Cara Tepat Mengatasi HP Yang terendam Air atau terkena Air

Ada saja permasalahan yang bisa terjadi pada perangkat smartphone, hp atau ponsel. Yang sering terjadi ialah hp tanpa sengaja terkena air atau terendam terjatuh kedalam air, parahnya lagi hp dalam kondisi menyala, terperinci untuk beberapa merk hp yang tidak punya perlindungan khusus terutama pada hp touch screen yang sangat mengendalkan layar, mampu jadi akan mengakibatkan kerusahakan pada hp dan layar LCDnya, bahkan terkadang hp mampu mati total.

Sebenarnya saat  hp masuk air tidak selamanya mampu merusak hp, tergantung seberapa usang dan seberapa parah hp tersebut terkena air, jikalau yang terkena air bukan kepingan yang penting seakan-akan layarnya saja atau sebagian besar bagian luar saja, kemungkinan hp masih berfungsi dan bisa dipakai.


Mengatasi HP yang terendam atau terkena air

Namun jika yang tekena air adalah penggalan inti hp yang penting seakan-akan sambungan sirkuit baterai dan bagian komponen dalam hp, maka hp biasanya akan mati total karena terjadi konslet. berhubung air ialah konduktor atau penghantar listrik yang baik.

Jika hp terjaduh ke air dan dikala hp diangkat masih dalam keadaan hidup, maka untuk menghindari kerusakan lebih parah sebaiknya anda harus melaksanakan tindakan-tindakan pencegahan.

Sayangnya tidak banyak yang tau apa cara yang harus dilakukan untuk menghindari kerusakan pada hp yang tekena air, oleh lantaran itu di artikel kali ini saya akan mengembangkan gosip untuk anda terutama yang mengalami ponselnya jatuh ke air, biar hpnya mampu digunakan kembali dengan normal.

Cara Mengatasi HP yang terjatuh ke dalam air 

Ketika hp terjatuh maka selain bisa menyebabkan hp mati total alias tidak mampu menyala, terkadang hp juga mampu jadi menyala normal namun biasanya akan ada bekas air seolah-olah embun di LCD atau layar hp taouch screen anda.

Ingat jangan salah mengambil tindakan dan jangan sekali-kali menjemur hp anda eksklusif dibawah terik matahari, lantaran mampu berakibat fatal pada hp anda.

Berikut ialah cara-cara yang mampu anda tempuh saat hp anda masuk terjatuh ke dalam air:

1. Ketika hp masih menyala namun masih ada genangan air di layar LCD atau ada sisa-sisa semacam embun, maka yang harus anda lakukan yaitu, membongkar casing hp tersebut, dan serpihan-bagian penting lainnya yang mampu dipisahkan, seolah-olah kartu, baterai, memory card dan pecahan lainnya, kemudian keringkan pecahan-bagian yang bisa dijangkau dengan tisu kering, kemudian gunakan kipas angin untuk mengeringkan sisa-sisa air yang ada didalamnya, pastikan pisisi hp dalam keadaan bangkit.

Kipas angin akan membantu mengerikan sisa-sisa air yang terdapat di hp, memang terkadang akan membutuhkan waktu berjam-jam, namun cara seperti ini ampuh sekali menghilangkan sisa-air yang melekat di LCD,

Jika anda mampu anda juga bisa membongkar seluruh body hp dan mengeringkannya kemudian merangkainya kembali akungnya cara ini pernuh resiko apalagi anda tidak terbiasa.

Anda juga mampu memakai hair drayer namun jangan terlalu bersahabat karena biasanya suhu dari hair drayer sedikit panas. atur jarak, lakukan hingga hp anda kering.

2. Jika hp anda masih ada embun di layar LCDnya
Anda juga mampu menggunakan media beras, beras sangat baik untuk menyerap embun, caranya bongkat casing hp anda dan kepingan-bagian lainnya yang terpisah, kemudian letakan di dalam wadah lalu timbun dengan beras, diamkan ditempat terbuka, silahkan tunggu minimal 1 x 24 jam dan anda bisa lihat alhasil, bila berhasil embun biasanya akan hilang. cara ini juga mampu anda coba untuk hp yang keseluruhan sirkuit dalamnya tenggelam.

3. Ketika hp terendam air maritim/ kopi teh manis dll.
Jika hp tercebur air laut atau kopi (bukan air tawar), maka jika kondsi karamnya sangat parah, anda terpaksa harus mencuci dengan air tawar terlebih dahulu untuk penggalan yang terkena air maritim atau kopi tersebut, lalu kemudian keringkan dengan cara di atas.

4. Jangan mengocok dan menggoyang-goyang hp yang terendam.
Untuk hp yang terendam hindari untuk menggoyang-goyang hp dengan tujuan biar air terciprat keluar, lantaran cara ini mampu menyebabkan air masuk ke cuilan hapi yang lain.

5. Pastikan hapi dalam keadaan mati.
Pastikan hp dalam kadaan mati, cabut baterai jikalau perlu. kadang memang dikala hp terendam hp tetap dalam kondisi hidup, kalau demikian lebih baik silahkan anda matikan tekan tombol power atau cabut baterainya.


Hidupkan kembali hp anda bila kondisi hp dirasa sudah cukup kering, beberapa perkara hp mampu diselamatkan dan embun-embun atau basah yang muncul pada layar lcd sudah mampu diatasi.

Demikian tentang cara mengatasi hp yang terendam atau karam kemasukan air semoga cara di atas manjur untuk hp anda.