Trik cepat membuat daftar gambar otomatis di ms word 2007,2010,2016

Di artikel sebelumnya aku pernah menyajikan bagaimana cara menciptakan daftar isi secara otomatis dengan cepat dan mudah, masih mengenai ms word di artikel kali ini aku akan menguraikan artikel mengenai cara membuat daftar gambar otomatis di ms word 2007, 2010, 2013 dan ms word 2016.

Daftar gambar ialah salah satu bagian penting dalam sebuah dokumen, Seperti halnya daftar isi, daftar gambar dapat disajikan untuk menyampaikan isu kepada pembaca mengenai lokasi gambar yang terletak di dalam dokomen yang kita buat.

Dengan adanya daftar gambar pembaca yang ingin mencari gambar di dalam dokumen akan lebih simpel menemukan gambar yang mereka cari melalui daftar gambar yang sudah kita buat.

Pembuatan daftar gambar pada umumnya dibuat secara manual, yaitu dengan cara mencatat label gambar dan juga mencatat lokasi halaman gambar tersebut berada.

Pembuatan daftar gambar secara manual memang tidak akan memunculkan perkara apabila gambar-gambar yang terdapat di dalam dokumen jumlahnya sangat sedikit, namun akan muncul kendala ketika dokumen sangat tebal dan gambar yang disajikan dalam dokumen jumlahnya sangat banyak.



Tapi untungnya di aplikasi microsoft word 2007, microsoft 2010, ms word 2013 maupun ms word 2016, pembuatan daftar gambar bahwasanya bisa kita buat secara otomatis, caranya dengan memanfaatkan fitur pembuatan daftar gambar otomatis.

Pada ketika ini, mulai ms word 2007 hingga ms word terbaru 2016, untungnya sudah menyediakan fitur pembuatan daftar gambar otomatis, yang mampu kita gunakan untuk menciptakan daftar gambar secara cepat dan praktis.

Tapi sayangnya masih banyak pengguna ms word yang belum tau fitur tersebut, sehingga banyak pengguna ms word belum memanfaatkannya dengan baik, oleh sebab itu untuk membantu pengguna terutama dalam pembuatan daftar gambar secara cepat, maka di artikel kali ini aku akan coba menguraikan langkah-langkah bagaimana cara menciptakan daftar gambar secara otomatis dengan cepat dan simpel memakai ms word 2007, 2013, 2010, dan ms word 2016.

Langkah-langkah Pembuatan daftar gambar otomatis dengan cepat dan simpel

Untuk menciptakan daftar gambar otomatis dengan cepat dan simpel, kita bisa memanfaatkan fitur pembuatan daftar gambar otomatis yang sudah disediakan oleh ms word. langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Berikan label pada setiap gambar

Langkah pertama yang harus kita lakukan ialah menyampaikan label pada setiap gambar, label atau caption gambar adalah label berupa teks sebagai keterangan gambar.

Agar mampu menciptakan daftar gambar otomatis, label gambar jangan dibentuk secara manual, namun kita harus  menggunakan fitur sumbangan label yang sudah disediakan oleh ms word. caranya ialah sebagai berikut:

a. Klik pada gambar yang ingin diberikan label,

b. Pilih menu References > Insert Caption


Maka akan muncul tampilan pengaturan label seakan-akan gambar di bawah ini:


Selanjutnya lakukan pengaturan berikut:
  • Label, pilih Gambar, bila tidak ada maka silahkan tekan tombol New Label untuk menciptakan label gres.
  • Position, Pilih Below selected item agar label muncul di bagian bawah gambar.
  • Caption, silahkan lengkapi tulis keterangan gambar pada cuilan caption.
  • Tekan ok jika sudah final.
Maka Setiap gambar yang sudah diberikan label akan terlihat seolah-olah gambar di bawah ini:


Lakukan juga untuk gambar lainnya pada dokumen anda (ingat bantuan label jangan dilakukan secara manual, namun harus melalui sajian References > insert caption semoga kita bisa menciptakan daftar gambar otomatis.

Langkah 2: Buat daftar gambar otomatis

Setelah anda membubuhkan label pada setiap gambar pada dokumen anda dengan cara di atas, langkah selanjutnya ialah kita membuat daftar gambar otomatis.

Untuk menciptakan daftar gambar otomatis, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Letakan kursor di halaman kosong pada dokumen ms word anda dimana daftar gambar ingin anda buat. (pastikan berada dalam dokumen yang sama).

2. Pilih menu References > Insert Table of Figures



Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:

Silahkan atur, atau biarkan saja apa adanya lalu tekan tombol OK.

Maka akan muncul daftar gambar otomatis yang memtakan nama-nama label gambar beserta letak halamannya seperti gambar di bawah ini:


Pembuatan daftar gambar simpulan.

Dengan memakai daftar gambar otomatis, kita bisa menciptakan daftar gambar secara cepat sehingga kita tidak perlu repot-repot hidanganliskannya secara satu persatu.

Bagaimana mudah bukan.

Demikian mengenai cara pembuatan daftar gambar secara otomatis dengan cepat dan praktis memakai ms word 2007, 2010, 2013 dan ms word 2016. semoga bermanfaat.