#8 Kekurangan ASUS Zenfone Max 3 (ZC553KL) yang harus anda tahu!

Asus zenfone memang merupakan hp yang cukup menerima akidah dari konsumen indonesia, bagaimana tidak, karena perusahaan asus merupakan perusahaan yang sudah malang melintang di dunia digital, dan produknya pun benar-benar sangat rekomended, bahkan aku langsung dari awal memiliki smartphone yang pertama saya beli adalah produk dari asus ini, lantaran aku percaya kualitas dari asus ini, dari mulai asus zenfone 4s, asus zenfone 2 laser aku sudah pernah memilikinya dan aku tau persis apa kelebihan dan kekurangannya.

Karena baru-baru ini asus mengeluarkan beberapa seri terbarunya, salah satunya yaitu asus zenfone 3 max ZC553KL, sayapun tertarik untuk memilikinya, walaupun banyak rumor menyebutkan banyak kekurangan dari asus zenfone ini, namun karena saya tertarik dengan spesifikasinya yang aduhai apalagi ditambah chipset qualcomm snap dragon, saya pun alhasil membelinya.

Zenfone max 3


Seri asus ini memang sedikit berbeda dengan seri pendahulunya, seri ini kembali mengunakan tombol kapasitif, dimana sebelumnya memakai tombol virtual, desain fisik dan kamerapun seperinya ada peningkatan yang cukup significan dibandingkan dengan versi pendahulunya. namun walaupun spesifikasinya aduhai, ternyata sehabis mencoba mengamati secara fisik kemudian sehabis cukup lama menggunakannya, benar saja saya menemukan beberapa kekurangan dari asus zenfone untuk seri ini.

1. Layar tanpa corning gorila glass

Berbeda dengan seri pendahulunya, dimana asus zenfone ini paling duhulu menggunakan layar dengan teknologi gorilla glass, sehingga beberapa versi asus zenfone layarnya tahan terhadap gesekan dan tidak perlu menggunakan pelindung layar, namun seakan-akannya  di seri (ZC553KL) ini asus tidak melengkapi layarnya dengan corning gorila glass, tapi memakai teknologi oleophobic cloating.

Teknologi screen protector ini yang kabarnya walaupun masih tahan terhadap gorsan namun kualitas daya tahannya masih dibawah gorila glass, namun kelebihan teknologi layar ini ialah tidak mudah terkena minyak dari jari atau tidak mudah terkena kotoran, layar akan tetap jernih.

Oleh lantaran itu, untuk anda yang ingin mempunyai asus zenfone seri ini alangkah baiknya untuk melapisinya dengan pelindung layar tempered glass, untuk berjaga-jaga saja semoga layarnya lebih terlindungi dari gesekan-goresan yang tidak diharapkan.

2. Adanya border hitam pada sisi-sisi layar (bingkai layar)

Ini menurut saya sangat disayangkan walaupun bukan merupakan kelemahan yang significan, namun bingkai layar hitam ini membuat ponsel asus dari sisi desain menjadi kurang maksimal, walaupun serinya max. bahkan garis hitam di sisi layar ini benar-benar sangat kelihatan untuk warna jelas.




Namun begitu dari sisi body, tampilan asus ini terlihat tipis, sehingga mempunyai nilai estetika yang manis. Screen to body rationya mencapai 72.3%.

Masukan untuk anda yang tertarik ingin membeli asus zenfone 3 max ini, biar border hitam tidak kelihatan maka pilihlah seri hitam / gray di cuilan belakangnya.

3. Body samping praktis retak

Walaupun di bagian belakang menggunakan metal, namun sayang sekali di serpihan sampingnya menggunakan material yang berdasarkan aku kurang berkualitas. karena ada aneka macam keluhan dari pengguna bahwa beberapa kasus untuk sisi bawah retak terutama dibagian lubang scrup diantara lubang carger padahal hp dalam kondisi baru dan tidak pernah jatuh. Ini pertanda bahwa material sampingnya memang berdasarkan saya kurang berkualitas.

4. Adanya Bloatware

Bloatware yaitu aplikasi bawaan yang sudah diinjek ke rom hp yang bersangkutan, kadang tidak bisa diuninstal, ini biasanya sering muncul di hp versi rom distributor, oleh karena itu biar anda mendapatkan hp yang berkualitas baik, maka dikala tetapkan untuk membeli hp versi ini, pastikan bahwa garansinya adalah agen resmi.

Biasanya barang dengan garansi resmi memiliki kualitas yang benar-benar terjamin jikalau dibandingkan dengan garansi resmi, selain itu complain garansi pun akan lebih simpel ditangani, bahkan mampu di toko canbang yang ada dikota anda.

5. Sensor Sidik jari tidak terdeteksi

Permasalahan lainnya ialah sensor sidik jari, ini bukan pengalaman eksklusif saya, beberapa pengguna mengeluhkan bahwa untuk asus zenfone 3 max ini bermasalah dengan sensor jari, jadi dikala diaktifkan ada pemberitahuan bahwa perangkat keras sensor tidak ada. kemungkinan besar ini hanyalah perkara software saja, biasanya seiring sering melaksanakan update sistem permasalahan seperti ini biasanya akan teratasi.

6. Tidak tersedianya aplikasi splendid

Aplikasi splendid adalah aplikasi khusus bawaan asus yang berfungsi untuk mengatur warna layar dan juga ketajaman layar, dengan aplikasi ini anda bisa menentukan warna layar sesuai dengan keinginan anda sekaligus mengatur ketajaman layar, sayangnya di asus zenfone seri max 3 ini aplikasi ini tidak ada.

Padahal untuk beberapa pengguna yang sebelumnya sudah menjadi pengguna setia asus, splendid ini benar-benar sangat diharapkan untuk mengoptimalkan warna nyala hp zenfone ini

7. Bluetot kadang sulit untuk diaktifkan

Beberapa pengguna asuz zenfone ini mengeluhakan tentang bluetoot, ketika perangkat bluetoot diaktifkan terkadang membuat hp ngelag dan hang bahkan sering menciptakan hp mati sendiri, tapi seolah-olahya kasus ini hanya untuk beberpa hp yang kemungkinan penyebabnya yaitu ada masalah dengan hardwarenya,

8. Belum tersedianya fast Charging

Charging agak lama lantaran memang belum tersedianya fitur fast charging, charging kadang memakan waktu hingga 3 jam lebih, padahal chipset qualcomm snap dragon yang diusungnya sudah support past charigng yang seharunya support fast charging dengan kecepatan 3x lebih cepat,

Selain itu permasalahan lainya terkait charging ini adalah charger terkadang tidak mampu menciptakan baterai full, walaupun di cass cukup lama.