Cara Mudah Menambahkan widget android di HP Xiaomi untuk pemula

Kali ini saya ingin menyampaikan tutorial tetang bagaimana cara memasang atau menambahkan widget android di xiaomi, aku ingin share tutorial ini dikarenakan pengaktifan widget di hp xiaomi tersembunyi dan sedikit berbeda dengan hp kebanyakan sehingga masih banyak orang yang tidak tau bagaimana caranya.

Kita ketahui bersama bahwa Hp android hingga saat ini sanggup menjadi salah satu hp yang paling  banyak digemari di seluruh dunia. Selain mempunyai antar muka yang menarik dan ramah pengguna, fitur yang ditawarkan android juga sangat lengkap tidak kalah dengan merk hp yang lebih dulu terkenal.

Salah satu fitur yang terdapat di hp dengan sistem android yaitu tersedianya widget yang siap untuk dibongkar pasang dengan simpel. Widget yaitu aplikasi yang khusus disediakan untuk melengkapi dan mempermudah kanal terhadap sebuah aplikasi android.

cara menambahkan dan memunculkan widget di hp xiaomi


Fungsinya sebagai perwakilan aplikasi  semoga aplikasi dapat diakses lebih simpel.  Dengan menggunakan widget pengguna tidak perlu repot-repot harus membuka aplikasi yang dimaksud. Informasi bisa didapat cukup hanya dengan melihat widget yang dipasang di dashboard saja.

Aplikasi Widget di hp android ada yang sudah tersedia secara bawaan seakan-akan widget calender, clock, cuaca dan widget lainnya, ada juga widget lantaran menginstal aplikasi pihak ke 3, namun tidak semua aplikasi memiliki widget ketika diinstal.

Untuk memasang widget pada umumnya pengguna harus mengaktifkan widget tersebut secara manual. Di perangkat android cara mengaktifkan widget sebenarnya sangat mudah, namun terkadang setiap merk hp memiliki cara yang berbeda- beda.

Di artikel kali ini aku akan mengurikan cara memasang atau mengaktifkan widget di hp xiaomi. Saya membahas artikel ini dikarenakan sistem operasi android xiaomi sedikit berbeda dengan merk hp kebanyakan. Dan cara menambahkan widget pun sedikit berbeda.

Cara memasang widget di ponsel xiaomi.

Walaupun xiaomi sama-sama menggunakan sistem operasi android. Namun sistem operasi android xiaomi berbeda dengan sistem operasi android kebanyakan. Dikarenakan android xiaomi sudah mengalami banyak modifikasi, sehingga ada banyak perbedaan terutama ketika melaksanakan konfigurasi sistem. termasuk cara  memasang atau menambahkan widget.

Cara mengaktifkan widget di xiaomi baik xiaomi redmi note 2, xiaomi redmi note 3, xiaomi redmi note 4 dan versi xiaomi lainnya langkahnya bahwasanya sangat mudah. sayangnya tidak semua pengguna xiaomi mengetahui caranya, terutama pengguna pemula yang gres dengan xiaomi.

Untuk anda yang kebetulan belum tau cara menambahkan widget di hp xiaomi,  langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

1. Aktifkan hp xiaomi anda.

2. Pada tampilan utama (homescreen) atau tampilan hidangan xiaomi. Arahkan jari anda ke ruang kosong yang  kebetulan tidak ditempati sajian. Lalu tap dan tahan agak lama. nanti akan muncul tombol sajian khusus pengaturan yang mampu dipakai untuk:
  • Memilih Tema
  • Menambahkan widget
  • Memilih efect animasi gulir layar
  • Memilih walpaper


Untuk menambahkan widget pilih saja tombol widget bergambar +, nanti akan muncul widget-widget yang sudah terinstal di perangkat xiaomi anda yang siap anda pilih, terlihat seolah-olah gambar di bawah ini.




4. Silahkan klik pada salah satu widget yang ingin anda tampilkan di halaman dashboard hp xiaomi anda.

Sampai langkah 4 di atas widget akan mincul di layar hidangan hp anda dan sudah siap untuk anda gunakan, silahkan atur tata letak dan ukurannya sesuai dengan yang anda inginkan.


Sangat simpel bukan, cara menambahkan widget di atas aku coba di xiaomi redmi note 4 dan sepertinya di xiaomi redmi note 3 dan xiaomi lainnya juga langkah-langkahnya tidak jauh berbeda.

Demikian artikel sederhana tentang Cara Menambahkan widget android di hp xiaomi, semoga artikel di atas bermanfaat untuk anda selamat mencoba.