Cara Submit Sitemap Ke Google Dan Bing

Cara Submit Sitemap Blog Ke Google Dan Bing - Sesudah mendaftarkan url blog ke Google, maka langkah yang mesti dikerjakan berikutnya merupakan mengirimkan peta situs atau sitemap ke Google Webmaster Tools. Langkah ini perlu dilanekan supaya kita bisa melihat kondisi kesehatan blog, karena dengan mensubmit peta situs blog kita bisa mengetahui seberapa banyak backlink yang mengarah ke blog atau website kau, mengetahui banyaknya error yang terjadi blog kau, apa-apa saja queri yang mengarah ke blog. Seberapa banyak jumlah postingan yang sudah terindeks google, duplikat deskripsi, dan lain sebagainya. (Baca juga Cara Gampang Memaksimalkan Alat Webmaster Google ).

Sitemap atau Peta Situs merupakan sebuah berkas dalam format xml yang menjabarkan ihwal struktur url dalam sebuuah blog atau website yang kau miliki, site map dibuat berdasarkan regulasi standar dalam aturan penulisan format xml, untuk sebuah blog atau website yang platformnya blogspot kita tak harus bersusah payah untuk membuat sitemap secara manual, dikarenakan blogspot sudah melanekan generate dan menupdate sitemap dengan otomatis setiap dikala kita telah selesai mempublikasikan sebuah postingan. Untuk website yang sub domain blogspot kau bisa melihat sitemap blog kau, dengan mengakses laman nama_blog.blogspot.com/xml silahkan kau unduh untuk mengetahui strukturnya.

Peta situs atau sitemap wajib kau lanekan submit dengan cara manual ke mesin pencari google, sebaiknya dikala blog pertama kali dibuat dan artikel pertama kau dipublikasikan yang wajib pertama kali kau kerjakan merupakan melanekan pendaftaran blog ke msin pencari yang paling terutama melanekan pendaftaran blog ke Google Webmaster Tools atau Search Console dan Bing Webmaster tools, lalu melanekan submit sitemap blog ke mesin pencari dengan menggunakan fitur-fitu yang ada pada tools tersebut, ini bertujuan supaya mesin pencari bisa lebih cepat mengtahui atu mengenali hal-hal apa saja yang harus dilanekan crawl atau ditelusuri dalam blog atau situs kau, dengan begitu artikel blog lebih mudah diindeks oleh mesin pencari, semakin besar cepat diindeks semakin besar pula kesempatan postingan blog atau situs akan terbit di halaman penelusuran mesin pencari atau SERP akan makin cepat, dan makin banyak diindeks maka postingan blog yang bersangkutan akan mudah ditelusuri  mesin pencari. Baca Juga : 10 Postingan yang Sering Di Googling

Cara Submit Sitemap atau Peta Situs di Google Webmaster Tools (GWT)

Search Console atau Google Webmaster tools merupakan sebuah fitur layanan web untuk webmaster yang berguna untuk melihat interkasi antara robot mesin pencari dan blog atau website yang kau miliki, peta situs sangat harus disubmit ke mesin pencari google, dialasannyakan google merupakan mesin pencari yang palling banyak diguankan di dunia, untuk memanfaatkan tools ini, blog atau website harus didaftarkan lebih dulu ke GWT, lalu kita lanekan submit sitemap blog atau situs yang kita miliki, ini cara-cara melanekan submit peta situs blog atau website ke Seach Console :

1. Langkah pertama, kau masuk ke anen Google Webmaster Tools

2. Apabila blog kau belum didaftarkan, kau daftarkan terlebih dahulu blog kau ke Google Webmaster tools atau Search Console,

Salah satu syarat mendaftar google webmaster kau sudah ada email google (gmail).

3. Sesudah sukse didaftarkan, di halaman depan anen google webmaster tools atau search console kau, kau klik nama blog yang akan didaftarkan.

4. Di halaman berikutnya, pada menu sisi kiri, kau pilihlah menu Perayapan> Peta situs




5. Lalu, kau lihat sudut kanan atas, Tambahkan/Uji Peta Situs




kau tuliskan atau ketikkan sitemap.xml pada kotak yang telah disediakan di webmaster, lalu kau tekan klik tombol Submit Sitemap 

5. kau reload peramban kau, bila sudah berhasil dilanekan maka sitemap yang sudah kau masukkan supaya dapat ditelusuri oleh mesin pencari google.

Baca Juga : Cara Mudah Melihat Pencarian Google Terbaru


 Cara Submit Peta Situs di Bing Webmaster Tools

Bing merupakan salah satu mesin pencari yang cukup terkenal setelah google, mesin pencari dimiliki oleh microsoft yang bekerjasama dengan yahoo, bing dan yahoo mempunyai kebijakan yang sama dalam hal aturan, peta situs blog sangat penting disubmit di mesin pencari bing webmaster tools, dikarenakan pengguna bing yang cukup ramai, blog kalai memiliki peluang mendapatkan visitor dalam search engine ini, dan berikut ini cara-cara melanekan submit ke bing webmaster tools. 

Inilah cara-cara mensubmit peta situs blog ke bing webmaster tools  berikut ini :

1. Silahkan kau buka url ini http://www.bing.com/

2. Apabila kau belum terdaftar, silahkan kau daftarkan blog ke bing webmaster tools, kau akan diminta untuk membuat anen email outlook microsoft.

3. Setelah kau selesai mendaftarkan blog kau, dan kau sudah berada di halaman depan anen bing kau, silahkan nama blog pada daftar tampil.

4. Pada halaman berikutnya, pada menu sisi kiri silahkan kau pilihmenu dashboard -> Configure My Site-> Sitemap.

5. Pada kotak input untuk submit peta situs, kau ketikkan  http://namablog.blogspot.com/ contohnya saja admin, tuliskan https://www.serhamo.net/ atau bila blog kau tidak hosted goole silahkan kau masukkan url sitemap situs kau berada.

Cara Submit Sitemap Blog Ke Google Dan Bing Cara Submit Sitemap  Ke Google Dan Bing


6. Langkah keenam, kau tekan tombol submit, reload peramban kau gunakan.

Sampai langkah diatas, kau sudah berhasil melanekan submit sitemap di bing webmaster tool dan, dengan mendaftarkan blog kau mempunyai kesempatan untuk keluar di mesin pencari yahoo dan bing.

Sekian artikel ane ihwal Cara Submit Sitemap Blog Ke Google Dan Bing , semoga bermanfaat. Baca Juga : Hal-hal Yang Bisa Meningkatkan Visitor Blog