5 Tips Ampuh Mengatasi HP Android Anda yang mudah panas dan cepat menguras baterai

Panas pada ponsel android bahwasanya prilaku yang normal, apalagi ketika hp tersebut sering sekali digunakan, misalnya sering digunakan untuk main game secara terus menerus tanpa istirahat, beda halnya jikalau hp android penggunaannya tidak terlalu ekstrim namun temperatur hp cepat panas itu artinya ada sesuatu yang salah dengan hp anda, sehingga perlu penanganan yang serius untuk mengatasi perkara tersebut.

Biasanya penyebab hp cepat panas salah satunya disebabkan adanya penggalan sistem yang belum stabil terhadap perangkat keras yang digunakan, seperti ponsel yang menggunakan chipset versi terbaru, ini pernah aku alami ketika memiliki hp asus zenfone 4s, hp benar-benar cepat panas walaupun tanpa digunakan (hanya disimpan di saku celana), dan ternyata penyebabnya adalah sistem tidak stabil terhadap chipset yang digunakan berhubung asus zenfone 4s menggunakan intel, namun seiring dengan seringnya melaksanakan update sistem hp pun menjadi normal tidak cepat panas.

Mengatasi android cepat panas dan cepat menguras baterai


Ini juga dialami oleh xiaomi redmi note 4 dengan chipset mediatek, kelamahan xiaomi redmi note 4  mediatek  adalah cepat panas, seolah-olahnya sistem xiaomi kurang stabil dengan chipset mediatek, walhasil perangkat hp pun saya rasakan cepat sekali panas. walaupun hp sedang dalam keadaan tidak digunakan. tapi dengan mencoba banyak sekali tumpuan permasalahan tersebut dikala ini berhasil di atasi dengan baik, dan hp pun dapat bekerja dengan baik dan normal.

Untuk anda yang kebetulan pengguna hp android dan ternyata hp yang anda gunakan cepat sekali panas, maka tips di bawah ini mampu anda coba biar hp anda tidak terlalu panas walaupun sedang digunakan sekaipun.

Ini Tips Ampuh Mengatasi HP Android Anda yang cepat panas

Berikut beberapa tips ampuh untuk mengatasi hp android anda yang cepat panas:

1. Matikan Data Seluler ketika hp tidak digunakan

Data selular biasanya diaktifkan ketika ingin internetan melalui hp, Ini salah satu penyebab hp anda akan cepat panas dan terkadang mampu menguras baterai lantaran data seluler pada hp dalam keadaan aktif ketika hp sedang tidak digunakan, data selular akan terus bekerja walaupun tidak digunakan, dan bisa menguras baterai serta menimbulkan panas ketika tidak ada jaringan disekitar, sehingga ponsel dipaksa untuk bekerja ekstra karena digunakan oleh fitur data seluler dalam mencari jaringan wireless.

Oleh karena itu untuk menhindari mudah panas pada hp lebih baik matikan dulu data seluler apabila hp sedang tidak digunakan, aku pribadi sih lebih suka memilih mode pesawat setiap kali mau berangkat kerja atau ketika diperjalanan, dengan cara ini selain dapat menghemat baterai, juga mampu menjaga kondisi perangkat tetap dingin. tapi jikalau anda sedang menggunakan fitur SMS dan panggilan telepon cukup dengan mematikan data seluler saja.

2. Batasi penggunaan Aplikasi media sosial

Yang kedua untuk mengatasi cepat panasnya ponsel yaitu membatasi penggunaan Aplikasi media sosial, beberapa aplikasi media umum seperti facebook, twitter, bbm dan media sosial lainnya memang di seting untuk selalu berjalan di latar belakang, walaupun tidak kelihatan aktif, aplikasi tersebut bantu-membantu berjalan dan terus memproses dibelakang layar, sehingga ketika ada pesan masuk, atau ada notifikasi maka secara up to date akan menyampaikan gosip kepada pengguna.

Jika anda memang selalu menunggu pesan notifikasi secara uptodate dari media sosial, sebaiknya batasi 1 saja yang aktif di latar belakang, pilih saja aplikasi media umum yang anda anggap penting, yang lainnya usahakan status notifikasi di nonaktifkan, dengan cara ini maka ponsel tidak akan terlalu kerja eksta, sehingga tidak akan mudah cepat panas dan bateraipun akan kekal.

Anda jangan khawatir walaupun pemberitahuan media sosial di nonaktifkan,  anda bahu-membahu tetap masih bisa melihat notifikasi tapi dengan cara membuka aplikasi media sosial tersebut.

cara menonaktifkan notifikasi media sosial mampu melalui cara:

1. Masuk ke halaman setelan / Settings > pilih  Instaled App / App terinstal, kemudian pilih tab dengan goresan pena running untuk menampilkan daftar aplikasi yang sedang berjalan di background.

 2. kemudian pada halaman berikutnya silahkan anda pilih aplikasi yang akan distop dengan melakukan tap pada nama aplikasi tersebut, kemudian tekan tombol stop.

Dengan demikian aplikasi pun akan nonaktif dan tidak akan lagi berjalan di latar belakang sehingga selain menghemat baterai mampu menciptakan perangkat android anda tidak mudah panas.

3. Gunakan Aplikasi pengelola Sistem

Yang ketiga yang mampu anda coba untuk membuat perangkat android anda tidak simpel panas ialah menggunakan aplikasi pengelola sistem, untuk hp dengan sistem yang baik pengelola sistem biasanya ada secara bawaan dan aktif secara otomatis mengelola sisten android, namun aplikasi ini di beberapa sistem android kadang tidak disediakan, kalau tidak ada maka anda bisa menggunakan aplikasi pihak ke 3, salah satu yang paling disarankan yaitu aplikasi Grenify

Aplikasi ini selain berukuran sangat kecil, juga benar-benar sangat efektif mengelola hibernasi sistem yang berjalan di latar belakang, dan penggunaan nyapun terbilang cukup mudah, ketika aplikasi ini diaktifkan maka setiap aplikasi yang berjalan dilatar belakang akan dikelola sedemikian rupa sehingga akan membuat perangkat anda tidak panas dan tidak praktis menguras baterai.

4. Pastikan menutup aplikasi yang aktif ketika hp tidak digunakan

Yang berikutnya yang bisa anda coba semoga hp android anda tidak terlalu cepat panas adalah, pastikan bahwa setiap kali anda habis menggunakan hp untuk menutup aplikasi-aplikasi yang sudah dijalankan, ketika aplikasi ditutup bahwasanya tidak 100 persen keluar namun masih tersimpan di memory, sehingga jika aplikasi yang habis digunakan banyak maka memory pun akan penuh dan ini mampu menciptakan baterai anda terkuras dan bisa menyebabkan pasa.

Oleh karena itu pastikan untuk selalu menutupnya, anda bisa gunakan aplikasi task manager bawaan android atau aplikasi pihak ketiga seperti watchdog dan aplikasi serupa lainnya yang dapat digunakan  untuk menutup semua aplikasi yang sudah selesai digunakan namun masih terdapat di momori.


5. Pastikan selalu melakukan update sistem terbaru

Untuk beberapa brand ponsel android biasanya selalu difasilitasi update sistem secara rutin, fasiltias update sistem biasanya akan disediakan oleh pembuat perangkat tersebut dan update biasanya diberikan secara terencana. Update sistem ada untuk memperbaiki bug pada sistem yang sedang berjalan.

Ini benar-benar ampuh memperbaiki kelemahan sistem, seakan-akan dulu yang saya alami pada hp zenfone 4s dengan chipset mata-mata, benar-benar sangat panas walaupun minim penggunaan, namun seiring seringnya melaksanakan update sistem beberapa kali, hp pun mulai stabil dan tidak lagi simpel panas.

Untuk melaksanakan update sistem biasanya disediakan di sistem android anda, setiap versi biasanya letak fasiltas update ini berbeda, kalo di xiaomi redmi note 4 dan beberapa versi xiaomi lainnya, update sistem mampu melalui fasiltas aplikasi updater yang sudah disediakan oleh xiaomi. update sistem harus di cek setiap ketika, jikalau ketika di cek ada pembaharuan sistem, maka usahakan untuk melakukan pembaharuan, lantaran pembaharuan biasanya memperbaiki kelemahan sistem sebelumnya.


Itulah beberapa tips cara mengatasi HP android yang cepat panas, semoga dengan melakukan cara-cara di atas, mampu mengatasi permasalan panas pada perangkat android yang anda gunakan, semoga bermanfaat.