Cara mudah update xiaomi via OTA (Over the air) melalui jaringan internet

Setelah  sebelumnya aku merelease wacana update rom xiaomi redmi note 4 ke miui versi 8.2.1.0 atasi bug, ternyata banyak yang bertanya mengenai bagaimana langkah-langkah cara melakukan update. kemungkinan besar masih banyak pengguna xiaomi yang benar-benar tidak tahu bagaimana cara melaksanakan update.

Update xiaomi sesungguhnya sangat simpel, update mampu dilakukan melalui beberapa cara, cara yang pertama bisa dilakukan melalui OTA (Over the air) cara kedua melalui flashing ulang (kalo di komputer flashing bisa diartikean instal ulang sistem), cara ketiga melalui update via uplokasi updater namun file update harus didownload secara manual.

Update via ota khusus hanya bisa dilakukan untuk pengguna xiaomi dengan rom stable baik stable global (global official) maupun cina stable (cina official), juga rom developer (beta) sedangkan untuk hp xiaomi dengan rom agen tidak bisa melakukan update via OTA.

cara update xiaomi via OTA


Sedangkan update melalui flashing, biasanya dilakukan untuk hp xiaomi yang ingin mengganti jenis rom, misal dari rom cina ke rom global atau dari rom agen ke rom stable atau official, atau karena rom yang digunakan ialah rom distributor.

Tapi update yang paling cepat, kondusif dan praktis tentu saja update via OTA, update via OTA mampu dilakukan melalui aplikasi updater / pembaharuan bawaan dari smartphone xiaomi.

Karena masih banyak yang ragu-ragu untuk melakukan update dan masih belum tau, di artikel kali ini aku akan uraikan langkah-langkah bagaimana cara melaksanakan update miui xiaomi melalui OTA dengan menggunakan aplikasi updater / pembaharuan bawaan dari xiaomi.

Cara Mudah update miui xiaomi via OTA (Over the air) melalui jaringan internet

Salah satu cara praktis untuk melakukan update xiaomi ialah update melalui OTA dengan kontribusi aplikasi updater milik xiaomi, cara ini hampir bisa dilakukan untuk semua versi xiaomi, tapi akungnya cara ini hanya bisa dilakukan untuk xiaomi dengan versi rom sebagai berikut:

Jenis rom hp xiaomi yang mampu melaksanakan update via ota:
  • HP xiaomi dengan rom stable (stable cina /cina official, maupun stable global / global official)
  • HP xiaomi dengan rom developer (developer cina  maupun developer global) / rom beta.

Sedangkan untuk smartphone xiaomi yang kebetulan menggunakan rom jenis biro, maka tidak mampu melaksanakan update xiaomi via OTA.


Jadi sebelum melaksanakan update anda harus mengenal jenis rom yang dimiliki xiaomi, jika xiaomi anda kebetulan menggunakan rom di atas, maka silahkan lakukan update.

Persiapan sebelum melakukan update 

Melakukan update jangan hingga gagal, lantaran kalau gagal ditengah jalan bisa mengakibatkan hp bermasalah seakan-akan bootloop dan lain sebagainya, untuk menghindari permasalahan maka persiapan sebelum melakukan update yang harus anda perhatikan ialah sebagai berikut:

1. Pastikan baterai hp xiaomi anda full atau hp dalam keadaan terhubung pada sambungan daya listrik, ini untuk memastikan agar tidak terjadi gagal update karena hp mati.

2. Jika kapasitas update besar, disarankan menggunakan WI - FI semoga quota anda tidak jebol ....xixi.

3. Pastikan kecepatan jaringan WI-FI stabil.

Langkah-langkah update xiaomi via OTA



Langkah-langkah untuk melakukan update / upgrade miui via ota ialah sebagai berikut:

1. Pastikan HP xiaomi sudah terhubung ke jaringan wifi
Perlu memakai jaringan wifi, lantaran biasanya proses update akan didahului melaksanakan download file update terlebih dahulu yang kapasitasnya mampu lebih dari 1 GB.

2. Pastikan pengaturan update melalui wifi aktif 
Silahkan buka aplikasi updater / pembaharuan di hp xiaomi anda, lalu pilih menu 3 titik di pojok kanan atas, kemudian pilih menu settings / setelan > lalu pada hidangan cek update via wi-fi only, pastikan dalam keadaan aktif.

3. Cek file update
Sebelum melakukan update, silahkan cek, apakah xiaomi untuk versi rom yang anda gunakan sudah mempunyai update terbaru atau belum!. Untuk melakukan cek update silahkan buka aplikasi updater, kemudian tekan tombol cek update.  pastikan versi update sudah tersedia. kalau belum silahkan cek di hari-hari berikutnya.

4. Lakukan Download file update.
Setelah melakukan cek update jika file update sudah tersedia, silahkan lanjutkan dengan menekan tombol download update hingga 100%, lamanya proses download sangat dipengaruhi oleh kecepatan jaringan, semakin cepat maka downloadpun akan semakin cepat. fili update yang harus didownload biasanya bisa lebih dari 1 GB, jadi pastikan koneksi stabil.

downloading file update xiaomi


Download terkadang bisa memakan waktu berhari-hari, seakan-akan apa yang saya alami, download jika belum tamat akan dilanjutkan tanpa harus mendownload lagi dari awal.

Tunggu proses download hinga download 100%.

5. Lakukan proses update sampai selesai.
Masih di aplikasi updater bawaan xiaomi, kalau hasil download sudah 100%, maka nanti akan aktif tombol start update. silahkan tekan saja tombol start update tersebut.



Ketika proses update, hp xiaomi anda akan melaksanakan restart yang dilanjutkan dengan proses update, proses update biasanya memakan waktu 30 menit sampai 1 jam, jadi pastikan daya hp anda berada di kisaran 70% ke atas, atau disarankan daya dalam keadaan terhubung.

Tunggu proses update hingga akhir, bila selesai perangkat akan melakukan restart ulang dan hp xiaomi anda akan menyala dengan sistem yang baru.



Update via ota jikalau berhasil biasanya akan menghilangkan dan mengatasi bug-bug yang sebelumnya sering muncul di hp xiaomi, biasanya hp xiaomi akan lebih stabil dan tidak akan menganggu kinerja 4G, jikalau kebetulan hp xiaomi anda mendukung 4G LTE.