Cara Mudah Mengetahui Artikel Website/Blog yang Dicopy Oleh Orang Lain

Bagi seorang penulis sangat senang apabila hasil karyanya banyak dibaca dan dibeli, bahkan dijsaudara termudaan sebuah rekomendasi untuk dipelajari yang sangat bermanfaat bagi orang lain. Namun, seringnya penulis yang menjadi seorang blogger mengalami hal yang kurang menyenangkan mirip tabrakan penanya dibaj*k oleh orang lain (copy-paste) tanpa seizin penulis/blogger.

Copy/Paste merupakan tindakan yang menyalin sebuah data lalu menempelkan data tersebut pada suatu media yang diinginkan. Istilah ini biasa digunakan untuk menyalin sebuah teks. Zaman sekarang Copypaste seirng disingkat dengan nama Kopas. Sebutan ini digunakan untuk mempermudah dalam penyebutannya.

Kata-kata ini tak hanya digunakan dunia karya ilmiah tetapi juga digunakan dalam keadaan sehari-hari, misalnya seseorang meniru gaya pakaian atau perilkami orang lain yang biasa dianggap demam isusetter. Para follower ini disebut kopas gaya seseorang.

Dalam karya ilmiah sangat dilarang untuk melkamikan kopas, langkah ini sangat merugikan para pekarya. para tukang kopas hanya melkamikan salin dan tempel data pada media yang inginkan.


Ini langkah-langkah agar sahabat-sahabat ingin mengetahui, apakah tabrakan pena blog/website sahabat-sahabat telah dicopypaste atau tidak.

Inilah langkahnya :

1. Buka Situs http://www.copyscape.com/
2. Tulis link artikel yang ingin diketahui (copy-paste).

3. Klik Go, lihat hasilnya.

Lalu akan muncul hasil, bila bertuliskan no result for found berarti blognya tidak dicopypaste, akan tetapi sebaliknya, apabila ente melihat hasilnya mengeluarkan beberapa website berarti blog telah dicopypaste.

Sekian pembahasan ini, semoga bermanfaat.