5 Cara mengatasi error login android (couldn't sign in, there was a problem communicating with google servers)

Error login dengan pesan error couldn't sign in there was a dilema communicating with google servers atau Tidak dapat masuk, tidak dapat melakukan sambungan yang dapat diandalkan ke server, sering dialami oleh pengguna hp dengan sistem operasi android, pesan tersebut muncul ketika pengguna ingin menggunakan aplikasi google play store atau ketika ingin menciptakan akun google.

Kita ketahui bersama bahwa setiap pengguna hp android biasanya diharuskan untuk login dengan memakai email google (gmail) dan passwordnya yang sudah dimiliki sebelumnya, biasanya email tersebut akan dipakai oleh perangkat sebagai akun pengguna, fungsinya adalah untuk memudahkan pengguna ketika ingin mengakses aplikasi produk google, seolah-olah google play store, youtube, gmail dan prodak google lainnya yang terpasang di hp android.

Jika anda berhasil membuat akun google di HP android anda maka setiap kali anda membuka produk-produk aplikasi android dari google, aplikasi akan pribadi terintegrasi dengan akun google anda tersebut, sehingga anda tidak akan selalu diminta untuk login.

Mengatasi error login akun google di hp android


HP android tanpa akun google sama halnya dengan Kendaraan tanpa bahan bakar, anda akan cukup dibuat kesulitan, karena dikala ini selain dipakai untuk berkomunikasi sms dan tlp, hp android juga sering digunakan untuk browsing dan download aplikasi dari google play store, jika akun google belum diseting maka kegiatan tersebut terpaksa tidak mampu anda nikmati.

Sebenarnya untuk membuat akun google di hp android sangat simpel sekali, seolah-olah apa yang aku jelaskan di artikel sebelumnya mengenai cara mengganti akun google, anda tinggal login memakai email gmail anda dan passwordnya, jika tidak ada masalah kurang dari 5 menit pun hp akan sukses terintegrasi dengan akun gmail anda.

Tapi sayangnya untuk beberapa kasus ada saja permasalahan yang muncul, salah satunya yaitu anda tidak bisa login walaupun email dan password atau kata sandi yang dimasukan sudah benar, error yang sering muncul yang banyak dialami pengguna ialah sebagai berikut:
  • couldn't sign in there was a masalah communicating with google servers
  • can't establish a reliable connection to the server android
  • couldn't sign in can't establish a reliable connection to the server

Pesan error tersebut menunjukan login gagal, terkadang muncul sesudah pengguna melaksanakan hard reset atau faktory reset pada HH miliknya. Tentu saja ketika melaksanakan reset sistem akan kembali ke pengaturan pabrik yang mengharuskan akun google perlu diseting ulang, sayangnya ketika mencoba untuk diseting muncul pesan error couldn't sign in there was a masalah communicating with google servers.

3 Cara mengatasi error login android (couldn't sign in there was a masalah communicating with google servers)

Pesan error tersebut mungkin saja sedang anda alami ketika ini, namun anda masih belum menemukan solusi untuk memperbaikinya, oleh lantaran itu di artikel kali ini saya akan jelaskan beberapa cara bagaimana mengatasi perkara tidak mampu login dengan pesan perkara komunikasi dengan server google.

Sebelum mencoba cara-cara di bawah syaratnya adalah sebagai berikut:
  • Pastikan anda sudah mengaktifkan data selular / wifi di perangkat android anda.
  • Pastikan perangkat sudah terhubung ke internet. anda bisa coba browsing memakai browser bawaan android di hp anda.


Setelah terhubung ke internet, langkah-langkah yang dapat anda coba untuk memperbaiki perkara tersebut ialah sebagai berikut:



Cara ke #1

Jika cara pertama gagal, maka anda bisa mencoba cara kedua, yaitu dengan menghapus cache data untuk aplikasi google playstore langkah-langkanya ialah sebagai berikut:

a. Masuk ke settings/ setelan

b. Pilih instaled app / app instaled / app manager

c. Cari Google play store kemudian klik

d. Pada gosip aplikasi google play store, klik saja buttom clear data dan juga clear cache,

e. Restart HP and kemudian silahkan coba login kembali. beberapa kasus cara ini dapat mengatasi perkara tersebut.

Cara ke #2

Jika cara ke 2 di atas tidak berhasil pada smartphone anda maka anda bisa mencoba cara ke 3. cara ini hanya mengatur setinggan tanggal dan waktu sebagai berikut:

a. Masuk ke setelan / settings >  settings tanggal dan waktu

b. Seting tanggal dan waktu dengan mencentang pilihan "Otomatis yang disediakan jaringan"

c. Restart hp android anda dan silahkan coba login ulang.

Cara ke #3

Coba login via aplikasi gmail atau aplikasi youtube yang sudah terinstal di perangkat android anda, silahkan buka aplikasi tersebut lalu coba login

Cara ke #4:

Cara pertama anda bisa memodifikasi file sistem, namun cara ini memerlukan kanal root, jadi jika anda menempuh cara ini pastikan hp android anda sudah dalam kondisi di root.

Lankah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

a. Silahkan download aplikasi root explorer (download di sini atau di sini)
Aplikasi root ekplorer yaitu aplikasi yang dapat anda gunakan untuk melihat struktur file sistem secara penuh.

b. Silahkan buka dan menuju file system > hosts, jikalau sudah ketemu silahkan rename, misalnya menjadi hostX.

c. Setelah itu silahkan reboot atau restart ponsel anda, dan coba lagi untuk login menggunakan akun gmail anda, pastikan password yang anda ketikan benar.

Cara ke #5

Jika cara-cara di atas tidak berhasil anda mampu mencoba melakukan flash ulang rom perangkat android anda, cara ini adalah cara terampuh, tapi tentu anda harus hati-hati jangan hingga salah prosedur, bila tidak sanggup anda bisa meminta donasi orang yang paham bagaimana cara melaksanakan flash.


Artikel di atas aku sadur dari beberapa acuan dan menurut testimoni setidaknya salah satu dari ke 5 cara di atas berhasil mengatasi masalah error login dengan pesan couldn't sign in there was a persoalan communicating with google servers), agar berhasil juga untuk perangkat android anda.