Pengenalan dan Perkembangan Jaringan Komputer

Pengenalan dan Perkembangan Jaringan Komputer - Jaringan komputer dapat diartikan sebagai sebuah rangkaian yang terdiri dari dua atau lebih komputer. Komputer-komputer ini akan dihubungkan satu sama lain dengan sebuah sistem komunikasi. Dengan jaringan komputer ini, setiap pengguna komputer yang terjaring di dalamnya akan dapat saling tukar-menukar data, acara, dan sumber daya komputer lainnya. (Baca : Apa Itu Komputer, pengertian atau definisi Komputer ?)

Jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer pada lokasi berbeda dapat dimanfaatkan untuk mengirim surat elektronik (email), mengirim file data (upload), dan mengambil file data dari tempat lain (download), serta banyak sekali kegiatan akses gosip pada lokasi yang terpisah.

Supaya mendapat tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer akan meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang akan meminta/mendapatkan layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini dikenal dengan sistem Client-Server dan digunakan hampir seluruh jaringan komputer. (Baca Juga : Mengendalikan Android Dari Komputer

Perkembangan Jaringan Komputer

Sejarah jaringan komputer global/dunia dimulai pada tahun 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Project Agency (DARPA) memutuskan untuk mengdakan riset mengenai bagiamana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan acara email yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program email ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama ikon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau "pada". Tahun 1973, jaringan komputer ARAPANET mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika, yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer, yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar dan menjadi cikal bakal pemikiran International Network (Internet).

Baca Juga : Cara Mengirim Email Lewat Yahoo

Ide tersebut dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. Hari Bersejarah berikutnya merupakan tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan email dari Royal Signals dan Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, lebih dari 100 komputer sudah bergabung di ARPANET sehingga membentuk sebuah jaringan atau network.

Pda tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Di tahun 1981, France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telepon televisi pertama sehingga orang bisa saling menelepon sambil berhubungan dengan video link.

Baca Juga : Sejarah Hidup Penemu iPhone, Apa Saja Ditemukannya ?

Karena komputer membentuk jaringan semakin hari semakin banyak maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang disayai semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control protocol atau TCP dan IP yang kini kalian kenal. Sementara itu, di eropa telah muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, merupakan jasa jaringan komputer di negeri Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa email dan newsgroup USENET. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada maka pada tahun 1984 diperkenalkan Domain Name System, yang kini kalian kenal dengan DNS. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer, kemudian pada tahun 1987, jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih.

Baca juga : Cara Men-ShutDown-kan Komputer Dengan Baik

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC (Internet Relay Chat). Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. tak kurang dari 100.000 komputer pada ketika itu telah membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 merupakan tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan acara editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya dalam jaringan itu. Program Inilah disebut WWW atau World Wide Web.


Jenis-Jenis Jaringan

- Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/Data.

Jaringan Terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer client dan server. Pada  jarinagn terpusat, komputer client berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber gosip/data yang berasal dari satu komputer server.


Jaringan Terdistribusi
Jaringan terdistribusi merupakan perpaduan antara beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan client yang membentuk sistem jaringan tertentu.



- Berdasarkan Jangkauan Geografis

Jaringan LAN (Local Area Nettwork)
Jaringan LAN merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam csayapan, misal laboratorium, kantor, serta dalam 1 warnet.


Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)
Jaringan MAN merupakan jaringan yang mencsayap satu kota besar, beserta daerah setempat, misal jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.


Jaringan WAN (Wide Area Network)
jaringan WAN merupakan jaringan dengan csayapan seluruh dunia, misal PT. Telkom, Pt. Indosat, serta jaringan GSM Seluler mirip Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.


- Berdasarkan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data

Jaringan Client-Server

Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. komputer ini akan berubah-ubah menjadi komputer server ataupun menjadi komputer client melalui software jaringan pada protokolanya, komputer client berfungsi sebagai perantara untuk mengakses data pada komputer server, sedangkan pada komputer server menyediakan gosip yang diharapkan komputer client.


Jaringan Peer To Peer

Pada jaringan ini tidak ada komputer client ataupun komputer server karena semua komputer dapat melsayakan pengiriman ataupun penerimaan gosip sehingga semua komputer berfungsi sebagai client, sekaligus server.


- Berdasarkan Media Transmisi Data

Jaringan Berkabel (Wired Network)
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain, diharapkan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi untuk mengirim gosip dalambentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
Jaringan Nirkabel merupakan jaringan dengan medium gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diharapkan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal gosip antar komputer jaringan.


-Berdasarkan Topologi


Topologi Bus
Topolgi Bus menghubungkan komputer satu dengan lainnya secara berantai dengan perantara suatu kabel yang umumnya berupa kabel tunggal jenis koaksial (coaxial). Semua komputer dapat dihubungkan secara seri menggunakan kabel tersebut. Topologi bus umumnya tidak menggunakan suatu peralatan aktif untuk menghubungkan komputer. Oleh karena itu, pada ujung-ujung kabel koaksial harus ditutup dengan tahanan untuk menghindari pantulan yang dapat menimbulkan gangguan sehingga menyebabkan kemacetan jaringan.


Keunggulan topologi bus merupakan pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru yang dapat dilsayakan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain. Kelemahan dari topologi ini merupakan bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.

Topologi Bintang/Star
Topologi star merupakan topologi jaringan yang paling sering digunakan. Pada topologi star, kendali akan terpusat dan semua link harus melewati pusat untuk menyalurkan data tersebut ke semua simpul atau komputer komputer yang dipilihnya. Simpul pusat disebut dengan stasiun primer atau server dan bagian lainnya disebut dengan stasiun sekunder atau client.

Pada topologi star, koneksi yang terganggu antara satu node dan Hub tidak akan mempengaruhi jaringan. Jika Hub terganggu atau rusak maka semua node yang dihubungkan ke hub tersebut tidak dapat saling berkomunikasi. Node merupakan titik suatu koneksi atau sambungan dalam jaringan, sedangkan hub berfungsi untuk mendapatkan sinyal-sinyal dan meneruskan ke semua komputer yang terhubung dengan Hub.



Topologi Cincin
Jaringan dengan topologi cincin atau Ring akan mirip dengan topologi bus, tetapi setiap ujungnya akan saling berhubungan membentuk suatu lingkaran. Topologi ring menghubungkan node-node pada jaringan dengan bentuk lingkaran, merupakan setiap node akan dihubungkan dengan node berikutnya. Node terakhir akan dihubungkan dengan node pertama. Setiap node akan memeriksa data yang akan dikirimkan melalui jaringan. jikalau data (yang disebut dengan token) tidak dialamatkan pada node yang dikunjungi maka data akan berpindah ke node berikutnya.


Topologi Mesh
Jaringan dengan topologi Mesh masih mempunyai jalur ganda setiap perangkat pada jaringan, mirip pada gambar diatas. Semakin banyak jumlah komputer pada jaringan maka semakin sulit cara pemasangan kabel-kabel pada jaringan tersebut karena jumlah kabel -kabel yang harus dipasang menjadi berlipat ganda.



Topologi Tree
Topologi Tree merupakan kombinasi kminuman beralkoholteristik antara topologi dan topologi bus. Topologi pohon terdiri atas kumpulan topologi star yang dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain dihubungkan sebagai jalur tulang punggung (backbone) yang mempunyai topologi bus.



Demikianlah postingan wacana Pengenalan dan Perkembangan Jaringan Komputer , semoga bermanfaat.