Mengenal Ukuran amplop putih panjang standar indonesia di microsoft word

Amplop umumnya dipakai sebagai pelindung surat dan juga sekaligus sebagai cover atau bungkus surat yang bisa memproteksi surat semoga tidak mampu dibaca oleh pihak yang tidak berkepentingan, sehingga isi di dalam amplop akan tetap aman baik dari keterbukaan informasi maupun dari kerusakan.

Di indonesia sendiri ada aneka macam standar ukuran amplop yang sering sekali dipakai, selain itu warnanya pun bermacam-macam, ada amplop dengan warna putih bersih ada juga amplop dengan warna coklat polos. umumnya amplop warna putih biasanya dilengkapi dengan perekat dan ukurannya umumnya berbentuk panjang (paperline panjang).

Sementara untuk amplop yang berwarna coklat biasanya tidak dilengkapi dengan perekat, beberapa mungkin hanya dilengkapi dengan tali  saja, dan sisanya tidak, selain itu amplop kertas coklat polos ukurannya beragam ada yang besar dan ada yang kecil seolah-olah amplop putih.

Penggunaan amplop coklat dan putih biasanya sedikit berbeda, amplop coklat besar misalnya banyak sekali dipakai untuk mengirim dokumen, sementara yang ukuran kecil banyak digunakan untuk membungkus uang honor dan semacamnya.

Sementara amplop yang berwarna putih polos dengan bentuk paperline panjang, banyak sekali dipakai untuk, surat seruan (amplop kondangan), surat menyurat baik surat dinas maupun surat lainnya.

Ketika amplop dipakai untuk surat dinas, atau untuk amplop kondangan maka umumnya amplop harus dilengkapi dengan kop atau lebel nama, tentu saja pembuatanya harus menggunakan kontribusi komputer, salah atu aplikasi untuk menciptakan kop surat pada amplop ialah aplikasi microsoft word.

Di microsoft word sendiri pembuatan kop surat maupun label ajakan pada belahan luar amplop mampu dikerjakan secara mudah, lantaran microsoft word sudah menyediakan standar ukuran amplop di seluruh dunia, sehingga saat kita ingin print kop surat pada kepingan luar amplop, kita tidak perlu repot-repot harus menentukan ukuran amplop secara manual, cukup dengan memilih instruksi standar amplop yang disediakan microsoft word, maka ukuran amplop pun akan ditentukan secara otomatis.

Mengenal standar ukuran amplop putih panjang di microsoft word.

Ukuran amplop di indonesia mempunyai standar tersendiri, namun hampir semua ukuran amplop sudah disediakan di microsoft word.

Untuk print amplop menggunakan aplikasi microsoft word, maka sebelum amplop diisi dan di-print, kita harus menyiapkan formatnya terlebih dahulu, pengaturan pertama yang harus kita tentukan ialah pengaturan ukuran kertas untuk amplop tersebut, sehingga saat diprint kesudahannya anggun.

Untuk anda yang kebetulan masih aneh dengan ukuran standar amplop yang tersedia yang terdapat di indonesia, maka artikel berikut akan menguraikan ukuran amplop standar yang harus anda ketahui yang bisa anda pilih di aplikasi ms word.

Berikut beberapa jenis ukuran standar pada amplop putih panjang di indonesia yang bisa dipilih di aplikasi microsoft word.

1. Amplop C4
Ukuran 229 × 324 mm (9 x 12.8 inci). Amplop C4 sesuai untuk kertas A4.

2. Amplop C3
Ukuran 324 × 458 mm (12.8 x 18 inci). Amplop C3 sesuai untuk kertas A3.

3. Amplop B6
Ukuran 125 × 176 mm (4.9 x 6.9 inci). Amplop B6 sesuai untuk kertas C6.

4. Amplop B4
Ukuran 250 × 353 mm (9.8 x 13.9 inci). Amplop B4 sesuai untuk kertas C4.

5. Amplop E4
Ukuran 280 × 400 mm (11 x 15.75 inci). Amplop E4 sesuai untuk kertas B4.

6. Amplop C7
Ukuran 81 x 114 mm (3.2 x 4.5 inci). Amplop C7 sesuai untuk kertas A7 (atau kertas A6 yang dilipat dua sebanyak satu kali).

7. Amplop C7/C6
Ukuran 81 x 162 mm (3.19 x 6.4 inci). Amplop ini sesuai untuk kertas berukuran 1/3 A5.

8. Amplop C6
Ukuran 114 × 162 mm (4.5 x 6.4 inci). Amplop C6 sesuai untuk kertas A6 (atau kertas A4 yang dilipat dua sebanyak dua kali).

9. Amplop C6/C5
Ukuran 114 × 229 mm (4.5 x 9 inci). Amplop ini sesuai untuk kertas berukuran 1/3 A4.

10. Amplop C5
Ukuran 162 × 229 mm (6.4 x 9 inci). Amplop C5 sesuai untuk kertas A5 (atau kertas A4 yang dilipat dua sebanyak satu kali).

Dll.

Persiapan Print amplop di microsoft word

Jika anda tidak mengenal model amplop yang anda gunakan, maka sebelum kita membuat format print untuk amplop tersebut, sebaiknya kita mengetahui ukuran amplop tersebut:

a. Slahkan Ukur amplop memakai mistar, kemudian catat (dalam milimeter /mm) berapa panjang dan tingginya, cocokan dengan ukuran amplop di atas (siapa tau ada).

b. Buka aplikasi microsoft word (ms word 2007, 2010, 2013 atau 2016), pilih menu Mailings > Enploves


 c. Pada dialog Enploves & Label yang muncul, pilih tombol Options... untuk menentukan ukuran Amplop.

d. Pada dialog Enploves Options, untuk opsi Enploves Size: Pilih model atau ukuran amplop sesuai dengan ukuran aplop yang anda gunakan,


Jika ukuran tidak ada yang cocok, anda bisa menentukan Custome size... di pilihan paling bawah untuk menentukan sendiri ukuran amplop sesuai dengan ukuran amplop yang anda gunakan, kemudian silahkan tentukan sesuai dengan ukuran amplop anda.