Daftar Istilah-Istilah Penting Dunia Blog




Daftar Istilah-Istilah Penting Dunia Blog - Pasti kalian pernah mendengar ataupun tahu wacana blog, apakah kalian tahu istilah-istilah dalam dunia blog ?. Jika belum, pada kesempatan ini aku akan memberi tahu kalian isitilah-istilah dunia blog. Sangat banyak sekali istilah yang belum kalian ketahui. 

Hal ini sangat perlu bagi kalian dan juga buat penambah pengetahuan kalian dalam dunia blog. Berikut ini daftar istilah dalam dunia blog


Advertiser 
Sama artinya dengan Merchant, ialah pedagang atau perusahaan yang beriklan barang/jasa pada suatu situs.

Adsense
Jaringan periklanan online yang dimiliki oleh Google dan memperlihatkan kesempatan kepada para blogger untuk melsayakan monetisasi blognya dengan menampilkan iklan kontekstual di blog mereka. 

Adwords
Adwords memungkinkan perusahaan atau individu untuk memasang iklan dan mempromosikan produk, jasa atau situs mereka menurut perhitungan cost per click (CPC). 

Affiliate Marketing
Disebut juga affiliasi, merupakan sebuah cara untuk mendapat uang dari internet dimana seorang pemilik acara affiliasi memberi kesempatan orang lain untuk memasarkan produk atau jasanya dengan imbalan sejumlah komisi. 

Alexa 
Sebuah perusahaan online milik Amazon.com yang memantau traffic semua situs yang ada di internet. Sistem ranking yang digunakan didasarkan pada data statistik dari toolbar browser pengguna internet. 

Anchor Text
 Teks yang digunakan di dalam backlink. Anchor text merupakan salah satu faktor penting yang menghipnotis posisi ranking sebuah situs atau blog di hasil pencarian search engine.

Avatar
Representasi grafis yang berupa berupa gambar manusia, obyek, dan hewan sanggup dipilih untuk dunia chating atau komunitas digital lainnya.

Atom
Sebuah format sindikasi feed yang dikembangkan sebagai alternatif RSS. 

Blog
Suatu jenis situs yang biasanya isinya berupa artikel. Awalnya blog muncul sebagai diary online, untuk ketika ini blog mencsayap aneka macam macam topik.

Blogger
Sebutan bagi orang yang memiliki blog. Blogger juga merupakan nama hosting blog gratis milik Google.

Backlink
Hiperlink yang tampil di blog atau situs lain dan menaut pada halaman utama atau halaman lain dalam suatu blog atau situs. Backlink sangat penting  bagi search engine sebab sangat besar lengan berkuasa dalam peringkat web/blog pada search engine.

Blackhat
Menyembunyikan teks dibalik gambar atau mempergunakan halaman doorway dengan re-direct merupakan tumpuan teknik-teknik blackhat. Gabungan teknik SEO dan online marketing yang seringkali tidak etis dan bahkan kadang ilegal dengan tujuan tertentu. 

Blogging
Aktivitas menulis sesuatu di dalam blog, baik berupa memposting artikel atau berinteraksi dengan pengunjung blog dan lain-lain. 

Captcha
“Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart”, ialah sebuah gambar yang isinya kata atau abjad yang harus diketikkan untuk verifikasi.

Custom Domain
nama domain pilihan yang sanggup digunakan sebagai alternative menggantikan nama blog. Kita sanggup menggantikan alamat namablog.blogspot.com dengan namablog.com atau .net, .info, .org, .web.id, atau dengan nama domain lainnya.

Comments
Fitur yang terdapat dalam blog inilah yang membuat blog menjadi sebuah media percakapan langsungt.

Domain
Juga dikenal sebagai nama domain atau nama hosting domain, merupakan nama situs atau blog yang tercatat di dalam dunia internet. Contoh nama domain merupakan Bing.com.

Duplicate Content
Konten hasil duplikasi biasanya berupa artikel atau teks dalam sebuah situs atau blog. 

Favicon
Kependekan dari "Favorite Icon", merupakan sebuah ikon yang diasosiasikan dengan logo sebuah situs atau blog dan akan muncul pada kepingan browser atau kepingan bookmark. 

HTML 
Hypertext Markup Languange merupakan stkalianrisasi dari aba-aba bahasa komputer yang merupakan sumber dari dokumen web.

Header
Bagian paling atas dari blog yang biasanya berupa gambar atau goresan pena dari judul dan deskripsi blog.

JavaScript
Bahasa pemrograman yang sederhana untuk membuat interaktifitas pada halaman website atau blog.

Keyword
Suatu kata kunci penting pencarian yang digunakan untuk mencari data di search engine.

Page Rank 
Rangking sebuah halaman website/blog yang diberikan oleh beberapa search engine, misalnya google.

Page Views
Pengunjung yang mengunjungi halaman pada blog kita. Setiap kali pengguna internet membuka sebuah halaman situs tertentu, satu page view akan dihitung.
PHP
Programming Hypertext Processor merupakan sebuah bahasa pemrograman yang didesain untuk membuat halaman web yang bergerak.

Ping (Packet Internet Grouper)
Fungsinya itu untuk memberitahu layanan-layanan yang bekerjasama dengan blog, bahwa kita gres menambah atau mengupdate konten blog kita.

RSS
Really Simple Syndication. RSS merupakan suatu format yang digunakan untuk mengirimkan informasi dari sebuah situs dan halaman situs yang di-update secara berkala. 

Scraper
Pelanggaran hak cipta sebab seseorang yang mencopy konten dari sumber lain dan dipublikasikan di blognya sendiri, tanpa memperlihatkan kredit link, dan tanpa meminta izin terlebih dahulu kepada penulis aslinya. 

Spam
Spam merupakan tindakan yang membuat pesan secara massal atau terlalu berlebih menjadi ibarat sampah.

SEO
Search Engine Optmization mencsayap sejumlah acara yang ditujukan untuk meningkatkan ranking sebuah situs di halaman hasil pencarian search engine terutama mesin pencarian google.

SERP
Kependekan dari search engine results page. Ketika Anda mencari sebuah kata kunci melalui Google search engine, Anda akan mendapat halaman 10 hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang Anda cari. 

Social Bookmarking
Social Bookmarking merupakan situs yang memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan atau menyebarluaskan artikel dari internet.

Tag
Tag digunakan untuk mengklasifikasikan sebuah artikel atupun konten dalam sebuah situs.

WordPress 
WordPress sama seprti blogger merupakan platform dan hosting blog gratis dari perusahaan automattic.

Diatas merupakan beberapa istilah dalam dunia blog. Semoga artikel diatas bermanfaat bagi kalian semua. Mohon maaf jikalau ada kekurangan. Terimakasih atas perhatian kalian.