Solusi gagal update rom xiaomi (tidak dapat verifikasi pembaharuan / can't verify update)

Hampir di semua brand hp berbasis android pada umumnya selalu menyajikan update sistem secara periodik, notifikasi update biasanya akan muncul jikalau developer untuk perangkat yang bersangkutan telah merelase secara resmi file sistem update terbaru, update dibuat dengan tujuan untuk memperbaiki bug-bug yang terdapat pada sistem.

Karena tidak jarang walaupun perangkat hp telah direlease kepasaran, banyak ditemukan bug yang terkadang menciptakan sistem tidak stabil. untuk memperbaiki bug yang ditemukan maka developer terus melakukan perbaikan sistem dengan menyajikan sistem update yang mampu didownload dan diinstal untuk upgrade perangkat.



Di xiaomi sendiri untuk semua versi hp xiaomi,  terutama xiaomi dengan rom stable (cina official dan global official) dan xiaomi dengan rom developer, update biasanya bisa dilakukan via OTA (On the air)  yang dapat dirposes melalui aplikasi updater bawaan xiaomi secara mudah.

Seperti yang pernah aku jelaskan di artikel sebelumnya wacana update miui xiaomi redmi note 4 MTK ke versi rom 8.2.1.0,  dikala melaksanakan update via OTA, biasanya aplikasi updater akan melakukan download file update terlebih sampai 100%, kemudian sehabis download simpulan, aplikasi updater xiaomi secara otomatis akan melakukan proses update, proses update biasanya memakan waktu cukup, oleh karena itu supaya update berjalan lancar pastikan hp terisi daya yang cukup dan terhubung ke internet.

Walaupun update miui xiaomi sesungguhnya sangat praktis dan mudah, sayangnya untuk beberapa perkara banyak yang mengalai proses update yang gagal, xiaomi tidak bisa melakukan update padahal file update sudah terdownload seluruhnya 100%.

Kasus gagal update pada hp xiaomi yang paling banyak ditemukan yaitu munculnya pesan kesalahan " Can't verivy update" atau tidak dapat verifikasi pembaharuan" sehingga update tidak diproses. pesan tersebut muncul walaupun update dilakukan via OTA.

Penyebab gagal update (tidak mampu verifikasi pembaharuan / can't verify update)

Tidak ada klarifikasi khsusus kenapa mampu terjadi gagal update walaupun update dilakukan via ota melalui aplikasi updater bawaan xiaomi. namun kemungkinan-kemungkinan terjadinya gagal update adalah sebagai berikut:

1. Jaringan internet yang anda gunakan untuk melakukan update tidak setabil, pastikan memakai wifi.

2. File hasil update ada yang corrupt atau rusak.
Ini mampu terjadi kalau jaringan internet yang anda gunakan tidak stabil.

3. Adanya modifikasi pada sistem xiaomi
Pastikan anda tidak pernah melaksanakan modifikasi pada sistem xiaomi, contohnya menghapus file sistem, mengganti font dan modifikasi lainnya.

4. Jika update via OTA tidak tersedia, kemungkinan hp xiami anda memakai rom biro.
Hp xiaomi yang mampu melaksanakan update via ota hanyalah hp xiaomi dengan rom stable dan juga rom developer.

Untuk menyampaikan solusi terhadap permasalahan gagal update tidak mampu verifikasi pembaharuan tersebut, maka di artikel kali ini aku akan coba menyampaikan solusi sederhana untuk mengatasinya, anda mampu coba semoga berhasil.

Solusi gagal update rom xiaomi (tidak dapat verifikasi pembaharuan / can't verify update)

Berikut beberapa solusi yang mampu anda coba untuk melaksanakan update yang gagal anda lakukan:

Cara ke 1 :
Silahkan coba untuk melaksanakan update ulang.

1. Pastikan hp sudah terhubung ke wifi.

2. Pastikan setingan updater benar.
  • Buka uplkasi updatert > pilih hidangan titik tiga di pojok kanan atas > pilih settings / setelan, pastikan pilihan menu periksa via wifi dalam keadaan aktif dan menu automatic update/pembaharuan otomatis off atau dalam keadaan mati.
3. Pastikan jaringan internet wifi stabil.

4. Silahkan lakukan dowload update dan rposes update seperti biasanya.


Cara ke 2:
Jika cara di atas masih juga belum berhasil di hp xiaomi anda, maka langkah terakhir yang mampu anda pilih adalah melakukan update secara manual. langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Download dulu rom xiaomi terbaru menggunakan komputer di sini
Pastikan anda mendownload versi rom yang sesuai dengan perangkat xiaomi yang anda gunakan

3. Rename file .zip hasil download
Setelah download berhasil silahkan rename file .......zip menjadi Update.zip, anda mampu juga mencobanya tidak melakukan perubahan nama, silahkan coba, semoga berhasil, walaupun beberapa pengguna gagal.

2. Simpan file Update.zip di memory internal hp xiaomi anda
Selanjutnya salin ke penyimpanan internal hp xiaomi anda, di luar saja jangan di dalam folder. silahkan restart ulang hp xiaomi anda.

4. Masuk ke aplikasi updater, kemudian klik sajian titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih sajian "Pilih paket pembaharuan / Choose update package, setelah itu, silahkan arahkan ke file update.zip yang anda simpan di memory internal hp xiaomi anda.

Silahkan ikuti langkah-selanjutnya xiaomi akan melakukan proses update, silahkan tunggu hingga akhir.

Beberapa pengguna xiaomi berhasil dengan cara kedua ini, semoga anda juga bisa berhasil.

Cara ke 3:
Jika cara ke kedua di atas tidak juga berhasil, maka cara ke 3 yang bisa anda coba yaitu melakukan flash ulang (instal ulang rom) dengan menggunakan Mi Flash tool.

Melakukan flash ulang dengan mi flash tool biasanya harus memakai bantuan komputer dan hp xiaomi ada harus ada dalam fast boot mode, aku tidak akan membahasnya disini dan belum menyajikan artikel cara melaksanakan miFlash, anda bisa cari bagaimana cara melakukan flash xiami menggunakan mi flash tool.

Cara ke 4:
Jika anda tidak berani melaksanakan fast boot mode, maka langkah terakhir yaitu anda bisa meminta bantuan jasa teknisi, silahakan minta untuk melaksanakan update.



Demikian artikel ihwal Solusi gagal update rom xiaomi (tidak mampu verifikasi pembaharuan / can't verify update), semoga membantu, dan update xiaomi anda berhasil.