Pengalaman memakai HP xiaomi redmi note 3 & 4, kelebihan serta kekurangannya!

Sebenarnya saya sendiri bukanlah penggemar xiaomi, tertarik untuk membeli xiaomi awalnya karena banyak rumor di luar sana yang beredar bahwa hp xiaomi ini bagus, diambah lagi di negerinya sempat mendapat kabar bahwa xiaomi menjadi salah satu hp terlaris bahkan mampu mengalahkan tingkat penjualan samsung yang pada waktu itu merajai pasaran cina.

Saya sendiri awalnya tidak tau apa yang membuat orang banyak yang mengklaim bahwa xiaomi itu anggun. namun lantaran ternyata banyak juga para penggemar gadget di indonesia ramai membicarakan xiaomi dan ramai pula mencari hp yang satu ini, maka akupun akhirnya tertarik untuk membelinya, padahal pada waktu itu perangkat xiaomi masih sulit kita mampukan dipasaran indonesia.

Pengalaman memakai xiaomi


Xiaomi pertama yang saya bel ialah xiami redmi 2, namun tidak mampu bertahan lama karena hp tersebut aku kasih pada kakak saya. berikutnya saya beli xiaomi redmi note 3 pro dengan chipset cualcomm, tapi sayang xiaomi redmi note 3 yang saya pilih menggunakan rom developer cina, jadinya aku sendiri direpotkan harus menginstal aplikasi google play sendiri secara manual, mengingat di xiaomi rom developer cina  diperuntukan untuk cina dan hanya menyediakan mi store sedangkan produk google tidak tersedia.

Xiaomi redmi note 3, berdasarkan saya sepesifikasi nya lumayan anggun, apalagi sudah support 4G, harganya pun terbilang cukup murah bila dibandingkan dengan brand hp lainnya dengan spesifikasi serupa.

Xiaomi redmi note 3 berdasarkan aku benar-benar ampuh dan nyaman, untuk chipset qualcomm sistem cukup stabil serta tidak simpel panas, bateraipun awet, tapi saya sempat terkendala dengan jaringan 4G yang tidak mampu dipakai, kabarnya sih lantaran adanya peraturan dari pemerintah ihwal TKDN (tingkat kandungan dalam negeri), bahwa hp yang di ekport dari luar harus mengandung TKDN jika tidak maka tidak mampu mengakses 4G.

Dengan membaca rujukan alhasil jaringan 4Gpun mampu bekerja dengan baik, walaupun tidak permanen dan harus selalu melakukan konfigurasi manual untuk mengaktifkan jaringan tersebut. Tidak bertahan lama jadinya aku pun menjual xiaomi redmi note 3 ke sahabat aku, sebab karena aku tertarik dengan xiaomi redmi note 4 yang pada waktu itu gres release.

Membeli HP Xiaomi Harus hati-hati jikalau tidak anda mampu dirugikan.

Saya baru tau bahwa membeli hp xiaomi itu harus hati-hati, lantaran bila tidak maka anda mampu dirugikan, dikarenakan hp xiaomi yang berada dipasaran indonesia tidak semuanya resmi, bahkan sebagian ada yang datang dari black market.

Berdasarkan informasi yang aku mampukan dari sahabat dan dari tumpuan internet, sebelum membeli hp xiaomi maka anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

Pilih garansi Resmi

Pastikan bahwa hp xiaomi yang anda akan anda beli memiliki garansi resmi, karena xiaomi dengan garansi agen resmi biasanya kualitasnya terjamin, anda juga sebenarnya mampu menentukan garansi distributor, namun anda harus selektif menentukan agen yang kredibilitas jika tidak kemungkinan hp xiaomi yang anda dapatkan xiaomi abal-abal.

Pilih ROM Stable

Perlu juga anda ketahui, xiaomi yang beredar di pasar indonesia mempunyai bermacam-macam rom atau firmware, rom itu semacam sistem operasi lah kalo diwindow. beberapa rom yang dimiliki xiaomi yang beredar di pasar indonesia adalah sebagai berikut:
  • ROM Stable cina official
  • Rom Stable Global official
  • Rom Developer cina
  • Rom Distributor abal-abal.
Pastikan rom xiaomi yang anda pilih bukan rom agen, dikarenakan rom biro biasanya sudah dimodifikasi dan tidak jarang didalamnya sudah diinjek dengan iklan sehingga terkadang xiaomi dengan rom jenis ini kadang suka ada muncul iklan tiba-tiba dikala dipakai tanpa anda kehendaki, bahkan beberapa sudah terpasang bloatware, aplikasi bawaan yang sulit di hapus.

Untuk diindonesia sih disarankan pilih xiaomi dengan rom stable global official, karena xiaomi rom jenis ini sudah diperuntukan untuk skala global, didalamnya sudah mengandung bahasa indonesia, dan sudah terinstal produk aplikasi google, xiaomi jenis ini siap dipakai tanpa harus anda instal-instal lagi.

Anda juga bisa memilih rom cina, namun anda harus menginstal aplikasi bawaan google seperti google playstore dan sahabatnya, juga anda hanya disajikan 2 pilihan bahasa, yaitu inggris dan cina. sedangkan rom developer cina ini juga mampu anda pilih, namun rom ini diperuntukan untuk pengujian fitur gres dari xiaomi dan status versinya akan beta selamanya walaupun sudah anda update.

Ini Pengalaman saya menggunakan xiaomi Redmi note 4

Berbekal gosip di atas karenanya aku membeli redmi xiaomi note 4 secara online dengan harga kisaran 2.160.000, alasan aku memilih xiaomi versi ini dikarenakan spesifikasinya yang lumayan tinggi, namun harganya cukup murah, sebagaian spesifikasi  yang saya minati yaitu sebagai berikut:
  • Ram: 3 Gb
  • Support 4G
  • Memory internal 64GB (menurut aku sangat besar)
  • Layar 5,5 inci, sangat ideal menurut aku, pas digenggaman tangan
  • Sudah suport fingger print
  • Kamera juga lumayan 
  • Desain elegan berdasarkan aku
  • Spesifikasi selengkapnya dan gambar bisa anda lihat di gmsarena.com, terlalu panjang kalo dijabarkan disini

Spesifikasinya tidak mengecewakan tinggi bukan, sayapun tertarik  untuk membelinya, karena keterbasan dana sementara perlu banget, balasannya menentukan xiaomi redmi note 4 dengan chipset mediatek dengan rom global official, namun garansinya agen terpercaya, sory aku lupa lagi nama garansinya.

Banyak yang menyarankan menentukan xiaomi redmi note 4 yang qualcomm, dikarenakan mediatek kabarnya cepat panas, karena terlanjur memelinya ya sudahlah kelebihan dan kekurangan yang ada aku telan saja, berhubung waktu itu dananya tidak cukup.

Ini Kelebihan xiaomi redmi note 4 berdasarkan aku

Pertama kali menggunakan xiaomi redmi note 4, aku benar-benar terkesan dengan desainnya, dan memang benar berbeda dengan brand hp lain baik dari sisi desain maupun fitur yang ada didalamnya, benar saja kenapa banyak yang  menyebut xiaomi dengan apple dari negeri tirai bambu memang pantas.

Kelebihan yang aku rasakan ketika menggunakan xiaomi redmi note 4 diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Desain elegan, relative sih, tapi aku suka
2. Tampilan higienis, mungkin lantaran masih baru
3. Main game berat, lancar jaya
3.  Kelebihan lainnya mampu dilihat di spesifikasinya.

Ini kekurangan xiaomi redmi note 4 ketika pertama kali digunakan

Sayangnya dibalik kelebihan, banyak terdapat kekurangan, terutama untuk hp dengan spesifikasi yang aku gunakan, yaitu xiaomi redmi note 4 mediatek dengan rom global official.

Kekurangan yang aku mampukan adalah sebagai berikut:

1. Kamera ngelag, saat kamera pertama kali digunakan ngelag dan sangat berat, namun ini mampu diatasi caranya bisa dilihat di sini.

2. Pemutar video ternyata ngelag juga, aku gres tau ketika sudah beberapa ahad dipakai, dikarenakan saat awal beli tidak pernah saya cek. ini juga mampu diatasi dan saya tulis di artikel cara mengatasi kamera dan video ngelag di xiaomir edmi note 4.

3. Suara ngeresek (sunda) berisik alias noise dan tersendat-sendat. ini sering muncul ketika hp dipakai untuk bermain game atau mendengarkan mp3.

4. Temparatur hp cepat panas dan baterai boros, ini mungkin akibat sistem xiaomi redmi note 4 menggunakan chipset mediatek dan sistem xiaomi yang masih banyak memiliki bug, sehingga menyebabkan termperatur hp cepat panas dan berakibat baterai boros, bahkan baterai tetap boros ketika hp tidak dipakai sama sekali.

Untuk hp xiaomi redmi note 4 mediatek yang aku gunakan, selain kelemahan di atas aku tidak menemukan kelemahan lainnya, dan untungnya kelemahan-kelemahan yang terdapat pada xiaomi redmi note 4 mediatek tersebut dapat di atasi dengan melaksanakan update xiaomi miui ke versi 8.2.1.0.


Itulah artikel wacana Pengalaman saya memakai xiaomi redmi note 3 & 4 kelebihan serta kekurangannya!, biar berita di atas mampu memberikan gosip bermanfaat untuk anda terutama saat anda tetapkan untuk membeli xiaomi.