Kenapa hp Android harus di root ?, ini alasanya!

Apa itu root ? tentu ini bukanlah istilah abnormal dikalangan para pecinta android, apalagi anda yang sering berkecimpung didunia oprek android, tapi saya yakin banyak pemula yang masih bertanya-tanya dan belum memahami root dan kenapa hp  android harus di root ?.

Sebelum aku jelaskan kau harus tau dulu apa itu root dan apa fungsi dari root itu sendiri?, root yaitu istilah yang sering kita dengar di dunia ponsel yang berhubungan dengan sistem operasi android. kalo di dunia IPhone root ini serupa dengan istilah jailbreak iphone, mungkin anda sudah tau!

seperti yang pernah dijelaskan di artikel sebelumnya perihal apa itu root android, perlu diketahui bahwa di dunia android, kata root itu sendri sebenarnya nama level kanal user yang yang mempunyai hak akses penuh terhadap sistem, kata root ini sama dengan level user yang sering digunakan di linux berhubung android sendiri merupakan pengembangan linux.

alasan kenapa melaksanakan root hp android


Dari kata itulah muncul istilah root yang mengacu kepada membuka kunci level user android yang memiliki hak akses penuh terhadap sistem, artinya jika anda mampu menjadi pengguna dengan level root ini anda mampu memodifikasi sistem android secara penuh sesuai dengan cita-cita anda.

Mengenal fungsi  root Android

HP android yang banyak beredar di pasaran hanya membuka level pengguna saja, sehingga si pengguna tidak mempunyai hak penuh terhadap perangkat dan mereka hanya bisa menginstal / memodifikasi dan melakukan konfigurasi sistem yang sudah disediakan saja tidak lebih.

Karena keterbatasan tersebut, banyak pengguna hp android yang merasa terbatasi, sehingga mereka berupaya membuka level root ini, fungsi dari root ini ialah biar si pengguna memiliki hak penuh terhadap perangkat android yang dimilikinya sehingga mampu memodifikasinya secara simpel, dan bukan hanya sebatas modifikasi saja, apapun mampu dilakukan terhadap sistem android miliknya.

Ini alasan kenapa HP Android harus di root? 

Sebenarnya memiliki akses level pengguna saja sudah cukup, terutama untuk anda yang hanya memfungsikan hp android untuk penggunaan secara umum, namun untuk beberapa alasan hp android terkadang harus di root karena kalo tidak di root si pengguna tidak bisa melaksanakan lebih terhadap hp miliknya.

Pada umumnya pengguna mengupayakan untuk melaksanakan root pada hpnya dengan alasan-alasan sebagai berikut:

1. Pengguna ingin menghapus iklan yang sering muncul di hp miliknya

Beberapa hp android ada room nya dimodifikasi oleh si biro dan terkadang sengaja disusupi iklan, iklan tersebut terkadang muncul menganggu ketika hp digunakan bahkan iklan sulit untuk dihapus oleh lantaran itu cara yang paling umum untuk menghapus iklan ialah melakukan root pada hp android miliknya, dengan keadaan hp di root si pengguna mampu memasang pembersih iklan yang umumnya memerlukan akses root ketika diinstal.

2. Pengguna ingin menghapus aplikasi bawaan (bloatware)

Perangkat android yang baru kita beli terkadang sudah diinstal aplikasi bawaan di dalamnya, namun sayangnya tidak semua aplikasi bawaan berguna, bahkan ada aplikasi bawaan yang sengaja dimasukan oleh biro untuk kepentingan tertentu, parahnya lagi aplikasi bawaan tersebut biasanya tidak bisa dihapus, bila berguna tentu tidaklah mengapa, namun kalau aplikasi tersebut kurang berfungsi dan jarang dipakai tentu hanya menambah kapasitas penyimpanan saja.

Salah satu cara untuk menghapus aplikasi bawaan tersebut yaitu dengan melaksanakan root hp android, dengan hp yang dalam keadaan di root maka apapun aplikasinya bisa dihapus dengan mudah. ini yang menjadi alasan kenapa pengguna mengupayakan untuk me root hp android miliknya.

3. Pengguna ingin membuat HP Android mampu menginstal aplikasi apapun

Alasan ke 3 kenapa banyak pengguna android melaksanakan root pada perangkatnya yaitu agar hp android miliknya bisa menginstal aplikasi apapun tanpa ada hampabatan.

Perlu diketahui bahwa tidak semua aplikasi android bisa diinstal secara mudah, sebagian ada yang memerlukan susukan root /super su untuk menginstalnya, jika hp android belum di root sementara ada aplikasi android yang diperlukan ingin diinstal namun memerlukan jalan masuk root maka terpaksa pengguna harus mengurungkan niatnya.

Dengan alasan tersebut banyak pengguna terpaksa melakukan root pada perangkat android miliknya, dengan hp android yang sudah di root, aplikasi apapun baik yang disediakan di google playstore maupun di sumber lainnya dapat diinstal tanpa ada kendala.

4. Pengguna ingin Meningkatkan Performa Sistem android semoga lebih baik.

Oh ya ternyata aneka macam aplikasi android yang mampu digunakan untuk meningkatkan performa sistem android sendiri, seakan-akan contohnya meningkatkan daya tahan baterai, meningkatkan kecepatan, melakukan overclocking dan lain sebagainya.

Tapi sayangnya aplikasi-aplikasi seakan-akan biasanya membutuhkan saluran root atau super su, artinya aplikasi tersebut gres mampu diinstal dan dijalankan di perangkat android kalau perangkat androidnya sudah di root. jika tidak aplikasi tersebut tidak mampu dijalankan.

5. Pengguna ingin Memasang Custom ROM

Apa itu custom room ?, custom rom adalah sistem android yang sudah dimodifikasi sehingga tampilannya lain dari biasanya dan performanya sudah lebih ditingkatkan, bila anda menginginkan tampilan hp android ingin berbeda dengan tampilan android pada umumnya dan lebih stabil, maka salah satu caranya melaksanakan instal ulang (flash) rom/firmware (sistem operasi android) dengan memilih custom rom.

Sayangnya untuk instal custom rom biasanya memerlukan akses root sehingga hp android harus dalam keadaan sudah di root jikalau meninginkannya.



Kesimpulan:

Sebenarnya masih banyak alasan kenapa hp android harus di root, yang harus diperhatikan adalah selain mempunyai kelebihan root juga bantu-membantu banyak memiliki kelemahan atau ancaman ancaman terhadap sistem, salah satunya ialah kehilangan garansi ,  jadi sebaiknya pikirkan untuk melaksanakan root android.

Baca : Kelemahan dan ancaman melakukan root android

Keputusannya terserah anda, jikalau root dirasa perlu maka silahkan di root, namun anda merasa cukup dengan hp android anda dalam kondisi saat ini tanpa root, maka root tidak perlu dilakukan.

Menurut saya eksklusif root lebih cocok untuk anda yang suka dengan hal-hal operk android dan untuk anda yang paham sistem android yang sanggup mengantisifasi kelemahan root itu sendiri, namun untuk pemula aku rasa jika tidak terlalu perlu lebih baik root android tidak dilakukan.


Demikian artikel mengenai alasan kenapa hp android harus di root, semoga gosip di atas bisa menambah wawasan anda mengenai ranah android.