Mengatasi Lag (just a sec) setiap kembali ke Layar Home Xiaomi MIUI 7 & 8

Satu lagi permasalahan dari hp xiaomi yang benar-benar bikin jengkel penggunanya, permasalahan ini terkadang muncul di beberapa hp xiaomi yang menggunakan miui 7 dan 8, permasalahan muncul berupa tampilan loading screen bertuliskan just a sec... / wait a minute / tunggu sebentar  setiap kali kembali ke halaman home xiaomi.

Saya sendiri belum mengalaminya walaupun xiaomi redmi note 4 aku menggunakan MIUI 8, namun sajianrut kabar permasalahan ini sering muncul saat pengguna menggunakan aplikasi, kemudian setiap aplkikasi di close dan hp sajianju halaman home akan muncul lag lemot pada layar dengan goresan pena just a sec..., juga saat tombol back atau tombol home di tekan, tidak jarang layar just a sec muncul.

solusi mengatasi masalah lag just a sec... layar home xiaomi


Permasalahannya tidak seberapa namun benar-benar bikin jengkel pengguna, dikarenakan setiap kali kembali atau membuka tampilan utama hp xiaomi atau layar hole, pengguna terpaksa harus sajiannggu beberapa detik hingga layar home terbuka.

Permasalahan ini kabarnya bug dari bawaan sistem miui xiaomi, karena kita ketahui bahwa sistem android yang digunakan oleh xiaomi yaitu sistem android hasil customisasi yang selanjutnya dikembangkan sendiri, bahkan sistem android xiaomi kabarnya sudah memodifikasi setingan pengelolaan memory sesuai dengan yang mereka harapkan. Bisa jadi ini yang menciptakan permasalahan lag just a sec....setiap kali hidanganju layar home, baik saat hidangantup aplikasi, menekan tombol back atau menekan tombol home itu sendiri.

Mengatasi Lag (just a sec) setiap kembali ke Layar Home Xiaomi  MIUI 7 & 8

Permasalahan tersebut bergotong-royong sangat mudah untuk di atasi, tapi akungnya masih banyak pengguna yang belum mengetahuinya, oleh karena itu di artikel kali ini aku akan coba uraikan beberapa cara bagaimana mengatasi xiaomi lag just a sec setiap kali kembali ke layah home xiaomi.

Jika anda pengguna xiaomi dan anda mengalami permasalahan di atas untuk mengatasi masalah ini anda mampu coba beberapa solusi di bawah ini:

1. Aktifkan opsi pengembang pada hp xiaomi anda, caranya:
  • Masuk ke halaman setelan atau pengaturan atau settings,
  • Scroll ke bawah pilih hidangan ihwal ponsel /  about cell phone
  • {ada halaman wacana ponsel, cari dan tap sebanyak 7 kali pada sajian versi miui) hingga muncul notifikasi anda sudah menjadi pengembang.
  • Kembali ke halaman pengaturan, pilih hidangan  additional settings / setelan suplemen
  • Scroll ke bawah kemudian cari menu developer option / opsi pengembang, jika anda menemukannya berarti anda sudah mengaktifkan opsi pengembang pada perangkat xiaomi anda. lanjut...
2, Silahkan masuk ke halaman opsi pengembang

3. di halaman opsi pengembang, silahkan scroll ke bawah cari menu Jangan simpan aktivitas / Don't keep activities, pastikan menu ini dalam ke addan mati.

4. Masih di halaman opsi pengembang/developer option, kini cari sajian pengoptimalan memori / memory optimization, pastikan pilih Off atau High, kalo aku sih menentukan High. setingan ini dulu saya gunakan untuk mengatasi lag pada kamera xiaomi. ternyata sekaligus bisa mengatasi  kasus lag pada layar home, lantaran aku sendiri tidak pernah mengalaminya.

Silahkan restart xiaomi anda, seharusnya dengan cara di atas mampu membuat hp xiaomi anda berjalan normal, terutama ketika hidanganju layar homen (just a sec...) tidak akan lagi anda temui.


Semoga cara di atas mampu Mengatasi Lag (just a sec) setiap kembali ke Layar Home Xiaomi  MIUI 7 & 8 milik anda.