Cara Menonaktifkan Apdate Otomatis pada sistem android setiap kali Terhubung ke Wifi

Aplikasi android yang terinstal di perangkat android biasanya selalu ada pembaharuan, jikalau ada pembaruan beberapa aplikasi akan meminta anda untuk mengupdatenya dikala anda membuka aplikasi tersebut dan beberapa aplikasi lainnya menyampaikan pilihan apakah ingin mengupdatenya atau tidak, sedangkan aplikasi lainnya tidak ada notifikasi apa-apa. Namun pada umumnya update biasanya akan otomatis berjalan setiap kali hp terhubung ke jaringan wifi, biasanya ini adalah setingan default di setiap perangkat andaroid.

Update otomatis pada aplikasi android biasanya akan berjalan dan melakukan update untuk semua aplikasi yang terinstal jika memang aplikasi tersebut sudah ada updatenya, baik aplikasi game maupun aplikasi lainnya, kalau yang diupdate hanya sedikit tentu tidaklah menjadi perkara, namun jika sudah ratusan aplikasi yang secara otomatis melaksanakan update ketika hp terhubung ke wifi terang akan mengganggu kinerja hp. kecuali memang anda sengaja menghubungkan hp ke wifi untuk mengupdate aplikasi yang terinstal, tentu tidak akan dianggap suatu masalah.

mematikan update otomatis di sistem android


Update otomatis untuk beberapa kasus memang sedikit mengganggu lantaran akan menghipnotis kinerja hp, bahkan tidak jarang mampu mengakibatkan hp panas, jika anda tidak menginginkannya, maka  untuk mengatasinya anda harus mengatur setingan android untuk menonaktifkan atau mematikan fitur update otomatis semoga hp tidak melakukan update otomatis saat terhubung ke wifi.

Caranya bahwasanya sangat simpel sekali, namun untuk orang awam yang belum kenal sistem android terang akan sedikit kebingungan bagaimana cara mengatur setingan tersebut, oleh karena itu di artikel kali ini saya ingin membahas bagaimana cara mematikan / menonaktifkan fitur update otomatis pada perangkat android dikala terhubung ke wifi, supaya hp tidak melakukan update otomatis.

Cara Mematikan Update Otomatis pada Sistem android setiap kali Terhubung ke Wifi

Jika anda mengiginkan hp android anda tidak melaksanakan update otomatis setiap kali terhubung ke perangkat wifi, maka anda harus menonaktifkan akomodasi tersebut di perangkat hp android anda, untuk caranya anda mampu mengikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini:

1. Aktifkan hp android anda.

2. Buka Aplikasi google playstore.

3. Pada halaman aplikasi google playstore, tekan tombol sajian (gambar tiga garis yang letaknya di pojok kiri atas). Kemudian silahkan pilih menu Settings (icon bergambar roda gigi), sehingga akan muncul hidangan seakan-akan gambar di bawah ini:

Pengaturan/settings pada google play store


4. Pada halaman settings, tap Menu auto-update apps, pada obrolan yang muncul kemudan pilih hidangan :Do not auto-update apps

Dengan setingan di atas, setiap kali hp android anda terhubung wifi maka tidak akan melaksanakan update otomatis.


Tapi kalo auto update nonaktif bagaimana jikalau nanti aku ingin melakukan update Aplikasi?

Walaupun update otomatis di nonaktifkan, anda tetap mampu melaksanakan update secara manual jikalau diperlukan, yaitu dengan cara memilih update aplikasi-aplikasi yang memang anda ingin update, untuk melakukan update manual, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi google play store

2. Pilih dan klik sajian garis 3 di pojok kiri atas

3. Pada hidangan yang muncul pilih sajian My apps & games,


Nanti akan keluar daftar aplikasi yang harus di update beserta tombol updatenya, jika ingin di update pilih saja aplikasinya lalu tekan saja tombol update di samping kanannya.



Itulah cara menghentikan pembaruan otomatis pada aplikasi android ketika dihubungkan ke jaringan wifi, dengan cara di atas maka hp android anda tidak akan lagi melaksanakan update otomatis, semoga bermanfaat.