Cara Membuat Kop Surat Di Microsoft Word

Cara Membuat Kop Surat Di Microsoft Word - Kop surat berguna untuk mewakili identitas sebuah institusi atau perusahaan dalam hal komunikasi melalui surat atau dokumen tertentu. Dalam surat resmi, tentu ente akan menjumpai adanya Kop surat atau kepala surat. Kop surat biasanya berisi logo, nama perusahaan, instansi atau lembaga, alamat, nomor telepon, dan terkadang juga alamat email lembaga atau website resmi terkait serta semboyan perusahaan. Kop surat terletak di header surat, header merupakan perintah yang dapat digunakan untuk menambahkan atau memberikan pada bagian kertas atas surat. Umumnya digunakan untuk penulisan karya tulis ilmiah supaya isinya saling terintegrasi. Kebalikan header merupakan Footer, merupakan suatu perintah yang diberikan untuk catatan pada bagian bawah kertas. Umumnya digunakan untuk penulisan karya tulius ilmiah atau sejenisnya.

Kop surat merupakan logo resmi dan alamat-alamat suatu instansi, menggunakan kop surat membuata suatu instansi menjadi lebih kredibel. Sebuah instansi akan lebih berwibawa dan dipercaya, dikarenakan bila mengirim surat-surat resmi akan berisi mengenai informasi-informasi penting yang terdapat di dalam surat. Kop surat dangat berguna untuk mengenalkan kepada si penerima surat mengenai logo dan alamat-alamat kantor pengirim surat.

Cara paling gampang membuat kop surat merupakan menggunakan Microsoft word 2007, tutorial ini akan memandu ente yang belum pernah membuat kepala surat. aku menggunakan pada Microsoft word 2007, tetapi panduan masih bisa digunakan pada word 2005, 2006, dan 2010. (Baca Juga : Cara Membuat Status Facebook dengan Huruf Terbalik)


Cara Membuat Kop Surat Di Word 2007

1. Buatlah dokumen baru, lalu simpan dengan nama yang ente inginkan. Selanjutnya, klik dua kali pada posisi teratas dokumen untuk menghidupkan fungsi header. Pada bagiab tab Design beri tanda ceklis pada pilihan Different First Page. Ini bertujuan agar kop perusahaan muncul pada halaman pertama saja.

2. Buatlah nama institusi ente, alamat dan lain-lain. Untuk lebih memudahkan ente dalam meletakkan logo, klik kanan pada logo/gambar, lalu klik pada logo kemudian klik Text Wrapping-> In Front Of Text.

Baca juga :  Cara Menghitung Kata Dalam Artikel

3.Setelah urusan text dan logo selesai, ini kita akan membuat line dibawah kepala surat sebagai pembatas. Langkahnya, pada kalimat terakhir kop surat, lkamikan enter satu kali supaya ada baris kosong tersebut - hanya baris itu saja.

4.Lalu klik menu border, tanda pada tanda jarum disebelahnya, tidak kotak garisnya

5. Pada jendela border and shading, ente tentukan lebar garis sesuai keinginan ente, lalu klik OK 

6. Inilah contohnya.
Cara Membuat Kop Surat Di Microsoft Word Cara Membuat Kop Surat Di Microsoft Word


7. Membuat garis bisa juga menggunakan fungsi shape, langhkahnya Klik menu Insert-Shapes dan pilih jenis line atau garis.

Baca JugaMudahnya Memperkecil Foto Menggunakan Paint

8. Kemudian, klik dan tarik di posisi yang sesuai, cara sidikit susah dikarenakan perlu kehati-hatian, Sesauikan langkah dengan cara berikutnya.

9. Dengan kursor hidup yang berada pada garis tadi, pastikan ente berada di menu format. DI agiab bawah menu tersebut ada menu Shape Outline, klik dan akan ada opsi warna, lalu ada pilihan Weight yang dapat digunakan untuk mengubah ketebalan garis.

10.Pada bagian paling kanan ada kotak yang nilainya bisa ente ganti, untuk menyesuaikan posisi garis. ente coba sendiri untuk mengetahui masing-masing fungsinya.

Baca Juga :  Cara Memperkecil Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitas


11. Dan inilah hasil akhir adari kop surat yang baru saja kita praktekkan.


Cara Membuat Kop Surat Di Microsoft Word Cara Membuat Kop Surat Di Microsoft Word

Demikianlah tutorial membuat kop surat di Mirosoft Word 2007. Semoga bermanfaat bagi ente semua, kita akan berjumpa kembali pada tutorial berikutnya