Cara Print kop surat Amplop di microsoft word 2007,2010,2013 dan 2016

Di artikel kali ini aku akan menguraikan mengenai tutorial bagaimana cara yang benar print atau cetak kop surat pada amplop putih panjang menggunakan microsoft word.

Di aplikasi microsoft word baik microsoft word 2007, ms word 2010, ms word 2013 maupun ms word 2016, untuk mencetak pada amplop bahwasanya bisa menggunakan fitur yang sudah disediakan secara khusus, namun banyak pengguna yang belum mampu memanfaatkan fitur tersebut karena ketidaktahuan dan kurangnya pengalaman.

Sebenarnya walaupun tanpa donasi fitur tersebut, kita mampu saja menciptakan format lembar dokumen untuk cetak pada amplop secara manual, tapi tetap saja yang paling praktis adalah menggunakan fitur untuk mencetak amplop yang sudah disediakan oleh ms word itu sendiri.

Ada beberapa masalah kenapa goresan pena yang ingin dibubuhkan pada amplop seolah-olah kop, atau alamat surat perlu menggunakan komputer, tujuannya yaitu agar mudah untuk dibentuk dan semoga kelihatan lebih rapih dibandingkan dengan cara ditulis manual, sehingga dengan alasan tersebut ketika ini banyak surat-surat terutama surat resmi dan surat dinas menambahkan kop yang diprint di amplop yang digunakan untuk mengirim surat.

Walaupun microsoft word sudah menyediakan fitur khusus untuk print amplop, pada kenyataannya banyak pengguna yang belum bisa memanfaatkan fitur ini, sehingga mereka sering menemukan kesulitan pada ketika ingin mencetak tulisan seperti kop surat atau alamat pada keretas amplop.

Padahal bilalau mereka tahu caranya, untuk mencetak pada keretas amplop, akan sangat cepat sekali dibuat.

Cara Print kop surat di Amplop menggunakan microsoft word 2007,2010,2013 dan 2016

Untuk mencetak kop surat pada amplop menggunakan ms word sangatlah mudah, apalagi anda tahu model amplop yang digunakan, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

A. Menyiapkan Dokumen.

Langkah pertama sebelum dapat membuat kop surat untuk di cetak di belakang amplop menggunakan ms word ialah menyiaokan dokumen untuk pembuatan kop surat untuk amplop.
Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

1. Ukur amplop anda memakai mistar

Langkah pertama jika anda tidak mengetahui model amplop yang akan anda gunakan, maka anda harus mengukur amplop tersebut menggunakan mistar untuk mengetahui panjang dan tingginya, sesudah itu catat hasil pengukuran.

Silahkan baca: Mengenal ukuran amplop yang terdapat di indonesia.

2. Buat format Amplop di microsoft word

Langkah kedua sehabis anda mengetahui ukuran amplop yang anda gunakan adalah membuat format untuk keretas amplop di microsoft word.

Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

a. Buka dokumen ms word (bisa ms word 2007, 2010, 2013 maupun 2016) sama saja lantaran tidak terlalu berbeda.

b. Pada ms word, pilih hidangan Mailings > Enploves


c. Pada obrolan Envlopes dan Labels tekan tombol Options... untuk menentukan ukuran format amplop yang dipakai


d. Lalu pada obrolan Enploves Options.. yang muncul, di belahan Enplope size:silahkan pilih model ukuran yang tersedia, bila anda tidak tahu, anda mampu memilih Opsi Custom size... di bagian bawah untuk menentukan sendiri berapa ukuran panjang dan tingginya.


e. Jika sudah dipilih, tekan saja tombol OK.

f. Lalu pada obrolan Envlopes & Labels..., tekan tombol Add to Document,


Maka format dokumen untuk membuat kop surat atau teks pada amplop pun akan tampil, seperti terlihat pada gambar berikut:


Akan muncul 2 kertas/lembar dokumen, kosong yang pertama untuk amplop lengkap dengan layoutnya yang siap dimofikasi dan yang kedua untuk lembar suratnya.

B. Membuat Kop surat amplop pada dokumen amplop di microsoft word

Langkah kedua sesudah anda menyiapkan dokumen untuk membuat kop surat yang akan dicetak di amplop yaitu menciptakan kop surat dan keterangan lainnya pada dokumen amplop tersebut.

Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

Pada lembar amplop yang sudah anda buat di dokumen ms word, silahkan buat kop surat, atau anda bisa copy paste kop surat  dari dokumen ms word lain di area atas dokumen amplop jika sebelumnya sudah pernah buat kop surat.

Untuk menciptakan kop surat  diamplop caranya sama dengan artikel yang pernah saya buat sebelumnya,  anda mampu baca:

Selain kop anda juga mampu menambahkan informasi lainnya pada lembar amplop kalau memang diharapkan, silahkan tambahkan saja hingga format amplop sudah lengkap.

C. Print / Cetak Kop Surat di amplop

 Langkah ke 3 sesudah anda membuat format amplop dan membuat kop surat pada lembar dokumen untuk amplop, selanjutnya yaitu mencetak kop surat pada amplop.

Yang sering menjadi permasalahan pada ketika print kop surat terutama untuk pemula yaitu posisi kertas amplop, apakah landscape atau portrait, mana belahan muka dan mana cuilan belakang.

Memang posisi amplop saat diprint perlu diperhatikan, karena bila salah posisi, maka kesudahannya pun akan acak-acakan.

Posisi Amplop Saat diprint

Posisi kop surat saat diprint akan sangat tergantung pada pengaturan printer yang dipakai. untuk mengetahui bagaimana penempatan posisi amplop langkahnya sebagai berikut:

a. Pilih menu Mailings > Envelopes

b. Kemudian pada dialog envelopes & labels tekan tombol Options...
 

 Pada dialog Envelope Options yang muncul, untuk Feed Method, silahkan pilih cara peletakan amplop yang tersedia.

Tidak semua pilihan cocok, biasanya akan menyesuaikan dengan pengaturan printer yang digunakan untuk mencetak amplop.

Pilih salah satu Feed method sampai muncul keterangan di bawahnya:
Word recommends feeding envelopes as shown above...........
Tata cara peletakan amplop pada printer harus menyesuaikan dengan pengaturan di atas.

Setelah itu silahkan coba untuk meletakan amplop pada printer sesuai dengan gambar feed method yang dipilih, kalau salah anda bisa coba dan coba hingga menghasilkan hasil cetakan amplop yang benar dan rapih.