar, seakan-akan yang pernah saya sebutkan di artikel sebelumnya mengenai 5 kelemahan xiaomi redmi note 4 mediatik, salah satunya disebutkan bahwa memang benar setelah menjadi pengguna xiaomi redmi note 4 chipset mediatek, hp sangat mudah panas, dan naiknya temperator terkadang membuat baterai boros.

Tapi permasalahan temperatur pada xiaomi redmi note 4 dan juga permasalahan lainnya mampu teratasi setelah melaksanakan update xiaomi miui ke versi 8.2.1.0, perangkatpun menjadi lebih stabil tidak simpel panas dan bateraipun cukup baka.

Xiaomi redmi note 4 layak untuk dibeli

Swerr deh gan, sehabis menjadi penggunanya beberapa bulan dan sehabis melakukan update miui ke versi 8.2.1.0, saya langsung semakin puas dengan kinerja xiaomi redmi note 4 milik saya, walaupun perangkat masih memakai chipset mediatek, bug dan juga permasalahan ketika pertama membelinya juga saat ini sudah hilang, perangkat menjadi stabil, baterai cukup kekal, tidak simpel panas dan bug-bug yang awalnya aku alami yang sempat membuat aku ingin membating hp tersebut dan ingin menjualnya kembali sudah clear, dan hp semakin ok.

Jadi untuk anda yang memiliki harapan ingin membeli hp xiaomi redmi note 4 saya sangat rekomendasikan, manis dan cukup memuaskan, namun hati-hati jangan sampai salah pilih jenis rom xiaomi (pilih rom global official), dan jangan hingga salah pilih garansi produk, pilih garansi resmi kalau ada,  bila punya cukup dana saya lebih menyarankan menentukan produk xiaomi dengan qualcomm snapdragon, semoga kinerja hp anda lebih mantap, secara gitu lho.. chipset qualcomm snap dragon benar-benar sudah terbukti handal.

Untuk anda yang ingin membelinya baik gres atau bekas, setidaknya anda bisa baca mengenai 4 tips penting sebelum membeli hp xiaomi semoga anda tidak dirugikan, hati-hati saja gan, lantaran produk xiaomi ini sedikit berbeda dengan brand hp kebanyakan, jika kurang isu anda kemungkinan mampu kecewa.

Itulah sekelumit info mengenai perbandingan Xiaomi redmi note 4 chipset Helio mediatek vs qualcomm snap dragon, untuk mengetahui mana yang lebih baik, silahkan pertimbangkan saja.